tari piring

Ada yang pernah ke Sumatera Barat?

Ada yang tergila-gila dengan nasi padang, rendang dan makanan khas Padang yang menggigit lidah?

Atau ada yang ingin tahu lebih jauh lagi tentang kota yang memiliki keberagaman hayati dan kekayaan budaya ini? Yuk guys baca sampai habis!


Sumatera Barat mempunyai 12 kabupaten dan 7 kota. Kabupaten terdiri dari, Kabupaten Agam, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Tanah Datar. Sedangkan kota terdiri dari, Kota Padang, Solok, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Padang Panjang, Bukittinggi.

Wisata Alam

Di padang banyak terdapat tempat wisata yang sangat indah dan unik. Ada Istano Pagaruyuang di Batu Sangkar, Janjang Saribu, Ngarai Sianok, Bukittinggi, Pariaman, Puncak Mandeh (hits banget sekarang), Pantai Air Manis, Pantai Gondoria, Puncak Lawang, Pulau Angso Duo, Pulau Pasumpahan, Pulau Pamutusan, Pulau Pagang, Nyarai dll. Ada juga tempat yang enak untuk menikmati matahari terbenam (sunset) dan matahari terbit (sunrise) yaitu kalau sunset enak dinikmati di Pantai Padang sambil menikmati kerupuk kuah + mie goreng di atasnya ditambah langkitang dan pensi padeh (langkitang itu siput, pensi itu kerang kecil) atau dari Gunung Merapi. Kalau di tempat lain mau lihat sunrise ada di Bukit Data Pariaman dan sunset di Pantai Gondoria, Pariaman.

Selain itu ada juga kelok 9 yang jalanannya memiliki kelokan sebanyak 9 kelok. Selain kelok 9 ada juga kelok 44 yang berlokasi di Agam. Viewnya keren banget dan selalu jadi jalur Tour De Singkarak (event lomba sepedaan Internasional). Kalau gak tahan lewat sana bisa puyeng beneran.

Wisata Kuliner

Kalau ada yang doyan makan nasi padang, ini nih rumah makan terkenal di Padang itu namanya Lamun Ombak dan Sederhana. Makanan padang ini banyak dinikmati karena masakannya lezat dan disukai banyak orang apalagi rasa pedasnya yang asli diracik hanya dengan rempah-rempah dan tanpa pengawet. Salah satu makanan terlezat di dunia itu asalnya dari Padang yaitu rendang/randang. Ada yang belum pernah makan rendang? Pokoknya kalian harus cobain rendang asli masakan padang deh! Dijamin nagih! Tapi kalau ada yang tidak boleh makan makanan olahan santan seperti rendang, ada juga nih makanan lain dari Sumatera Barat tanpa pakai santan yaitu sambal lado tanak, dendeng batokok/lambok (daging yang direbus lalu dimasak empuk, bukan dendeng yang keras), sampadeh, pangek balado, pangek ikan masin. Jadi jangan khawatir kalau ke Sumatera Barat tapi tidak bisa makan yang olahan santan masih ada makanan khas Padang lainnya yang gak kalah enak. Nah selain makanan pedas, Sumatera Barat juga punya makanan manis, yaitu Batiah, Sarang balam, bainai, pisang kapik, kripik pisang, galamai, bareh randang, godok saka, dll. Ada juga kerupuk sanjai oleh-oleh khas Sumatera Barat yang terdiri dari berbagai rasa seperti rasa balado, jagung bakar dan durian. Oh ya, kalau ada tuan nona yang mau beli oleh-oleh ada pusat toko oleh-oleh terkenal di Sumatera Barat yaitu Shirley, Sanjai Mintuo, Christine Hakim, Rendang Coga, dll.

Siapa yang suka makan sate padang? Kalau di Sumatera Barat sendiri namanya bukan sate padang. Bermacam-macam deh, yang terkenal itu ada sate danguang-danguang, sate KMS, sate Lokan dan sate ajo. Cemilannya juga unik-unik loh guys, ada sala lauak, sala bulek, sala cumi, kerupuk kuah, pisang kapik, langkitang dan pensi padeh.

Nah itu sudah makanannya. Ini ada juga minuman khas dari Sumatera Barat. Ada dadiah, yaitu susu kerbau yang difermentasi dan dimasukkan dalam bambu, es duren di pondok China namanya, es tebak atau orang Padang menyebutnya es katam sama es tebu. Ada juga Kopmil (kopi milo) Om Ping namanya, ini hits dan segar banget. Juara deh!

Seputar Pendidikan

Kalau tuan dan nona ada yang penasaran untuk coba menetap di Sumatera Barat ataupun ingin kuliah di Sumatera Barat, ada banyak loh perguruan tinggi disini yaitu Universitas Andalas (UNAND), Universitas Baiturrahmah, Universitas Bung Hatta, Universitas Ekasakti, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Universitas Putra Indonesia YPTK, Universitas Tamansiswa, Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Islam Sumatera Barat (ini khusus universitas aja, masih ada sekolah tinggi, institut, akademi dan politekniknya).

Di Sumatera Barat ini juga banyak lahir penulis-penulis besar dan karyanya yang juga sangat tersohor deh di negeri kita ini seperti novel Siti Nurbaya. Pasti pada tahu dong yaa. Ada juga penulis profesional dan terkenal yang juga dari Sumatera Barat, yaitu Buya Hamka, Sutan Takdir Ali Syahbana, Boy Chandra, Taufik Ismail, Marah Rusli, dll.

Budaya dan Adat

Kalau tuan nona pernah dengar isu bahwa wanita meminang lelaki dalam adat padang itu benar loh. Karena mereka menganut matrilineal. Nanti pihak laki-laki bakal tinggal di rumah istrinya, konon itu salah satu alasannya. Tapi untuk beberapa daerah sih yang gitu, ada juga kok yang laki-lakinya meminang perempuan. Tergantung adat daerahnya. Dalam pernikahan itu sendiri juga berbeda adatnya tergantung daerah asal mereka. Contoh adat di Payakumbuh sama Pariaman itu beda. Dalam minang, laki-laki dipandang sama seperti dalam Islam yaitu, sebagai pemimpin. Laki-laki minang jika sudah menikah harus mampu menjalankan tugas seperti “anak dipangku, kamanakan dibimbiang”. Anak dan keponakan harus sama-sama diurus dan dijaga.

Ternyata warisan bagi orang minang itu nurun ke yang perempuan bukan laki-laki. Alasannya sih karena Sumatera Barat menganut matrilineal. Itu berlaku khusus untuk harto pusako (harta pusaka) tinggi. Kalau harto pusako randah (pencarian orang tua) tetap pakai hukum Islam. Tapi sekarang sudah available aja asal tidak ada cekcok dan disepakati bersama

Di Sumatera Barat juga ada suku-suku yang pada awalnya diturunkan dari dua datuak tertinggi dahulunya, Datuak Parpatiah Nan Sabatang dengan suku Bodi Caniago dan Datuak Katumangguangan dengan suku Koto Piliang. Dari dua datuak inilah kemudian memiliki keturunan dan menyebar hingga akhirnya banyak suku di Minangkabau yang bermacam-macam, yaitu sikumbang, guci, caniago, piliang, koto, tanjuang, jambak, melayu, mandailiang, panyalai. Jadi guys, kalau ada yang mengira itu marga, itu bukan marga ya tapi suku. Unik ya hehe

Budaya unik di Sumatera Barat juga ada loh, yaitu baralek a.k.a kondangan tiap weekend kita pake orgen, rabab, dendang, saluang dan pantun minang. Selain itu tradisi makan bajamba, yaitu makan bareng-bareng yang nasinya diletakkan di atas talenan gede dan sambalnya dibanyakin. Jadi satu talenan bisa 3-5 orang makan sekaligus atau ada juga makan bajamba yang nasi dan sambalnya diletak di atas daun pisang dengan cara memanjang. Jadi makannya hadap-hadapan dan berbaris. Lauknya juga khas loh, ada kepala ikan besar, ayam golek, telur balado, kacang panjang yang digoreng atau rebus sama kerupuk. Seru deh. Ada tarian dan pencak silat juga.

Sumatera Barat juga punya alat musik tradisional yaitu saluang, bansi, aguang (gong minang), pupuik batang padi, sarunai, pupuik tanduak, talempong, rabab, gandang, biola minang. Ada juga tarian guys yaitu tari pasambahan, tari piring, tari rantak kudo, tari lilin, tari tempurung, tari randai, tari alang babega, tari gelombang, tari ambek-ambek koto anau, tari kain pasisia selatan, tari barabah, tari panen, tari indang.

Hasil Alam

Pasti tuan nona pada tahu kan dengan istilah “semen padang”? pasti tahu dong yak. Memang sumber daya alam utama Sumatera Barat itu Batubara dan semen. Kalau hasil lautnya sejauh ini masih ikan, soalnya kalau budidaya rumput laut belum ada. Hasil alam tersebut ada yang diekspor dan ada yang diolah sendiri.

Ngulik lain-lain

Ada yang pernah dengar kalau orang minang itu pelit? Wah ternyata itu mitos hehehehhe. Orang Padang itu suka banget tawar-menawar, jadi terkesan pelit karena bakal nawar sampe harga termurah. Tapi sebenarnya nggak pelit kok. Serius deh. Oh iya, orang Minang juga nggak suka yang namanya mubazir. Selain orang minang yang sebenarnya gak pelit, ternyata juga suka berdagang. Orang Minang selalu identik dengan dagang/pedagang. Karena sudah diajarin sejak kecil buat dagang. Selain itu Minang kental banget sama Islam dan Rasulullah yang menganjurkan kita buat berdagang. Salah satu bentuk nyatanya di Tanah Abang banyak orang Minang yang dagang.

Tuan nona pasti pernah mendengar sebutan uni-uda dari orang minang kan? Ternyata tidak hanya itu panggila unik dari orang minang. Ada juga cik uniang-ajo. Mak etek, mak tuo, mak angah, mak itam, makdang, etek, upiak, buyuang, sumando, niniak mamak, bako, anak pisang, mintuo, utih, celok, dll.  

Kenapa di Padang nggak ada Alfamart/Indomaret? Susah nemu swalayan lokal. Dulu sempat mau bikin gitu, tapi sama penduduk lokal nggak boleh karena ada isu-isu ‘agama’nya gitu.

Batu cincin asal sumbar? Batu Sungai Darek dan Batu Suliki

Kenapa di Padang nggak ada mall gede dan bioskop? Mall memang gak ada, gak tau juga kenapa. Tapi Grand Mall ada contohnya Basko. Plaza juga ada. Bioskop ada sih tapi gak sekece di kota-kota gede lainnya tapi ada deh satu yang lumayan, Bioskop Raya tempatnya dekat Pasar Raya Padang.

Patung Malin Kundang di PAM masih ada nggak sih? Masih, tapi udah nggak utuh lagi.

Kalau orang Padang jualan baju, itu buatan lokal (dari konveksi padang) atau dari tanah abang? Ada konveksi lokal dan luar juga.

Mesjid Raya Sumbarnya udah kelar belum ya? Belum 100% kelar tapi sudah layak pakai. Fyi, mesjidnya pakai gonjong kaya rumah gadang minangkabau dengan empat sudut. Keren deh.

Kenapa angkot padang itu heboh dan dimodif-modif gitu? iseng doang? Itu karena mereka terlalu kreatif, terlihat gaul dan ada persaingan. Semakin kece dan keras musiknya, maka semakin banyak penumpang. Targetnya lebih ke anak sekolahan sih atau muda-mudi.

Museum terkenal di Padang? Museum Adityawarman. Di sana bisa pinjam baju anak daro yang biasa dipake untuk pesta nikahan.Hitungan dalam bahasa minang? Ciek, duo, tigo, ampek, limo, anam, tujuah, lapan, sambilan, sapuluah.Kenapa orang Padang ngomongnya cepat sekali? Itu ciri khasnya dan udah kebiasaan dari kecil karena lingkungan.Istilah Datuak di Padang itu gimana ya? Datuak adalah petinggi adat yang dihormati. Biasanya gelar datuak diberikan kepada orang yang memimpin kaum/suku atau orang yang dirasa memiliki pengaruh baik terhadap masyarakat.Selain rumah makan, rendang dan semen apa lagi yang terkenal di Sumatera Barat? Rendang lokan, Pantai Padang, Jembatan Siti Nurbaya, Klenteng, Es Duren, Sate.

____________________________________________

Gimana? Sudah puas dengan Sumatera Barat? Kota yang rendang dan sate padangnya selalu kita idam-idamkan. Uwh~

Kalau masih penasaran dan masih kurang puas, yuk main ke Sumatera Barat! Tour guidenya dari KITAsumatera kok. Baik-baik dan kece-kece lagi hehehehe.

Sampai jumpa di daerah lainnya ya tuan nona~


Cc: @tumbloggerkita  @curhatmamat

FEATURE: Tari Piring

Locally known as Tari Piriang, the attractive plate dance Tari Piring originates from the city of Solok, about 60 km east of Padang, the capital of West Sumatra.

The dance showcases an exceptional feature of placing porcelain or ceramic plates on both open palms of dancers as they perform fast and vibrant choreoraphies that involve swaying of plates in every direction and even turning them upside down with their palms turned down. Amazingly, watever energetic moves the dancers make, the plates continue to stick as if glued to their palms.

As a dramatic climax, at the end of the dance the dancers smash the plates onto the floor, deliberately breaking them into sharp pieces. The dancers will then continue dancing on the pointed shards, remaining completely uninjured. This actions of artists leaping onto piles of pointed shards is considered the magic of Tari Piring.

Written by Linda.