sepoys

2

The Enfield Model 1858 India Service Musket,

In 1857 Indian troops under the employ of the British East India Company openly rebelled against the British Indian Government after being issued paper musket cartridges greased in beef fat and pork fat.  While the beef fat bullets greatly offended the religious beliefs of the Indian soldiers, there were several much more profound issues the Indians had with British rule in India.  The Sepoy Rebellion would last over a year, and was an especially bloody war with horrific atrocities committed by both sides.

After the Sepoy Rebellion, the British government would end the administrative powers of the British East India Company and take direct control over governing affairs in India.  Among the new reforms was the adoption of a new service arm for the Indian Army.  The Pattern 1858 Enfield was constructed from earlier British P1853 muskets with some very specific modifications.  First, the rifling of the musket was reamed out, turning the musket into a smoothbore.  Secondly the adjustable rear sight of the P1853 was removed and replaced with a crude fixed sight.  Both of these modifications were intended to greatly reduce the accuracy of the P1858.  The British feared another Indian rebellion, so British policy hence forth was to arm Indian troops with firearms that were greatly inferior to the standard British issue.  Later the Pattern 1859 was introduced, which were smooth bore musket produced on their own rather than modified forms of the P1853.

FreeDay: Tipe-Tipe Kangen di Bulan Ramadhan


*Duh gusti, nunggu beduk kok lama amat ya..*

                                                               ===

.

Assalamualikum ya ukhti.
Gimana shaum hari ini? sudah berapa kali meneguk ludah sendiri setelah selesai wudhu siang tadi? Syukron.. Syukron..

Bhahahak, gue emang nggak berbakat buat ngomong kaya ustadz begono. Tapi kalian jangan salah, walaupun belakangan ini tulisan gue tentang galau semua, gini-gini gue pernah disuruh nulis untuk ceramah Sholat Jumat!

Ya meskipun pada akhirnya gue di rukiyah sama jama’ah setempat :(

.

                                                           ====

.

Nah, pada hari Jumat pertama di bulan Ramadhan ini, gue akan bercerita sedikit tentang beberapa fenomena bulan Ramadhan yang pastinya sangat-sangat dirindukan oleh anak-anak ABG di seluruh indonesia.

Siang tadi, gue mencoba iseng untuk sholat Jumat di salah satu Masjid besar di daerah Bandung. Masjid ini adalah Masjid di mana sering gue datengin waktu SMA dulu, atau bahkan waktu gue masih semester-semester awal kuliah. Masjid ini sering menjadi tempat gue bersinggah ketika ada jeda kosong kuliah antara satu kelas dengan kelas yang lainnya.

Jumat siang ini gue sengaja nggak ngambil posisi duduk di dalam Masjid, gue lagi ingin bernostalgia duduk di luar sambil nikmatin angin sepoi-sepoi. Bahkan tukang buah potong langganan gue aja masih ada. Dan dengan annoyingnya, Beliau masih saja berjualan buah seger siang-siang begini.

Sungguh godaan yang gemah ripah loh jinawi. Beliau lupa bahwa sekarang adalah bulan Ramadhan. Karena sesungguhnya bulan ramadhan itu adalah bulan puasa.

Gue yang melihat dari jauh ini cuma bisa kenyot-kenyot bibir sendiri ngeliatnya. Jakun gue udah kaya timba sumur, kerjaannya naik turun nelen ludah. Btw, nelen ludah itu tidak membuat batal kan gaes? asal bukan ludah pacar kan ya? okee..

Sambil nunggu Adzan berkumandang, gue nggak sengaja buka grup SMA gue kelas 10. Gue lihat teman-teman gue udah banyak yang berubah. Yang dulu mukanya ancur, sekarang mirip Adly Fairuz. Yang dulu mukannya item kaya kebul bis damri, sekarang udah putih langsat mirip kaya tehel mushola.

Yang dulu lebih mirip sama beduk Masjid, sekarang udah mirip sama pentungan beduk Masjid alias sekseh abizzzzz. Yang kelihatan nggak berubah cuma segelintir orang, termasuk gue. Soalnya kalau udah ganteng nggak mungkin nambah lagi gantengnya. #halah

Dan ketika gue buka foto album di grup tersebut, di situ gue menemukan ada beberapa foto waktu kita lagi buka puasa bersama pada Ramadhan Tahun lalu. Seketika itu juga muncul sedikit senyum simpul pada bibir gue. Ya, moment indah bersama teman SMA ternyata memang tidak pernah bisa terganti sampai kapanpun.

Dan yak!!
inilah 3 tipe kangen pada bulan Ramadhan versi Bapak Don Juan.

.

                                                         ====

.

1. Kangen Saur On The Road

Ada yg belum pernah nyobain Saur On The Road di sini? mungkin buat para ukhti-ukhti-pipi-gemes ini kayaknya jarang banget ya buat nyobain salah satu moment ini di bulan puasa.

Gerung-gerung motor di jalanan. Nyuri beduk masjid. Tempur petasan sama RW sebelah. Atau juga tawuran sama peserta Saur On The Road dari kubu yang berbeda.

Tapi gue juga yakin salah satu dari kalian pasti pernah ada yang mengikuti acara ini. Untuk sekedar berbagi nasi kepada para kaum yang membutuhkan di jalanan, atau makan-makan bersama sebelum Adzan subuh berkumandang.

Di sini kita biasanya berkumpul bersama dari malam hingga pagi menjelang. Dimulai dari sepulang taraweh kita ngumpul-ngumpul, jalan-jalan, ngobrolin hal yang nggak jelas, atau bahkan maraton nonton film di bioskop sampe midnight.

Suasana sahur di jalan adalah salah satu suasana yang tidak bisa terlupakan sampai kapanpun. Dinginnya udara pagi, serta pemandangan jalan yang sangat sepi adalah salah satu alasan kenapa hal ini menyenangkan.

Waktu gue masih SMP, untuk menunggu beduk subuh biasanya para bapak-bapak ronda di komplek rumah gue menggelar sepak bola di jalanan depan rumah. Alasan bapak-bapak ini simple, kapan lagi coba bisa main sepak bola di jalan raya yang sepi begini?

Kegiatan ini berlangsung hampir setiap hari dari jam 3 pagi sampe menjelang imsak. Tapi entah kenapa, hari itu masjid setempat tampaknya lagi ada gangguan listrik sehingga TOA masjid tidak mengumumkan jam imsak. Nggak tau marbot masjidnya ketiduran, nggak tau emang Masjid lagi libur hari itu. Pokoknya yang jelas pagi itu nggak ada suara sama sekali dari Masjid. Mungkin masjidnya lagi bete gara-gara nggak diajak nonton Insidious 3.

Lagi asik-asiknya bapak-bapak ini main bola, mendadak Masjid gue sembuh dari fase ngambek-dan-gak-mau-berbicara, Masjid gue ini mendadak mengumandangkan Adzan subuh.

Sontak bapak-bapak yang tengah asik menggiring bola bak Ronaldo itu kaget. Mereka langsung melihat kearah jam tangan masing-masing. 

.

“Goblok!! geus Subuh deui?! Anjir teu bebeja, aing haus can nginum kumaha ieu?!” Kata pak Agus selaku ketua RT dengan bahasa mutiaranya.

“Anjir Gus, kunaon eweuh nu mere nyaho geus imsak eui?! Parah anjir, mana tadi urang sprint basa ngaggiring bola. Haus goblog!” Sambung pak Halid selaku sohib dekat pak Agus.

“Meunang nginum keneh teu? Sugan Tuhan mah ngarti meureun nyak?” Kata pa Rusdi yg subuh itu berperan sebagai kiper.

.

Percakapan di atas emang real terjadi saat subuh itu. Dan bahasa sunda yang mereka pakai benar-benar tidak mencerminkan bahwa mereka adalah bapak-bapak. Percakapan ini malah lebih mirip sama percakapan sehari-hari antara gue dan Ikhsan, segala kosakata binatang keluar semua.

Sebenarnya gue mau nge-translate kebahasa Indonesia, tapi ntah kenapa feelnya gak dapet. Dan pada akhirnya kalau gue nggak salah inget, semua bapak-bapak itu setuju untuk minum bersama dan berjanji kalau buka puasa hari itu mereka mundurkan 30 menit sebagai tebusan waktu puasa yang mereka potong seenak perut sendiri subuh ini.

Alhasil, besok subuhnya udah nggak ada lagi yg maen bola. Hilang sudah hiburan tiap subuh buat gue :(

.

                                                             ====

.

2. Kangen Buka Puasa Bareng

Selain ajang menjaga tali silahturahmi, buka puasa bareng atau yang lebih sering kita singkat menjadi bukber ini sering menjadi ajang sombong-sombongan kesuksesan.

Seperti yang kita ketahui, menjelang kelulusan masa SMA, mendadak seluruh teman-teman terdekat kita pergi satu-persatu. Ada yg pergi ke luar pulau, ada yang ke luar kota, ada yang umroh, ada yang ikut pesantren, ada juga yang pergi travel ke alam barzah :(

Akhirnya teman yang kata kita tidak terganti itu perlahan-lahan mulai hilang. Mereka mulai digantikan dengan teman-teman baru semasa kuliah. Hal inilah yang menjadikan bukber tiap puasa menjadi hal yang sangat-sangat dirindukan.

Hal ini terjadi juga dengan gue dan Ikhsan pada bukber Ramadhan tahun lalu. Gue saat itu kebagian sebagai promotor untuk melakukan pemesanan tempat di Gokana, Ciwalk. Alhasil gue harus datang 2 jam lebih awal untuk melakukan pembayaran.

Gue yang kemana-mana selalu diikutin oleh ajudan kesayangan gue ini, Ikhsan, akhirnya memilih untuk duduk-duduk di meja depan yang telah disediakan oleh pihak Gokana. Lagi asik-asik ngobrol berdua, muncullah satu-persatu teman-teman SMA kita.

Sebut saja Doni, orang yang dulu keliatan paling kumel dengan baju sekolah yang selalu berwarna kuning ini, sekarang datang dengan kemeja rapih, celana levis, dan kunci mobil gelantungan di saku belakang celananya.

Buseeet, ini anak beda banget. Udah lebih keren ketimbang Doni yang gue kenal dulu. Dan kejadian ini belum selesai di situ saja, mantan Ikhsan yang bernama Tasya pun pada akhirnya datang juga.

Ketika Tasya sedang berjalan menuju meja kita berdua, mata gue nggak bisa berkedip sedikitpun, air ludah berulang kali mencoba menetes tapi gue tahan. Ikhsan yang melihat kearahnya juga sudah beberapa kali mengganti posisi duduk.

.

“Kenapa nyet? ganjel yak?" Tanya gue.

Anjrit lu tau aja. Gile yee mantan gue. Perasaan dulu gak sebohai ini deh.“ Kata Ikhsan sambil berbisik.

Coba tuh lu liat, dulu doi pake miniset, sekarang udah pake ukuran C kayaknya. Hebat ya, gue jadi penasaran isinya apa.“

"Oi setan! Puasa lo!”

“ASTAGIFIRULLAH!! Lupa bro”

“Kalau gini caranya gue nyesel dulu udah mutusin dia, bro.”

“Bhahahahahahak, tapi kayaknya dia kaga nyesel tuh lu putusin san.”

“Lha emang kenapa?”

“Lu ygan dulu jauh lebih ganteng ketimbang yang sekarang. Bhahahak” Gue ketawa puas

“Ah gue yang sekarang jauh lebih ganteng keleees..”

“Ganteng darimana?! Lu ngaca di bubur?”

.

Dan ternyata bukan cuma gue dan Ikhsan saja yang terkesima dengan penampilan Tasya. Bocah manja yang lugu waktu gue kelas 10 ini ternyata berhasil menghipnotis hampir seluruh anak laki-laki yang datang sore itu.

Ya, ini juga salah satu moment bulan puasa yang sangat kita rindukan. Di mana teman yang telah lama tidak berjumpa kini telah berubah menjadi lebih dewasa. Pada sore itu kita sekelas sama-sama tertawa seperti layaknya dulu kala. Bunga yang ditanam teman-teman gue waktu SMA di hati ini kini kembali berbunga. Tawa mereka dan ocehan mereka seakan menjadi air yang menyirami apa yang sejatinya telah mati.

Sore itu, gue mengerti, bahwa teman SMA memang tidak akan pernah bisa terganti.

.

                                                               ====

.

3. Kangen Mantan yang Telah Hilang

Nah ini nih yang paling kampret. Sebenernya gue nggak mau ngomongin ini hari ini, soalnya bisa-bisa malah gue yang curhat di sini. Tapi gue rasa bukan gue doang yang merasakan hal ini.

Setelah beberapa saat yang lalu gue menulis puisi yg berjudul “Ramadhan Tahun Lalu”, ternyata selang satu jam gue tinggal, muncul banyak komentar yg mengatakan bahwa mereka juga merasakan hal yg sama.

Hahahahahahahahahah.. hahahahah.. hahaha.. haha.. ha.. gue kira cuma gue doang :|

.

Siapa sih yang nggak suka jika melalui bulan Ramadhan yang penuh berkah ini dengan didampingi oleh orang-orang tersayang, termasuk pacar? Dan siapa sih yang nggak menghela napas dalam-dalam ketika Ramadhan tahun ini yang katanya mau dilalui bersama, tapi ternyata harus dijalani sendiri-sendiri?

Berapa banyak orang yg menelan kekecewaan ketika pada malam terakhir Ramadhan tahun lalu mereka berdoa bersama, perihal semoga Ramadhan yang akan datang akan tetap dilalui bersama; berdua.

Beberapa kangen yang didasari oleh kehilangan seseorang yang kita sayang ini menjadi kangen paling menyebalkan pada bulan Ramadhan. Ada beberapa rasa kangen yang harus ditahan ketika melalui Ramadhan tahun ini sendirian.

Contohnya,

  1. Kangen buka bareng di warung pinggiran. 
  2. Kangen bawa si doi ikut buka bareng sama temen-temen lu.
  3. Kangen dijemput doi menjelang buka puasa bareng.
  4. Kangen dibangunin sahur sama si doi.
  5. Kangen diucapin ‘selamat buka puasa, sayang..’
  6. Kangen ngabuburit di dalam bioskop.
  7. Kangen jalan-jalan muterin komplek sore-sore naek motor.
  8. Kangen ngabuburit di rumah bareng. 
  9. Kangen taraweh bareng.
  10. Kangen sms/bbm-an disaat dakwah taraweh.
  11. Kangen dibawain ta’jil sama si doi.
  12. Kangen suasana buka bareng sama keluarga doi.
  13. Kangen nyari es kelapa bareng. 
  14. Kangen gangguin doi pas kamu lagi nggak bisa puasa.
  15. Kangen nonton dvd bareng.
  16. Kangen ada sms penyemangat puasa.
  17. Kangen chatting ketawa-ketawa sendiri
  18. Kangen saling pamer bahan-bahan untuk buka puasa nanti.
  19. Kangen mengucapkan selamat Anniv di bulan Ramadhan dengan doa ‘semoga Ramadhan tahun depan kita masih bareng-bareng ya sayang..’

.

Dan masih banyak lagi rasa kangen ygan belum tuntas ketika Ramadhan kembali datang lagi Tahun ini. Nah, apakah sekarang kamu-kamu ada yang merasa kangen ketika membaca tulisan-tulisan ini, gaes?

Kalau gue..
Nggak..

Eh, please kalian percaya! nggak kok gue nggak kangen!
Pfft..

.

                                                          ===

.

Nah gaes,
Sebenarnya masih banyak tipe kangen yang ngebuat bulan Ramadhan ini menjadi bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh berbagai macam pihak. Seperti kangen ketemu keluarga besar, kangen mudik, atau kangen iklan buka puasa di tivi.

Tapi nggak usah sedih, tiap Ramadhan pasti punya moment indahnya sendiri-sendiri. Entah itu dengan orang-orang yag disayang, atau dengan orang-orang yang kamu sendiri jarang memperhatikan kehadirannya.

Janganlah karena kamu sendiri, kamu jadi berpikir untuk menjemput kembali masa lalumu. Percayalah, suatu hubungan yang dimulai kembali hanya karena salah satu pihak rindu akan kenangan-kenangan yang pernah dilalui, bisa menyebabkan hubungan itu malah berakhir jauh lebih buruk.

Tak usah dijemput, ia hanya segelintir kisah yang pernah menyakitimu. Kini sudah saatnya masa depanlah yang akan menjemputmu. Maka dewasalah, sehingga yang meninggalkanmu menjadi mengerti, bahwa meninggalkanmu dulu adalah kesalahan yang tak pernah bisa ia tebus kembali.

Berhentilah bersedih, sudah saatnya kamu ditemukan oleh orang yang akan benar-benar menghargai kehadiranmu. Yang bersamamu, ia merasa cukup. Yang bersamamu, ia tak butuh orang lain.

Dan gue doakan, semoga Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan yang berkesan buat kalian semua. Dan juga buat diri gue sendiri. 

Semoga yang masih sendiri, mulai ditemukan oleh orang yg tepat.
Semoga yang sudah bersama, dikuatkan hubungannya.
Semoga yang jadi orang ketiga, berhasil menyingkirkan pacarnya.
Semoga yang jadi selingkuhan, kini berhasil naik tahta menjadi pacar beneran.
Semoga yang lagi KKN, menemukan jodohnya di kampung sana.
Semoga yang tarawih kemarin nyuri sendal, malam ini sendalnya dibalikin lagi. Ah kalau yg ini sih gue curhat.
Semoga yg Wisudanya tahun ini, berhasil menemukan pendamping wisudanya. Ah,yg ini juga gue curhat lagi. Hih..
 
Pokoknya, semoga Ramadhan tahun ini berkah untuk kita semua…
.
.
.
Oke gaes, Sekian Freeday kita pagi ini.
Happy Ramadhan.
Baybay~

Diam-Diam; Dalam-Dalam

Aku ingin bilang jika menautkan perasaan tidak semudah yang kaukira. Butuh perjuangan, menyeberangi jembatan bernama ketidakberanian. Lalu, segala kemustahilan yang menyelimuti diri luruh, digerus senyummu. Menembus hingga kedalaman jiwa.

Aku ingin bilang jika aku akan selalu menunggumu, sekalipun kesempatan itu tidak pernah ada. Musnah bersama udara. Karena aku tahu, aku takpantas untuk menjadikannya nyata. Dan kemudian aku akan berlari sekuat tenaga menuju taman, mengusir sesiapa pun yang duduk di bawah pohon Kersen saat itu.

Aku akan menikmati gugur dedaunan teranggas dari rantingnya sembari menunduk dan menuding diri sendiri berkali-kali. Atas sebuah rasa yang lama bersemayam, tumbuh subur, namun melahirkan ranting-ranting tajam yang menusuk-nusuk perasaan.

Lalu, ketika senja tiba, aku akan rebah di pinggir danau, menatap lurus langit. Sesekali. Dan ketika bangkit, sepoi angin membelai tengkuk, aroma danau meliuk di dalam hidung. Adapula semerbak bunga lotus memelesat cepat di atas langit dan membuatku resap.

Aku akan terus menunggu, takpeduli berulang kali aku harus memaki diri sendiri karena begitu lemah di hadapmu. Begitu buta di saat kau takpernah memilihku. Yang kutahu, aku mencintaimu; diam-diam; dalam-dalam.

Hingga Akhir Waktu.



Bogor

21,10,2016

British soldiers of Indian descent, often known as “sepoys,” 1820. The East India Company, greatly outnumbered by the Indians they ruled over, relied heavily on Indian manpower for the British military. The sepoy rebelled in 1857 and were brutally put down, resulting in the British crown taking control of India and the expansion of the British domain in India. Illustration from Frederic Shoberl’s  ‘The World in Miniature: Hindoostan’. 

The British Raj, Part Two!

The Indian Independence Movement 

This section deserves its own post, but for the sake of everyone reading this, I’m going to condense as much as possible. The Indian Independence Movement lasted 190 years, from 1757 to 1947. The early protesters were mostly native rulers seeking to regain their kingdoms. However, the Company was able to contain and destroy most of the rebellions. A turning point came in 1857, though, when the sepoys (Indian soldiers in the British Army) rebelled against their superiors due to the terrible conditions in the army. The British managed to crush the rebellion (but with a lot more effort), and the British government took control of India. In the decades after the rebellion, nationalism grew and the Indian National Congress was formed. At first, the purpose of the congress and the various other movements formed was to gain more representation, but eventually the goal became independence. Unrest grew even more after India was forced by Britain to fight in both World Wars. Peaceful protest (as opposed to the violent rebellion which characterized the early twentieth century) was advocated by Gandhi and many protests were organized. The British ended up brutally massacring the protesters of some of these protests, most notably in Amritsar in 1919. During World War II, Subhas Chandra Bose escaped house arrest to Nazi Germany, where the Axis powers helped him raise an army in Japan. However, the army was routed. These and various other revolts and rebellions convinced the British that India was slipping. Viscount Louis Mountbatten managed to get the Indian Independence Act passed through Parliament reasonably quickly, and India became an independent country on August 15, 1947. 

Effects of the British Raj on India 

Positive effects include the unification of India into one country, the introduction of English as a lingua franca, infrastructure (railways, postal system), cricket, and the erradication of barbarian customs such as sati (the burning of widows on their husband’s funeral pyre). However, the British also brutally massacred protesters, looted India, caused the decline of Indian languages, and fueled wars between Hindus and Muslims. This bloody conflict is still going on today, especially in Kashmir, and it affects the lives of millions. Arguably the greatest effect of the British Raj was the destruction of the Indian economy. The British introduced their own cheap cloth into the market, causing the decline of the textile industry. They also sold India’s products to other countries without giving any profit back to India, and taxed the Indians unfairly. The entire British Army was financed by India. Agriculture also deteriorated because the British seized land and forced farmers to farm products which would sell in Britain. 

India and Britain: A “New Special Relationship?”

Despite the atrocities committed by Britain in India, the two countries have a good relationship. After Brexit, Prime Minister Theresa May described India as being a “key strategic partner.” The previous prime minister David Cameron described Indo-British relationships as the “new Special Relationship.” The “Special Relationship” is an unofficial term for the relationship between the United States of America and the UK (take that as you will), so it’s obvious that Indo-British relations are going strong. As for the Hetalia versions of the countries… creators have complete freedom over how they portray the characters. You can make them brothers, a couple, enemies… it doesn’t matter. However, all I ask is for creators to remember the British Raj and its effect on India, as it is an extremely important part of Indian history. 

Thank you for reading! Feel free to ask questions, suggest posts, and add any information you think is relevant. 

4

Uniform of the 35th Bengal Native Infantry and Enfield Rifle from 1857 on display at the Royal Armouries in Leeds

The British Empire used native regiments such as the 35th to maintain order in India for the East India Company. However they were often ignorant or dismissive of Indian beliefs and customs. This came to a breaking point in 1857 when the new cartridges for the Enfield rifle supposedly had animal grease from pigs and cows which offended Muslim soldiers (pig products are considered unclean in Islam) and Hindu soldiers (cows are sacred to them).

This and a good century of British military and capitalist intervention in their country led what is referred to as the Indian Mutiny where many Sepoys joined rebel soldiers to try and drive the Imperialist British out of India.

The rebellion failed and many of the Indians involved were executed. Afterwards many policies concerning Sepoys and Indians, even loyal ones, were put in place to ensure they could never try this again. One such policy was ensuring that Sepoys were never armed the same as British soldiers and were always one technological step behind them. However these soldiers were still required to do most of the work defending the borders of the Empire against the Russians and other threats from neighbouring regions.

Kepada Angin:

Berhembuslah pelan-pelan. Orangtuaku mudah masuk angin. Ibuku kerap membawakan makanan untuk tetangga. Dia sering lupa, di rumah, hanya ada mereka berdua. Masakan yang dibuatnya berlebih dan dia membagikannya untuk tetangga. Jika dia berjalan, entah kemana saja, berilah sepoi-sepoi agar tubuhnya dapat menahanmu dan tak membiarkanmu masuk dalam pori-porinya.

Angin, pelankanlah lajumu. Ayahku sesekali meninggalkan rumah. Tanpa jaket, tanpa sandal, hanya mengenakan kaus dan celana pendek. Biasanya, tetangga menemukannya sedang duduk di depan gang, “menunggu isteriku pulang dari pasar,” katanya pada seseorang yang berniat mengantarkannya pulang ke rumah. Ibuku tak pernah lagi ke pasar, aktivitas itu sudah ditinggalkannya sejak 15 tahun lalu.

3

Taj Lake Palace Hotel- India

The Lake Palace is an 83 room hotel, situated in the middle of a lake in Udaipur. Accessible by boat, luxury hotel the hotel was built between 1743 & 1746 as a royal summer palace. 

During the famous Indian Sepoy Mutiny in 1857, some European families fled to the island, using it as an asylum, as guests of  Maharana Swaroop Singh. All the town’s boats so that no one could reach the island, keeping the Maharana’s  guests safe. 

PERUMPAMAAN WANITA DISISI RASULULLAH ﷺ

“Hai Anjasah, perlakukanlah gelas-gelas kaca itu dengan lemah lembut.”

(HR. Bukhari)

Dalam sebuah perjalanan. Ketika itu Rasulullah Saw bersama seorang budak yang biasa dipanggil dengan nama Anjasah. Suara Anjasah yang demikian kuat sering membuat unta yang sedang dinaikinya meronta-ronta.

Setiap kali Anjasah berkata dengan suara tinggi, maka unta itu bergerak tanpa kawalan kerana terkejut. Hal itu membuat para wanita yang sedang berada diatas unta hampir-hampir saja terjatuh.

Melihat yang demikian itu, Rasulullah Saw segera menegur Anjasah… kemudian memintanya untuk melirihkan suaranya.

“Perlakukanlah gelas-gelas kaca itu dengan lemah lembut, hai Anjasah!!”

Kata baginda mengingatkan…

Dan maksud dari gelas-gelas kaca itu adalah “para wanita.”

Ungkapan yang begitu indah.

Mengagumkan…

Sungguh bahasa yang Baginda pilih untuk mengilustrasikan karakteristik kaum wanita adalah sangat tepat…

Mereka memiliki kelembutan rasa.

Selembut belaian angin sepoi-sepoi,

Bahkan lebih lembut lagi…

Mereka mempunyai kehalusan jiwa.

Sehalus sutera China,

Bahkan lebih lagi…

Hal inilah yang mendorong Rasulullah Saw begitu selesa menyebut kaum wanita dengan istilah “gelas-gelas kaca”.

Gelas-gelas kaca itu “fragile”.

Maka perlu “handle with care”.

Gelas-gelas kaca itu bersih.

Sebersih sinar mentari di waktu dhuha, bahkan lebih bersih lagi.

Selalu menyenangkan hati orang yang menatapnya.

Kerana memang naluri manusia cenderung mencintai keindahan.

Dan gelas-gelas kaca itu punya tabiat dasar bersih serta indah.

Ia sangat tepat,

Wanita memiliki kelembutan jiwa, kepekaan hati serta sensitiviti rasa._

Namun tabiatnya yang indah suatu saat boleh saja ternoda…

Malahan ia akan terkeluar ataupun ‘dipaksa’ keluar dari landasan fitrahnya…

Demikian halnya dengan gelas-gelas kaca itu,

Ia boleh saja pecah ketika terjatuh atau dijatuhkan…

Ia juga boleh kotor kerana debu-debu dengan mudah melekat padanya.

Oleh kerana itulah Rasulullah Saw begitu hati-hati dalam menyebutnya, apalagi bermuamalah dengannya.

Sebuah gelas kaca bila telah hancur maka akan sulit untuk kembali ke bentuk asal semula. Meski menggunakan cara dan bahan paling baik sekalipun. Ia tidak akan sama walau ia tampak serupa.

Begitu juga sekeping hati milik wanita.. ia akan sukar kembali pada rasa asal nya setelah terluka. Maka jagalah hati mu wanita agar ia sentiasa dlm kasih sayang Allah hingga tiada kecewa yang mmpu mencalitnya.

(Sumber : ustaz Iqbal Zain Al-Jauhari)

SILA SHARE DAN SEBARKAN

LEONA (Part 1)

Tahun 2006

Kira-kira sudah 3 bulanan aku merasakan hidup sebagai seorang mahasiswa, bangga rasanya.  Hari masih pagi dan aku sudah duduk santai di kantin kampus (mahasiswa menyebutnya foodcourt biar keren). Di Foodcourt sudah dipenuhi para mahasiswa dan mahasiswi angkatan baru. Mantap sekali memang semangat belajar anak-anak baru, termasuk aku. Bukan semangat belajar sih, tapi semangat ngampus aja. Pergi kampus belum tentu masuk kelas soalnya. Aku masuk kelas jam 7.30, tapi ini sudah jam 8 lewat. Alasanku tidak masuk kelas adalah karena aku sedang menunggu Ronny.

Ronny SMS katanya jangan aku masuk kelas tanpa dia. Sedari belum lulus UN kami sudah janjian akan satu kampus, satu jurusan, satu kelas, janganlah kita belajar sendiri-sendiri. Begitu katanya. Ya sudah, aku ini sohib yang solider.

Kutunggu Ronny sambil lihat-lihat sekeliling, beberapa sudah kukenal namanya, tapi lebih banyak yang hanya kukenal wajahnya. Aku memang orang yang gampang akrab. Ini sejak kusadari parasku lumayan kece juga. Akan tetapi memang… banyak cewek di kantin, kusadari mereka melirikku. Ya aku stay cool aja. Contoh segerombolan cewek di meja ujung sana, di depan warung ayam kremes, aku sadar mereka sedang membicarakan aku. Bukan GR ya, tapi memang kelihatan banget kok.

Aku sudah kenal dengan penjual minuman di kantin, namanya Yadi. Aku suka ledek dia mirip Pasha ‘Ungu’, padahal jauh sekali nggak mirip. Di Foodcourt ada sekitar 15 lapak, tapi yang boleh jual minuman cuma satu, nah itu yang jaga Si Yadi.

Sama Mbak penjual Ayam Bakar, aku juga sudah kenal. Namanya Mbak Nur, orangnya gendut gitu, kalo ketawa tuh menggelegar. Aku panggil dia Marshanda. Nggak mirip Marshanda, tapi nggak apa dia kayaknya nggak keberatan aku panggil itu.

Ada juga Benny, Robbie dan Andhika, yang tadi duduk sama aku, cuma mereka sudah pamit mau masuk kelas. Kubilang, aku nyusul, masih nunggu Ronny.

Terus, di meja seberang ada Kak Vanny dan teman-teman gank-nya. Aku kenal Kak Vanny karena dia kakak kelasku di SMA. Vanny and the gank adalah sekumpulan cewek yang famous dan tajir di kampus. Banyak yang ngejar dan ngedeketin.

Di meja paling pojok, dekat tukang jual nasi gila, di situ ada sekumpulan para senior yang lagi maen gaple. Iya. Pagi-pagi udah main gaple. Satu di antara senior itu, aku kenal. Anak Bekasi juga. 

Terus tadi lewat, cewek cantik namanya Indah, anak Psikologi, angkatan baru juga. Itu aku incar. Tadi sudah tukeran nomor HP.

Sempet nyapa aku juga, cewek namanya Farah, anak Fikom, sekelas aku dengan dia. Dia cantik banget, hidungnya mancung, wajahnya bernuansa timur tengah. Cowok yang deketin dia banyak. Termasuk aku.

Dan, nah, Ronny nongol juga akhirnya!

“Brur!” Bentakku akrab. “Kampret lu ya!”
Brur adalah panggilan sayangku ke Ronny, demikian Ronny juga manggil aku begitu.
“Weeeitttss.. Lagian elu pagi banget udah di kampus!” Jawab Ronny cengar-cengir, mukanya masih bantal banget.
“Si Goblok, kita kan kelas pagi! Ini udah mau jam 9!” Aku kesal.
“Hehehe… Yaudahlah, Brur, asikin.” begitu saja reaksi Ronny, dan kemudian dia memesan makanan buat sarapan.

Yak. Sepertinya kami akan bolos kelas.



Aku dan Ronny, semeja kami duduk berdua, ngobrol ketawa-ketiwi sambil menikmati pemandangan. Bagi kami seorang mahasiswa baru, suasana kantin kampus itu pemandangan. Mahasiswa dan mahasiswi berlalu lalang, ngobrol, ketawa-ketiwi, itu pemandangan. Bisa tebak obrolan kami? Ketebak sepertinya. Sudah pasti tentang cewek.

“Brur, kalo dilihat-lihat Kak Vanny ini lucu juga ya..” Ronny membuka topik. Matanya sesekali menoleh ke arah Vanny yang sedang dia punggungi. Lanjutnya, “Perasaan dulu di SMA doi biasa aja deh!”
“Iya, berubah drastis doi.”
“Udah punya pacar belom sih?”
“Mana gue tau!”
“Coba lo pancing-pancing deh..”
“Iya entar.”

Ronny itu suka nggak pede, padahal tampangnya ada, dompetnya tebel. Hal-hal yang kayak gitu mesti aku juga yang ngurusin.

“Eh, gue lagi SMS-an sama Indah!” Kataku coba memulai topik baru.
“Wuaaaa… udah dapet aja lo kontaknya!”
“Udah dong…”
“Lo mintanya gimana?”
“Pas di tangga, gue papasan. Gue sapa aja.”
“Terus?”
“Gue bilang, ‘Indah’.. terus dia jawab, ‘Ya?’ Dia kaget kali ya, gue tahu namanya. Matanya kayak nggak kenal gue, tapi berusaha nggak mau sombong.”
“Hahahahaha… Terus-terus?”
“Terus gua bilang… ‘Tersiar kabar bahwa di kampus ini ada anak psikologi yang cantik, namanya Indah. Kamu namanya Indah?’ Terus dia jawab, ‘Hahaha iya, kok tau?’ Abis itu gue bilang, ‘aku nggak tau. Aku nebak.’ Dia nanya lagi, ‘Kok bisa nebak?’ Gue jawab, ‘karena kamu cantik.’”
“SIANYIIIIINGGGG…… TERUS TERUS????”
“Terus terus mulu! Ya udah, gue tanya kontaknya.”
“HAHAHAHAHA….”



Cukup lama aku dan Ronny berbincang yang intinya siapa saja list nama cewek cantik di kampus kami tercinta, sampai kemudian lewat kawan baru kami bernama Fajar.

Fajar adalah kawan pertama yang kukenal di kampus, pas ospek. Dia orangnya rame baget. Gimana ya.. Kocak, petakilan, gokil, dan karena begitu humornya, dia banyak kenal orang di kampus. Nah, saat di kantin itu dia lewat bersama 3 cewek.

“Abang-abang ganteng, berdua aja nih!” Begitulah sapa Fajar sambil menepuk pundak Ronny, disusul mengangkat alis kepadaku.
“Dari mana, Jar?” Tanyaku, basa-basi.
“Ini… abis nganterin malaikat-malaikat fotokopi tugas.” Jawabnya sambil melirik ke 3 cewek di belakangnya. Tempat fotokopi juga ada di foodcourt, btw.
Mendengar Fajar bilang begitu, aku tertawa, Ronny tertawa, 3 cewek di belakangnya juga tertawa. Entah sebenarnya apa juga yang lucu.

“Eh, kenalin! Ini Joshua, ini Ronny! Fikom juga!”
“Halooooo….”
“Haiiii….”
“Yuhuuu….”
“Yihaaaaa…..”

Satu persatu cewek yang dibawa Fajar itu, kujabat tangan mereka seraya menyebutkan namaku. Demikian juga mereka menyebutkan namanya. Dari 3 cewek itu, yang kudengar namanya cuma satu, yaitu ‘Leona.’

Keep reading

Kak, aku lelah menantimu. Aku tak ingin lagi menerka-nerka apakah langkah kaki yang kudengar akan menjadi kamu. Tetapi, aku juga tidak mau menikmati semua ini sendirian saja tanpa ada yang mendengarkan segala drama di kepalaku. Pun, bersama menikmati angin sepoi dan gemericik air. Akan sangat menyenangkan merasakan semua ini dengan duduk berdua di sana, kan?

Jadi, kapan kamu (benar-benar) datang?

Aku hanya butuh sepotong sore yang tenang, angin sepoi, dan helaan pada pucuk-pucuk ilalang.
Kita menikmati matahari dan sinarnya yang kelelahan. Tetapi, mimpi itu tak akan menyata meski aku memiliki surga.
—  Sukma Hayati Nasyufi, adikku.
The Way I Lose Her: Is That You?!

Melihat senyummu, marahku seakan sirna. Tak bertemu denganmu, aku merasa janggal. Mendengar kau memanggil namaku, aku bahagia tanpa alasan. Apakah aku jatuh cinta?

                                                          ====

.

Benar apa yang orang-orang katakan, bahwa sekuat apapun fisik kita, kalau mental sudah down ya mau nggak mau fisik juga kebawa down. Dan ini yang sedang gue alami saat hendak maju ke depan kelas.

Gue nggak peduli lagi tuh Nenek Lampir lagi melihat gue dengan cara apa. Gue nggak peduli sudah sebosan apa anak-anak kelas melihat gue jalan ke depan. Gue nggak peduli sudah sebanyak apa kuku yang habis digigitin oleh kakak pembimbing gue karena melihat gue dimarahin mulu.

Gue cuma bisa tertunduk lesu di depan kelas. Bukan karena merasa bersalah, bukan, tapi karena capeknya itu lho. Pengen rasanya cepet-cepet pulang dan rebahan di kasur rumah. Kalau bisa sih Wulan juga ikut gue pulang, rebahan bareng. Kelonan. #halahKelonan.

“Punya otak gak kamu!”

“Tau cara menghormati orang yang sedang berbicara di depan gak?!”

“Mikir, otak di pake!”

“Baru juga masuk SMA sudah buat onar terus!”

“Nantangin kamu tuh hah?!”

“Diajarin etika gak waktu SMP?!”

“Malu-maluin almamater SMP!”

“Kamu kalau lagi di depan tuh ganteng tau gak!”

Mungkin itu adalah segelintir caci maki yang Kak Hana keluarkan di depan gue. Berkali-kali dia menggebrak meja dan papan tulis untuk menunjukkan seberapa kesal dirinya atas segala tingkah laku gue.

Buset, gue kebayang yang jadi pacarnya nih Nenek Lampir, apa tahan ya doi pacaran sama orang yang kaya gini? Semok sih, tapi kalau menyebalkan kaya gini emang tahan? Mulutnya nyerocos terus kaya kenalpot racing. Suaranya kenceng banget kaya petasan banting.

Mendengar hal tersebut gue cuma bisa menatap ke arah depan dengan tatapan kosong. Kosong, kaya pantat bolong. Gue nggak terlalu mengambil hati untuk kejadian yang satu ini. Gue sudah terlalu capek. Bahkan sesekali ketika gue ditanya oleh kakak keamanan yang lain, gue kepergok sedang nggak konek dan mengacuhkan pertanyaan mereka.

Tapi satu yang gue inget dan membuat gue benar-benar naik pitam saat itu, tepat ketika kak Hana mengatakan caci makinya yang terakhir.

“Kamu gak pantas masuk SMA ini. Cowok kaya kamu cuma bisa ngebuat onar! Gak pernah nepatin janji! Gak bisa diharapkan! Kamu ini gak lebih dari segelintir cowok-cowok brengsek di luaran sana!”

Anjir masalah lo apa sampe ngomong kaya gitu ke gue?!
Apakah wajar kalau kakak kelas dan seorang keamanan yang memegang teguh prinsip tata tertib berkata tidak bermoral seperti itu?

Ingin rasanya gue membalas perkataan Nenek Lampir tadi, tapi kalau gue membalas lantas apa bedanya gue dengan yang baru saja Nenek Lampir ini tuduhkan ke gue?

Dari jauh gue sempat melihat Wulan begitu cemas. Juga dengan Mai. Mai yang biasanya tertawa kecil di atas penderitaan gue ini sekarang terlihat lebih khawatir. Anak-anak kelas yang lain pun gue rasakan hawanya berbeda. Mereka lebih serius dan tidak menganggap ini sebuah hal yang patut di tertawakan.

Sesekali gue liat raut wajah kakak keamanan yang lain pun cukup terhenyak mendengar Kak Hana yang totalitas banget marahnya siang ini.

Tak berapa lama kemudian, semuanya berakhir. Bel akhir tanda pulang akhirnya dibunyikan. Kakak keamanan keluar meninggalkan kelas yang begitu hening.

Tak ada tawa, tak ada yang berbicara, bahkan kakak pembimbing pun tak menyemangati seperti biasanya. Semuanya berbeda. Gue berjalan pelan menuju bangku gue. Tatapan mata menatap kearah gue semua.

Gue bereskan semua bahan-bahan ospek yang berserakan di atas meja lalu memasukkannya ke dalam tas.

“Kak, aku izin pulang duluan ya” ujar gue kepada kakak Pembimbing

Melihat gue seperti ini, kakak pembimbing pun mengiyakan tanpa pikir panjang. Sebelum meninggalkan kelas, gue menengok sekali kearah Wulan. Tersenyum sebentar yang seakan berkata, “Gue gakpapa kok, Lan. Gue lagi pengen sendiri”

Sebenarnya gue pengen ditemenin Wulan sih. Pengen dimanjain kaya tadi pagi. Gue masih berpegang teguh pada keinginan gue untuk membawa pulang Wulan buat kelonan bareng. Tapi gue juga paling males nyusahin orang. Lagian orang introvert kaya gue lebih senang sendiri untuk menyelesaikan masalah ketimbang ditemani.

Kadang kita butuh sendiri untuk mengetahui seberapa kuat kita bertahan tanpa bantuan. Untuk mengetahui seberapa kita mampu mengerti apa yang orang tidak mampu mengerti.

Akhirnya gue pulang lebih cepat siang itu. Mencoba secepat mungkin sampai di rumah dan merebahkan badan gue yang sudah terlanjur tak bertenaga.

FUCK THIS DAY IN PARTICULAR!!
Gue menyumpahi diri sendiri selama perjalanan pulang.

.

                                                          ===

.

Sesampainya di rumah, gue langsung melepas sepatu, memberi salam, dan menyeret tas gue saking capeknya. Siang itu orang tua pada belum pulang semua, di rumah cuma ada kakak yang lagi asik nongkrong di depan komputer di kamarnya, dan seonggok mahluk yang mempunyai bulu di beberapa tempat tertentu.

Kucing setia gue.
Amel.

Amel ini kucing setia, kemanapun gue pergi di pelosok rumah, Amel selalu mengikuti dan tidur dipangkuan gue. Gila, kucing betina aja nempel ama gue. Playboy amat ya gue..

Setelah ke wc untuk membasuh muka, gue pergi ke balkon belakang. Angin sepoi-sepoi berhembus kencang menepis segala rasa lelah gue. Ditemani dengan segelas es jeruk yang sudah ada di dalam kulkas. Gue duduk di kursi bambu.

Suasana hening di balkon belakang membuat dengkuran Amel semakin keras menemani gemelinting suara hiasan angin yang gue gantung disepanjang balkon. Sembari gue usap-usap, pikiran gue melayang jauh ntah kemana.

.

“Gue kira hari ini bakal rame, Mel…” gue curhat sama Amel. dan Amel cuma diam saja tak peduli. Dasar binatang!

“Marah? kaga sih. Bete? juga kaga. Tapi ntah kenapa kok rasanya males banget ya. Walaupun gue tau ospek ini cuma buatan dan drama doang, tapi keselnya ntah kenapa tetap kerasa. Capek banget, capek mental. Mau ngelawan juga gak bisa, toh dia juga perempuan. Cowok macam apa gue kalau ngelawan perempuan. pffft

Oh iya mel, btw gue tadi ketemu cewek. Orangnya polos banget, tapi kayaknya doi tajir deh, kemana-mana dianter jemput pake mobil. Beda sama gue, kemana-mana dianter sama tukang ojek yang SIM aja kaga punya. Rasanya kalau naik ojek sama dia tuh bawaanya kematian selalu ada di mana-mana. Asem!

Temen? gue gak punya temen. Kan lo tau sendiri gue paling males buat ngobrol SKSD sama orang baru. Gue gak mau kalau masa SMA gue setidak menarik masa SMA kakak gue, ataupun setidak menarik masa SMP gue. Doain gue dong Mel. Lo malah diem aja dari tadi, dengerin gue ngomong kaga?”

gue keplak kepala Amel yang lagi tidur.

“Hmm.. lagian gue bego amat, curhat kok sama kucing.” Sambung gue.

Akhirnya sembari terus mengelus-ngelus kepala Amel, perlahan gue terlelap di atas kursi bambu. Angin musim kemarau yang mendera daun bambu, aroma rumput yang terhempas oleh angin, bunyi-bunyian hiasan dari besi yang saling senggol karena angin, dan suara gemerincing es batu yang menari-nari di dalam gelas membuat gue semakin terlelap ke dalam alam mimpi.

.

                                                         ===

.

“Dimaaaaaaaaaaaaassss”

“…”

“Dimaaaasss!!!”

“…”

“Dimas bangkeee!!”

Mendadak mata gue semakin terbuka, gue melihat jam tangan, ternyata gue cuma ketiduran 15 menit doang. Suara nggak jelas dari halaman depan tampaknya membangunkan gue.

Gue kucek-kucek mata sebentar, lalu pergi kearah suara itu berasal. Dari suaranya sih kayaknya gue kenal nih. Dan benar saja, ternyata mahluk nggak tau diuntung lagi ada di depan rumah lengkap dengan sepeda motornya.

“Ngapain lo kemari? kagak buka komputer lo?” Gue bertanya sembari garuk-garuk pantat yang keram karena tadi tidur dalam posisi duduk.

“Bosen gue, lagian gue kangen elo, kemana aja jam segini kaga ada di warnet?” Tanya Mirza memarkirkan motornya di halaman rumah.

“Lagi sama cewek, gue.” Gue menjawab singkat.

“Anjir?! Serius?! Lo bawa cewek ke rumah lo?!”

“Iye, orang tua gue mah bebas kali. Kenapa? ganggu aja lo. Gue lagi tidur nih..”

“ANJIR!! LO TIDUR BARENG SAMA DIA?!”

“Iye. Bawel ah, kayak gak pernah tidur bareng cewek aja. Doi masih tidur tuh di halaman belakang.”

“Anjir romantis banget! Kenalan dong kenalan!” Mirza buru-buru menghampiri gue.

“Mau kenalan? bukan tipe lo deh kayaknya..”

“Ah yang penting cewek. Siapa namanya?”

“Amelia. Gue panggil Amel.”

“Anjir nama yang indah. Pasti perawakannya juga indah. Lo udah ngapain aja bro?” Mirza mencoba curi-curi pandang ke dalam rumah.

“Tidur berdua. Ngelus-ngelus kepalanya. Perutnya. Dadanya..”

“ANJIR!! SERIUSAN?!” Mirza antusias. Mulutnya mulai menelan banyak ludah.

“Ngapain juga gue bohong.”

“Jangan bilang udah lepas semua ya?”

“Hmm.. iya kayaknya, tadi dia udah gak pake apa-apa sih. Sekarang masih tidur tanpa busana kayaknya di belakang..” Jawab gue ringan

“Dim.. please.. boleh ngintip ya.. please ini mah.. gue traktir maen game deh 10 jam. Oke oke oke..” Mirza memohon sambil ngelus-ngelus tangan gue.

“Asik. janji ya? Lagian ngapain ngintip. Kita liat langsung aja.”

“ANJIR LO PENGERTIAN BANGET DIM!!” Mirza membenarkan posisi celananya.

Setelah chit-chat gak jelas di depan rumah, gue ajak Mirza masuk ke halaman belakang. Selama perjalanan Mirza menggenggam tangan gue semakin erat. Dia mulai gelisah. Jalannya mulai gak benar. Pikirannya sudah terpenuhi oleh fantasi-fantasi Haruki Sato dalam film “Kidnapped Girl”.

Sesampainya di halaman belakang. Gue perkenalkan Mirza kepada sesosok mahluk mungil nan cantik beranama Amelia ini.

.

“Nih nyet, perkenalkan. Amel..” Ucap gue polos.

“…”

“Gue gak bohong kan? gue tidur bareng sama dia tadi. Gue usap-usap juga kepala sama perut dan dadanya”

“…”

“Tuh liat, doi gak pake baju seperti yang gue janjikan. Bulunya banyak loh. Gak kalah sama punyanya Haruki Sato. Btw, janji bayarin gue maen game 10 jam gak bisa ditarik lagi ya.”

“…”

Mirza memasang wajah datar menatap muka gue. Wajah penuh kebencian seakan terukir jelas di dahinya.

“Gue baru inget seberapa tololnya elo dim. Dan begonya lagi kenapa juga gue malah kejebak kaya gini” Mirza geleng-geleng kaya orang lagi mabok.

“…”

“Lagian gue juga harusnya inget, lo kan homo. Mana mungkin bisa deket sama cewek. Pegangan tangan aja lo langsung mimisan.”

“…”

“ANJING!!! ELO TUH NIATNYA APA SIH?! KUCING AJA LO KASIH NAMA AMELIA!! BANGSAT!! KAGA ADA NAMA yang LAIN APA HAH?!”

Mendadak pecah sudah kesabaran Mirza. Tuh anak memaki-maki gue sambil mencekik dan terus-terusan nabokin pantat gue. Kayaknya sehari ini gue kena makian orang terus deh perasaan.

Siang itu rasa cape gue sedikit tertepiskan karena kehadiran nih bocah bangsat satu. Kita ngobrol-ngobrol sebentar sampai jam menunjukkan pukul 5 sore.

Mirza ngajak gue buat ke warnet, doi bilang warnet itu tempat di mana segala rasa gundah gulana hilang menjadi debu. Karena memang lagi nggak ada kerjaan, gue mengiyakan saja apa kata Mirza. Gue menyempatkan diri mengganti baju lalu kemudian berjalan bersama menuju warnet yang jaraknya udah kaya bayi kembar dempet sama rumah gue.

.

                                                              ===

.

Sesampainya di depan warnet, gue melihat beberapa anak berkerumun di sekitaran kursi bambu favorite gue itu. Gue heran, gue melihat kearah Mirza, tapi doi tampaknya biasa saja.

“Kok tumben ada rame-rame?” tanya gue.

“Oh bener berarti.” Jawabnya polos.

“Maksudnya?”

“Tadi Firaz nge-sms gue buat cepet-cepet ke markas. Katanya sih ada cewek cakep sendirian. Dan lo tau lah anak-anak gimana kalau ngeliat cewek cakep nongkrong di warnet. Pasti langsung dibully.” Tukas mirza.

“Anjir kenapa gue kaga diajak. Gue juga mau dong kalau itu mah!” Gue mendadak bersemangat.

“Aelah sama aja lo ah. Kalau gue gak salah sih yang lagi dikrumunin itu cewek yang kemaren sempat maen ke warnet ini juga”

“Ooh dia toh. Kebetulan gue udah lupa sama wajahnya. Samperin nyok. Liat doang, penasaran gue.”

Mirza mengiyakan ajakan gue. Akhirnya kita berdua berjalan memasuki gerbang warnet menuju tempat kursi bambu yang letaknya tak jauh dari pohon jambu. Sesekali gue curi-curi pandang, mencoba mencari tau siapa yang lagi ada di sana.

Tapi semakin gue mendekat, kok rasa-rasanya gue kenal yah nih cewek. Ah tapi masa sih? apa gue yang salah liat ya? Gue mencoba mendekat lebih dekat lagi. Sekarang posisi gue lagi di belakang anak-anak yang sedang berkerumun.

“Oi oi, misi dong misi, gue mau liat.” gue menarik lengan anak-anak untuk menyingkir agar gue bisa melihat lebih jelas.

Gue condongkan kepala gue ke samping bahu temen gue yang paling depan, mencoba sembunyi-sembunyi melihat sosok yang sedang menjadi bahan bercandaan anak-anak cowok ini.

Setelah berhasil melirik sedikit. Mendadak tubuh gue terbujur kaku. Jantung gue berdegup kencang. Sekujur tubuh gue dingin. Gue kaget setengah mati.

ANJING!!!
INI GAK MUNGKIN!!
ITU SERIUSAN DIA?!?!
SERIUS?!
D-DIA KAN…

Gue kaget setengah mati. Tubuh gue mendadak terpaku tanpa bersuara. Keringat dingin bercucuran dari dahi dan seluruh tengkuk di area leher. Suara gue hilang. Bulu kuduk gue berdiri.

Gue mendorong anak-anak yang ada di depan gue untuk menyingkir. Membuat gue berhadapan dengan cewek ini face to face tanpa halangan apa-apa lagi.

“Ka-kamu?!”

gue berbicara terbata-bata saking kagetnya. Badan gue tak henti-hentinya bergetar. Dia melihat ke arah gue. Ada sedikit mimik kaget terlintas di wajahnya. Kita sama-sama terdiam.

“Ha-hai.. Di.. Di-mas..” Jawabnya terbata-bata.

.

.

.

.

                                                      Bersambung

The British Sikh’s Finest Hour

Sikhs have made a long and valuable contribution to the British Army and a unique respect for each other’s courage, skill and determination have led to a proud, shared military heritage.

Recently, on the most prestigious of Sikh days, when Sikhs everywhere honour the bravery of their forebears at the deadly Battle of Saragarhi, Minister for Reserves - Julian Brazier MP, joined Major General Richard Stanford MBE, GOC Regional Command, and esteemed guests from the Sikh community in a special event in the heart of London.

On 12th September 1897 in an ultimate test of devotion to duty, 21 British Indian Army Sepoys (Sikh soldiers) defended the Saragarhi outpost in the hills of the North West Frontier Province (now Pakistan but then part of British India), against 10,000 Afghan tribesmen.

Rather than surrender, the soldiers fought to the death against impossible odds for nearly 10 hours with basic ammunition and bayonets. Although the outpost was lost, the Afghans later admitted to having lost around 180 of their soldiers with many more wounded, demonstrating the expertise of the Sikh warriors.

To honour the selfless commitment and courage of these Sikh soldiers they were posthumously awarded the Indian Order of Merit, the highest gallantry award of the time.

The heritage of Sikh Service to the Crown is humbling, courageous, inspiring and continues today in the Regular Army, Army Reserve and Army Cadet Force. The event at Armoury House in Finsbury, London, highlighted that contribution, in particular looking at how the values exemplified by the Saragarhi 21 are demonstrated in current serving Sikh personnel.

There are currently 180 Sikhs in the British Army and their integral contribution and success is undoubtedly due to the common core values upheld and shared between Sikhism and the Armed Forces: Courage, Discipline, Respect for Others, Integrity, Loyalty, and Commitment.
During the course of the morning, the First World War Sikh Heritage Platoon recalled stories of their great grandfathers and Jay Singh-Sohal provided a moving account of the selfless commitment and bravery of Sikhs, from their unflinching loyalty in 1897 to operations today.

Adding colour and pageantry to the commemorative event, the Band of the Rifles marched and played traditional music. Rifleman Mandeep Singh, 25, from Birmingham is himself a proud Sikh.

Lance Corporal Ian Chave played the last post and a solemn silence was held in memory of all those who had fallen in service of the Crown, before a dramatic “War Cry” was performed by Captain Makand Singh. The guests were then treated to a Punjabi lunch with spiced tea in the Honourable Artillery Company’s historic Prince Consort Rooms.

Lieutenant Daljinder Virdee, 25, from Iver Buckinghamshire is a pharmacist officer in 256 Field Hospital Royal Army Medical Corps (RAMC) in London. He said he takes inspiration from the 21 Saragarhi Warriors every day: “The RAMC motto is strength in adversity and in tough times when odds are stacked against you these soldiers stood their ground and did not give an inch. They were my forefathers and their strength is in all of us”.

Major Sartaj Singh Gogna, 37, from Brentwood is a senior instructor at the School of Royal Electrical and Mechanical Engineering in Arborfield. He joined the Army 15 years ago and as Chairman of the British Armed Forces Sikh Association he often get asked about the challenges facing Sikhs thinking of joining the Army. “When I signed up I was a clean shaven, short haired bloke. And surprisingly it was the Army that has helped me to grow spiritually and supported my decision to become a fully practising Sikh, wearing my Dastar (turban).”

Reserves Minister Julian Brazier said: “We’re determined to make sure that any Sikh joining up will feel at home in the Armed Forces of today. That’s why we have the British Armed Forces Sikh Association providing personnel with a practical support network, complemented by the spiritual guidance offered by our Sikh Chaplain. We have prayer rooms in every unit, vegetarian ration packs for every operation, and a flexible dress code so that these days a Sikh in a turban can stand guard outside Buckingham Palace.”

The British Army is keen to commemorate such events to keep the memory of Empire and Commonwealth soldiers’ contributions to our history alive and to inspire others to follow their example: this is the second year that they have commemorated the Battle of Saragarhi, with last year’s commemoration also coinciding with the launch of the Armed Forces’ Sikh Association.

The Way I Lose Her: Tanda Tanya

Kau adalah orang baik yg menyakiti aku dengan cara-cara yg baik. Kau memegang tanganku, memintaku menjagamu, agar kau tetap ceria ketika bertemu dengannya.

                                                             ===

.

“Emang kamu gak sadar ya?” Ucap kak Hana begitu pelan.

“Eh? emang sadar apaan?” Tanya gue.

Kak Hana tidak menjawab, ia hanya memalingkan wajahnya lalu kemudian berdiri dari tempat ia terduduk tadi.

“Aku pergi dulu ya, nggak enak kalau diliat orang, apalagi kalau anak baru.” Ucapnya seraya keluar dari UKS.

Mendengar keputusan tersebut, gue cuma bisa diam saja. Hari ini gue dibuat bingung oleh dua orang wanita yg saling terdiam dan tak mengutarakan maksudnya. Mungkin benar kata orang-orang, bahwa pria adalah mahluk paling tidak peka. Atau mungkin, mereka sebenarnya tahu, namun berusaha untuk tidak seperti orang yg sok tahu.

Gue kembali sendiri di UKS. Ditemani oleh beberapa air hangat di dalam gelas, dan 2 mangkok bubur yg telah kosong, kini gue kembali merebahkan diri sebentar lagi. Istirahat sampai bel istirahat pertama jam 10 nanti berbunyi.

Tampaknya badan sudah terasa agak enakkan. Pening sudah tak datang-datang lagi. Karena cukup bosan, akhirnya gue memutuskan untuk balik ke kelas. Lagian gue pengen nengok keadaan Wulan yg baru dibentak oleh nenek lampir tadi. 

Baru juga gue turun dari kasur UKS dan hendak memakai sepatu, mendadak pintu UKS dibuka. Sontak gue sedikit terkejut dan menengok kearah pintu. Itu Ikhsan. Temen sebangku gue yg belum begitu akrab ini mendadak muncul di UKS.

Dia membuka pintu, menutupnya, dan langsung mengunci pintu itu dari dalam. Buset, gue mau diperkosa.

Dia menggeser kursi dari meja petugas UKS yg mempunyai senderan itu ke sebelah kasur gue. Dia duduk begitu saja tanpa ada banyak suara. Kakinya nangkring di kursi tempat Wulan dan Kak Hana duduk.

“Ngapain lo kemari?” Tanya gue heran.

“Males gue di kelas, begitu tau lo lagi di UKS, gue iseng ke sini” Jawabnya sambil menutup mata.

“Bukannya bentar lagi ada kumpul kelompok di lapang basket ya?”

“Kaga tau. Males" 

Buset, kenapa nih anak jadi menyebalkan gini. Perasaan tadi pagi dia gak sedingin ini deh. Gila keren banget nih anak kalau lagi cool, sayang mukanya mirip kaya termometer. 

Melihat hal ini, akhirnya gue juga memilih untuk kembali rebahan di atas kasur UKS. Awkward rasanya duduk deket seseorang yg belum begitu gue kenal. Kalau saja sebelah gue ini Mirza, pasti gue udah ketawa ngakak dan ngoprek-ngoprek seluruh isi ruangan UKS ini.

"Wulan lo apain?” Mendadak Ikhsan berbicara ke arah gue.

Mendengar pertanyaan tersebut, sontak gue langsung bangun dari tidur dan duduk menghadap Ikhsan. “Eh? Wulan? Wulan kenapa emang?” 

“Ya kan gue yg nanya. Mana gue tau lah. Elo yg tau”

“Sumpah gue gak tau apa-apa, Wulan kenapa bro?”

“Bukannya tadi dia kesini nemenin elo ya?”

“Iya, tadi Wulan ada di sini, tapi mendadak Kak Hana dateng, akhirnya Wulan disuruh balik ke kelas” Jawab gue.

“Oooooooohhhh panteeeeessss. Ngomong kek kampret..” Mendadak Ikhsan membuka mata dan duduk menghadap gue. Dia kembali menjadi cowok yg urakan lagi.

“Ada apa sih ini? ada apa?!” Gue semakin penasaran.

“Gue kira lo nyakitin Wulan. Dia dateng ke kelas sambil nangis, ntah karena hal apa. Gue kira lo nyakitin Wulan, itu juga yg anak-anak kelas pikirin. Elo kan terkenal karena pemikiran cabul-nya, sontak anak-anak ngira lo ‘ngobok-ngobok’ si Wulan.” Tukas Ikhsan serius.

“ANYING!! Tega amat nyangka gue ngapa-ngapain si Wulan. Kaga kok kaga. Sleting celana gue aja masih perawan, belum pernah diturunin sama sekali.” Gue mencoba mempertahankan harga diri gue.

“Iya, maka dari itu gue ke sini buat mastiin. Ternyata karena hal ini toh" 

"Jadi, tujuan lo masang muka sok jutek kaya tadi tuh karena masih curiga sama gue?”

“Iye, gue juga sempat nyari barang bukti, tapi gue tampaknya tidak menemukan beberapa tisu bekas pakai yg tergeletak begitu saja." 

"ANYING!! OTAK LO AMPAS!!” Gue melempar bantal UKS ke mukanya.

.

                                                                 ===

.

Sehabis kejadian itu, gue langsung bergegas menuju kelas. Mencoba memperbaiki kesalah-pahaman ini semua. Begitu gue masuk kelas, sontak gue dipandang seperti habis mencabuli anak balita. Nggak mau keadaan naas ini bertahan lama, gue langsung nyamperin Wulan untuk mengetahui keadaanya.

Wulan saat itu masih menangis, matanya merah. Ketika melihat gue menghampirinya, air mata yg sempat berhenti kini kembali turun pada pelupuk matanya. Melihat hal ini, anak-anak semakin sinis melihat kearah gue.

Setelah cukup gue tenangkan, gue menanyakan kenapa Wulan sampe bisa menangis seperti ini. Wulan awalnya tidak mau menjawab, hingga pada akhirnya dia menengok ke arah gue yg duduk di sebelahnya.

“Dim.. kamu gakpapa kan?” Tanyanya lirih.

“Hah? Maksudnya?”

“Kamu gak punya riwayat penyakit jantung kan?”

“Ini apa pulak?!” Gue makin heran.

“Aku takut dim..”

“Takut kenapa, Lan?” Gue bertanya makin penasaran.

“Aku tadi pergi ninggalin kamu sama Kak Hana sendirian, aku takut kamu dimarahin, terus kak Hana nyuruh kamu Push-Up lagi. Kamu kan lagi gak enak badan, aku takut kamu gak mampu bernafas lagi, terus kamu meninggal dim” Jawab wulan meneteskan air matanya.

ASTAGA!!
BHAHAHAHAHAHAHAHAK!!
Gue ketawa ngakak di dalam hati. Ternyata Wulan nangis cuma gara-gara hal itu toh? Anjir Wulan polosnya kebangetan banget, imajinasinya mirip kaya imajinasi anak SD.

Mendengar hal ini, anak-anak perempuan yg tadinya memeluk Wulan kini malah ikut tertawa keras. Gue baru sadar, ternyata Wulan dari tadi belum memberitahukan alasan mengapa ia menangis kepada teman-temannya, maka dari itu teman-temannya menyangka gue melakukan hal tidak senonoh ke Wulan.

.

                                                                ===

.

Kegiatan ospek hari ini pun dimulai kembali. Kita semua beriringan pergi ke lapang basket dan duduk di pinggirannya. Gue duduk di sebelah Ikhsan, dan Wulan duduk di sebelah gue.

Hari ini adalah kegiatan promo extrakulikuler yg pertama. Yaitu ekstrakulikuler wajib seperti PMR, Pramuka, Paskibraka, Seni Sunda, dan ntah apa lagi gue lupa.

Sepanjang acara, gue dan Ikhsan tak henti-hentinya mencari ekskul mana yg paling banyak menyimpan kakak kelas cewek dan paling sedikit kakak kelas cowoknya. Karena ini ekskul wajib, maka gue sudah pasti harus memilih salah satu dari beberapa ekskul yg ada.

Gue sih pengennya Pramuka, kesannya asik kemping terus. Tapi gue urungkan niat gue ketika melihat kakak-kakak Pramuka yg sedang tampil terlihat berkulit hitam legam mirip kaya pantat panci.

Yasudah gue mencoba ikut Seni Sunda, ekskul ini paling banyak kakak ceweknya, cantik-cantik, putih mirip aci. Apa gue masuk ekskul ini aja ya? Tapi ekspetasi gue terlalu tinggi, sebelum pada akhirnya muncul bagian para kakak cowok yg bertugas menari sunda mengiringi kakak-kakak cewek yg lain.

Anjrit, masa nanti gue disuruh nari. Rempong ah.

Akhirnya gue nggak memilih Seni Sunda, Pramuka, dan juga Paskibraka. Paskibraka sudah gue tolak dari pertama mereka tampil. Upacara itu identik di lapangan, dan lapangan identik sama panas. Udah pasti bakal jadi item. Makanya gue gak mau. Perawatan gue di RH Klinik mahal cuy.

Hingga pada akhirnya pilihan gue jatuh pada ekskul PMR. alasannya simple, di sana diajarin cara ngasih nafas buatan. Gue seperti melihat bakat terpendam gue terpanggil. 

Ketika acara promo ekskul ini berlangsung, dari jauh gue kerap kali berpapas-pandangan dengan Kak Hana yg sedang menjaga ketertiban. Kadang gue tersenyum, tapi dia nggak pernah membalas senyuman gue. Asem. Jutek amat kaya cewek yg nggak jadi ditraktir makan di Sushi Tei sama pacarnya.

Secara pelan-pelan gue mengikuti arah gerak kemanapun perginya kak Hana, dan tiba-tiba, ia berpindah dari depan menuju arah belakang di tempat gue duduk sekarang.

Mendadak seluruh hura-hura antara gue, Ikhsan, dan anak-anak yg lain berubah menjadi seperti kuburan. Sepi dan menyeramkan.

.

                                                         ===

.

“Dimas pulang langsung?” Tanya Wulan ketika gue sedang sibuk nengok kanan kiri mau nyegat angkot.

“Iya kayaknya, lagian besok kan gak ada tugas buat ospek, jadi gak perlu nyari bahan-bahan lagi”

“Maen ke rumah aku yuk”

“Loh, Wulan gak ada acara emang? Ajak yg lain gak?” Tanya gue.

“Gak usah deh, lagian aku gak terlalu begitu kenal sama yg lain. Yu Dim..” Wulan menarik tangan gue untuk ikut masuk ke dalam mobil.

Siang itu gue menghabiskan waktu di rumah Wulan. Sesampainya di sana, gue cukup tersontak, gue baru tau kalau Wulan termasuk anak yg berkecukupan. Di depan pintu rumahnya saja ada 2 guci besar banget. Jiwa orang miskin gue muncul seketika, pengen rasanya gue nyakuin itu guci.

Gue tau nih guci mahal, dulu waktu emak gue nanya harganya aja mendadak Beliau langsung pergi ninggalin toko tersebut. Dan kekampungan gue pun semakin menjadi-jadi ketika melihat isi rumahnya. Jam dinding yg biasanya gue temui di Masjid-Masjid besar, kini ada di rumahnya Wulan. Gue serasa lagi taraweh. Banyak ukiran kayu jati dan lukisan-lukisan mahal yg terpampang di banyak sudut rumah. Rumahnya adem, gak kaya rumah gue. 

Wulan meninggalkan gue sebentar untuk ganti baju dan gue disuruh tunggu di halaman depan. Di sana ada ayunan berbentuk kursi panjang dari kayu. Tanpa pikir panjang gue langsung menclok di ayunan tersebut. Menikmati angin sepoi-sepoi di halaman yg penuh dengan tanaman ini.

Setelah beberapa menit menunggu, Wulan akhirnya datang membawa 2 es jeruk lengkap dengan cemilannya. Gue cukup kaget melihat penampilan Wulan siang itu. Dia memakai baju barong yg cukup longgar di daerah kerah leher, dan juga memakai celana gemes. Iman gue diuji cukup hebat siang ini.

Wulan duduk di sebelah gue. Bersandar sambil sesekali meminum es jeruknya tersebut. Kita berbicara banyak hal, sesekali gue menanyakan ekskul apa yg bakal Wulan ambil, dan terkadang gue juga bertanya apa pekerjaan bokap nyokapnya Wulan.

 Siang yg sepoi-sepoi tampak semakin membuat rasa lelah meraja lela. Wulan yg tadi terdiam saja tiba-tiba bersandar di pundak gue sambil terpejam. Ayunan yg bergoyang pelan seakan menina-bobokan kita berdua.

.

“Dim..” tiba-tiba Wulan memanggil dalam pejamnya.

“Ya?” Jawab gue pelan.

“Tetap seperti ini ya..”

Cup!

Tiba-tiba sebuah kecupan hangat mendarat di pipi gue siang itu. Gue terdiam tak tau harus berbuat apa, dan kini Wulan kembali bersandar lalu terpejam.

Apa ini?
Apa maksud Wulan melakukan ini? 
Gue menengok kearah Wulan yg tengah terlelap. Dalam pejamnya ia menunjukkan kedamaian yg benar-benar membuat segala pertanyaan gue perlahan sirna. 

Tak ada yg lebih menakutkan ketimbang sebuah ketidak-pastian. Setiap langkah yg kau tempuh, akan menghantui dirimu sendiri. Pilihannya hanya ada dua. Kau yg menghancurkannya, atau kau yg memperbaikinya. Maka dari itu beberapa orang lebih memilih terdiam dalam ketidakpastian. Membiarkan dirinya diselimuti tanda tanya.

Karena bagi sebagian orang, kehilangan jauh lebih menyakitkan ketimbang menahan rasa penasaran.

.

.

.

.

                                                       Bersambung

3

The Last Battle of the American Revolution was fought in India?

Most people believe that the American Revolution ended in 1781 when American and French forces defeated Cornwallis at Yorktown.  This is not true, as it would take two years for a peace treaty to be signed, in between which American and British forces would continue to clash in numerous small skirmishes and battles.  In addition, the American Revolution was a world war, with the French and other allies clashing with British forces in the Caribbean, Europe, Africa, and Asia.  After Yorktown, some of the largest and bloodiest battles that was part of the world wide conflict occurred.  The last battle of what was technically a part of the American Revolution began on the 7th of June, 1783 in southern India.

Tipu Sultan, the ruler of the Kingdom of Mysore, was a big fan of the American Revolution, seeing himself and his kingdom as likewise being oppressed by the British Empire.  When America declared its independence in 1776, he sent a congratulatory letter to the Continental Congress offering his support.  After the Battle of Saratoga in 1777, much of Europe would ally with the US, including France, Spain, the Netherlands, and various other kingdoms..  It was then that the American Revolution morphed into a world war.  Even Morocco became an ally, offering safe harbor and protection to American ships in Moroccan waters and ports.  In 1778, Tipu Sultan and the Kingdom of Mysore joined the alliance and declared war against Britain.  The following war in India would be known as the 2nd Anglo Mysore War.

On the 7th of June, 1783 the British landed a force of 1,500 regular troops and 10,000 Sepoys (Indian troops under the employ of the British Army) near Cuddalore, India.  There they were opposed by a garrison of 5,800 Mysorean troops, 2,400 Mysorean marines, 2,500 French, and 2,000 allied Indian soldiers.  The British would lay siege to the city, bombarding the city and building breastworks surrounding it.  On the 20th of June, a small French fleet arrived to break the siege, but was easily defeated by a much larger British fleet.

Major combat operations began on June 20th, with the British attempting to storm the city.  Wave after wave, assault after assault was beaten back by the Mysoreans and French.  Then the French mounted a foolhardy counterattack, a bloody one in which hundreds of French soldiers were massacred and many more captured.  Among them was Jean Bernadotte, future Marshal of France under Napoleon Bonaparte and King of Sweden.

For the next several days the siege continued with neither side gaining an advantage.  Then on June 30th, word arrived the the US, France, and Britain had agreed to a preliminary peace agreement.  Both sides agreed to a ceasefire, and eventually the British and French withdrew.  Both the British and Mysorean/French forces had suffered around 1,000 killed each.  The war officially ended on September 3rd, 1783 with the signing of the Treaty of Paris.  Britain and the Kingdom of Mysore signed a separate peace treaty called the Treaty of Mangalore.  War with Britain would resume in 1789 with the Third Anglo Mysore War, and the destruction of the Kingdom of Mysore with the Fourth Anglo Mysore War in 1799.