salip

Puisi untuk Sahabatku

Aku diberitahu semesta
Selain doa dari kekasih
Ada doa baik dari seorang lelaki
Datang untukku.

Konon, di sana, doa dari kekasih, dan doa dari lelaki tadi
saling salip-menyalip melapor pada-Nya.
Siapa lebih dulu,
ia yang dikabul pertama.

Dan kau tahu
siapa lelaki tadi?
Dia, sahabatku.

Tapi, dia memang penyembunyi doa yang baik
tak pernah ia tampakkan kebaikannya di hadapanku.

Sebab,
yang aku tahu
dia adalah;

Seorang lelaki yang dari matanya,
menatapku tajam sekali; “Apa, lu!” katanya. Matanya, menyala.

Seorang lelaki yang dari mulutnya,
ringan sekali memaki; “Bangsat, lu!”

Seorang lelaki yang dari tangannya,
mudah sangat untuk berbagi; Film-film porno.

Seorang lelaki yang dari kakinya,
pernah mengajakku berlari; Dikejar guru karena tertangkap basah bolos sekolah.

Seorang lelaki yang–

Tapi tak apa.
Sebab, aku yakini
setiap keselamatanku
ada di ujung-ujung doanya.
Terima kasih.

Gue abis menempuh perjalanan jauh. Badan gue pegel. Tadi bawaan gue di motor udah kayak mo ngasih sumbangan ke Rohingya. Motor se-jok-jok jadi bagasi. Depan yang buat kaki, udah gabisa dipake selonjoran. Berat dan gak nyaman. Belum lagi jalan isinya anak anak dajal. Sana klakson. Situ teriak. Salip kiri salip kanan. Dikit lagi bacok bacokan. Macet emang udah paling neraka. Azab.

Lalu sekarang gue udah nyampe. Terbaring dan ngga berdaya. Di jalanan tadi, gue nangis kejer alih-alih nyetir yang bener. Air mata deres. Lagu di headset juga memfasilitasi banget. Gue ngga tau apa yang gue tangisin. Gue cuman tau gue pengen nangis. Dada gue penuh dan dingin tiba-tiba. Ga ada rasa. Hampa. 

Sekarang masih pengen nangis. Tapi bingung apa yang ditangisin. Keluarga punya, orang yang peduli juga ada. Duit mungkin udah tipis. Nggak make sense aja tapi. Masa gara-gara duit bisa se-kejer itu. Gue emang butuh duit, awal bulan belom keliatan batang idungnya, tapi duit nggak se-mayor itu di kehidupan gue. Duit ga pantes bikin gue kejer.

Lalu gue kenapa. Kenapa ini lapar, makanan ada, tapi gue ngga ada kepengen sama sekali buat nyentuh? padahal biasanya kelaparan dunia akhirat, liat makanan udah kayak ga makan dari kapan. Kenapa update-an orang banyak, tapi gue gak mau liat dan cuma scroll aja gitu ga ada nafsu? Kenapa? Kenapa gue nangis dengan sebab yang bahkan masih gue pertanyakan?

YaAllah, apaka aku kesurupan? :(

Kaç kişi hatırladı Ömer Seyfettin'i ?
Kendine, İttihatçıyım, Türkçüyüm, Milliyetçiyim diyen kaç kişi hatırladı?
Kimse hatırlamadı…
Pul da görüyorsunuz,en son 1920-1930 larda hatırlandı…
Öyle ki Ölü bedenine bile kimse sahip çıkmadı, Tıp fakültesinde denek, kadavra olarak içi açıldı.
36 Yıllık yaşamında “Kaşağı”, “Yanlız Efe” gibi sayısız hikaye, roman ve şiir yazdı. Bize içi sonradan boşaltılmış öykülerini çocuk masalları diye yutturdular hep.
İttihat ve terakki nin önemli isimlerinden ve Türkçülüğün kurucularından Ömer Seyfettin'e bu ilgisizlik hiç yakışmadı.
Bugün ölümünün 97. Yılı, ruhu şad olsun.
Unutmadan, Ömer Seyfettin bu durumu “Efruz Bey” kitabında çok güzel belirtmiş.
“İnsanlar nankördü. Kadir ve kıymet bilmezlerdi.”
(S. 123)

Onun kaleminden Türk gençlerine:
        Ey gençler! Ey bugün eski devirden kalma mekteplerin dar dershanelerindeki kuru sırlar üzerinde müstakbeli kazanmak için çalışan gençler, sizi bekleyen vazifeler pek ağırdır. Siz, bütün dünyaca siyasî ve içtimâî mevcudiyeti silinmek istenilen bir milleti kurtaracaksınız. Evet, bütün dünyaca. Avrupalıların hilâl ve salip nâmına yaptıkları haksızlıkları şüphesiz biliyorsunuz… Unutmayınız ki etrafımızdaki Bulgar, Sırp, Karadağ, Yunan hükümetleri ihtizar dakikalarımızı beklediklerini saklamıyorlar. Rumların, Bulgarların, Sırpların Osmanlılık vatanındaki mektepleri meydanda… Oralarda şiddetli bir Türk düşmanlığı tâlim olunuyor ve bunu bütün dünya biliyor, gazeteler yazıyor. O halde korkmayınız, sizin bilmenizde bir beis yoktur. Mehmed Ali’nin çocukları bir vakit Mısır’da ‘’Türkçe’’ nin tekellümünü nasıl men edip Türklüğü oradan tardeyledilerse bugün Suriye’de de lisanımıza karşı buna benzer bir istiğna görüyor, oralarda ‘’İstiklâl Fırkası’’ nâmıyla bir Arap cemiyeti olduğunu, hattâ cemiyetin reisinin Avrupa gazetelerine muhbirlik ettiğini anlıyoruz. Arnavutların bir kısmı tarihteki kardeşliğimizi unutarak millî bir lisan, millî bir edebiyat ihdâsına çalışıyor ve fetvalara İslâmiyet kaidelerinin esaslarına rağmen Hıristiyan harflerini, Latin harflerini kabul tâmîm için cehd ve gayrette bulunuyorlar. Siyonizmin bile miskin irticâî emelleri bizim zararımıza müteallik gibi duruyor. Harici düşmanlarımızın kırmızı pençeleri, bu pençelerin zehirli tırnakları içimizde, kalbimizin üzerinde kımıldıyor. Ey gençler, bunları siz duymuyor musunuz? Yirminci asırdaki vasi ve müdhiş ‘’ehli salip teşkilâtı’’ silahsız ve medenî hücumlarını zavallı yetim hilâle, bizim üzerimize, Osmanlı Türklüğüne tevcih ediyor. Beş yüz, altı yüz sene evvelki mağlubiyetlerin intikam heyecanları bugün kabarıyor ve siz ey gençler, hâlâ uyuyor musunuz?
Netice
Uyanınız, galebe için düşmanlarımızı tanımak lâzımdır ve biliniz ki bu asırda muhârebeyi ordular yaparsa da muzafferiyeti asla kazanamaz. Muzafferiyet intizam ve terâkkinindir… İşkodra’dan Bağdat’a kadar bu kıtayı bu Osmanlı memleketini işgal eden Turanî ailesi, Türkler ancak kuvvetli ve ciddi bir terakki ile hâkimiyetlerinin mevcudiyetlerini muhafaza edebilirler. Terakkî ise ilmin, fennin, edebiyatın hepimizin arasında intişarına vâbestedir. Ve bunları neşr için evvelâ lazım olan millî ve umumî bir lisandır. Millî ve tabiî bir lisan olmazsa ilim, fen, edebiyat gene bugünkü gibi bir muamma hâlinde kalacaktır. Asrımız terakki asrı, mücadele ve rekabet asrıdır. Biz bir köşeye çekilir Nedim’in parlak fakat tabiata muhâlif terkiplerini terennümedersek mezarımızı kendi elimizlekazmış oluruz. Ancak zevk ve şehvet, riya ve temellük mevzularına lâyık olan o süslü lisanı, beş asırlık bir mantıksızlığın, bir tuhaflığın doğurduğu dünkülerin lisanını terk edelim. Esaslarıyla kaideleriyle yaşayacak olan Türkçemizi yazalım. Eski ve dünkü edebiyatımızın mâhiyetini işte deminden hülâsa ettik. Acemistan ve Fransa’dan çalınmış şeyler… Onlara katiyen ehemmiyet vermeyiniz ve biliniz ki, edebiyatımız hakikatte bizim tarihimiz ve milliyetimiz için bir şan değil, bir şeyndir.

(Ömer Seyfettin, Genç Kalemler, nu. 1, C.II, 11 Nisan 1911)


03:47.Diğerleri uyudu.Yatağimin kosesinde sebebini bilmedigim bir boslukta beklemekteyim. Kimi neyi ne kadar sure bekleyecegimi bilmiyorum. Tek bildigim beklemem gerektigi. Tek umdugum gecicek olmasi. Simdi sorsaniz neyin var diye sesim cikmaz. Ama bi dokunsaniz son parcaa kadar ufalairim. Neyin gecmesi gerktigini bilmiyorum bu yasadigimin ne oldugunu da bilmiyorum. Yalnizca kendimi bosluklarda kaybolmus tek bir nefese mahrum kalmis icindeki sanciyi bastirmak imkansizmis gibi hissetmekteyim. Biri basimi oksasa veya biri doya doya sarilsa gecicekmis gibi. Belkide sorun birinin olmamasi belkide sorun benim onlar gibi olmamam. Gozlerim bugulu klavyemi okuyamayacak kadar yasardi. Gormekte zorlandigim klavyeme basarken belkide akan yaslarin sebebini sorgulamayi kesmeliyim. Belkide ben artik vazgecmeliyim. Çok zor. Cok yorgunum. Durdugum yerde nefes almayi birakmak istiyorum. Durdugum yerde bir cicek gibi kök salip kurumak. Ama ne olursa olsun bu sanciyi susturmak istiyorum. Nefesim cok batiyo artik , pencerem her gecen gun beni biraz daha cagiriyo kendine. Gitmeli miyim sizce. Cozum olur mu icimdeki sanciya. Sanirim artik vazgecmeliyim.Sanirim artik ölmeliyim.

trisula

“It hurts because it matters”

Dalam mitologi Yunani kuno, ada dewa-dewa yang dipercaya mengendalikan alam semesta. Satu diantaranya, Poseidon sang penguasa laut, sungai dan danau. Poseidon punya senjata khas berupa trisula yang konon bisa meluluhlantakkan bumi saat dipukulkan. 

Secara harfiah, trisula berarti tiga tombak. Sesuai dengan bentuknya yang mirip garpu besar dengan tiga ujung lancip. Kita bisa menjumpai “trisula” lewat lisan seseorang. Bentuknya berupa tiga pertanyaan sederhana yang menancap dan kerap mengusik emosi. Persoalan-persoalan ini akrab sekali dengan momen reuni.

1. “Kapan nyusul?”

Kata tanya kapan masih kedengeran oke sampai kita berusia 20-an. Dari saat itu, kapan punya rasa yang berbeda dengan apa, gimana, dimana, siapa dan kenapa. Terlebih lagi waktu ditanya di acara nikahan, maknanya jadi kapan nikah? Coba tanyain kapan nyusul? ke anak SD kelas satu. Dijamin, bikin bengong.

Kita yang ditanya, cengengesan sambil garuk belakang kepala. Dikiranya di belakang kepala ada jawaban. Tapi ternyata enggak. Supaya aman, kita menggulirkan kembali bola panas sama si penanya. Seberes topik pernikahan, kelak akan muncul kapan nyusul-kapan nyusul lain yang enggak ada habisnya.

Nyatanya, nikah beda dengan Moto GP dan kita bukan Rossi. Kenapa harus salip-menyalip kalau garis akhirnya beda? Kalau anak tetangga nikah ahad pagi, kita enggak harus nikah tiga milidetik setelahnya. Toh setiap orang punya ikhtiar tersendiri untuk menyegerakan. Setiap orang punya takdirnya masing-masing.

2. “Kok gemukan?”

Obrolan seputar kegemukan masih membahagiakan sampai kita balita. Waktu masih balita, gemuk sama dengan sehat. Kita hepi pas montok sebadan-badan, dulu. Enggak tau siapa yang memelopori topik angka timbangan sebagai pembuka obrolan. Patokan utama, apalagi kalau bukan volume pipi dan lengkung derajat perut di balik kemeja.

Kita yang disinggung kok gemukan? cuma bisa menimpali singkat “iya nih”. Ya, gimana. Menggemuk kan hak asasi manusia. Kalau memang disengaja, enggak masalah. Konsep. Kalau enggak disengaja, baru deh masalah. Bisa jadi karena aktivitas yang mewajibkan banyak duduk, jarang berolahraga atau jadwal makan yang berantakan.

Saya pernah nonton Sarah Sechan waktu lagi diwawancara di layar kaca. Ada pernyataan “Saya heran sama budaya kita. Suka banget ngomentarin fisik orang yang udah lama enggak ketemu. ‘Gemukan, ya?’. Emangnya enggak ada bahasan lain?”

3. “Kerja dimana?”

Buat saya, kalimat ini kerasa pas saat ditanya sama mereka yang bekerja dan berstatus pegawai. Sayangnya enggak semua orang begitu, ada yang menggeluti bidang nirlaba atau ngembangin bisnis sendiri. Enggak heran pickup line ini jadi yang terpopuler sejak kita selalu pengen tau latar belakang seseorang lewat mata pencahariannya.

Saya pernah nanya sama seorang rekan dan langsung kikuk saat dijawab “Nganggur nih, masih nyari”. Ups, salah. Di kejadian kedua, saya ditanggapi “Kenapa semua orang nanya gitu, ya? Gw enggak kerja, gw peneliti”. Dari situ, saya sadar kalau enggak semua orang nyaman dengan pertanyaan kerja dimana? Saya pun merevisinya dengan kesibukan sekarang apa? karena siapapun pasti punya kesibukan walau enggak bekerja.

“Words can inspire. Words can destroy. Choose yours well”

“Trisula” lisan bisa melukai hati karena alasan yang hadir di belakangnya berpengaruh besar untuk sebagian orang: jodoh, penampilan dan karir. Ketidaknyamanan atas tiga pertanyaan klasik ini jadi hal tabu yang jarang mengemuka. Sepele, tapi penting.

Setiap orang akan menikah pada waktu-Nya sejak enggak ada yang tau persis kapan peristiwa-peristiwa penting terjadi di hidup kita. Setiap orang akan menggemuk atau mengurus pada waktunya sejak enggak ada yang pernah tau kapan pola hidup berubah. Setiap orang akan gemilang dengan cara-Nya sejak enggak ada yang pernah tau kemana takdir akan berarah.

Ada sejuta cara mengawali obrolan di momen reuni. Berbasa-basi enggak harus basi karena kesantunan tetap harus diutamakan semenjak yang kita temui adalah makhluk berperasaan. Maka, berkatalah saat memang harus. Lebih baik diam saat ucapan dirasa enggak berdayaguna. Alasannya sederhana.

Luka akibat kata-kata lebih menyengsarakan dibandingkan tertusuk trisula.

Test Drive

Hari ini (1/6) Rara (nama mobil saya) diseruduk dari belakang oleh pengendara sepeda motor. Saya menghentikan Rara karena ada truk yang tiba-tiba belok di depan, kecematan mobil hanya berkisar 30-40 km/jam dalam kondisi padat. Motor yang nyeruduk jelas kecepatan lebih dari itu.

Stereotip yang ada di jalan adalah, kalau ada kecelakaan antara mobil dan motor. Yang salah adalah mobil. Kecepatan mobil tidak akan lebih dari 40km/jam di jalan yang padat dan sempit, itu adalah fakta. Dengan badan kendaraan yang besar, tidak bisa asal salip seperti motor. Tapi, mau gimanapun. Ada bentukan yang stereotip yang lebih besar bahwa memiliki mobil = kaya, kemudian kalau ada kecelakaan yang “kaya” harus bertanggungjawab meskipun pada fakta di lapangan yang salah adalah pengendara motornya.

Rara rusak bumper belakangnya (dan besok mau saya copot). Sebagai pengguna kedua jenis moda transportasi itu (motor dan mobil), saya memahami perspektif keduanya. Bagi yang tidak pernah menyetir mobil, mungkin tidak tahu bagaimana pusingnya berada di jalanan di tengah ruwetnya dan tidak tertibnya pengendara motor. Sebab itu pula, ketika berkendara motor saya lebih berhati-hati dan toleran terhadap pengguna mobil.

Memahami perspektif keduanya memang penting.

Tapi, ada satu perenungan menarik selepas kejadian hari ini. Saya pernah membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa kondisi jalan raya (lalu lintas) sebuah negara memperlihatkan kondisi negara dan masyarakatnya dalam banyak hal (hukum, pendidikan, dsb). Jalan adalah tempat ujian psikologis (psikotest) yang lengkap.

Bagaimana kondisi psikologis seseorang dalam situasi lalu lintas yang tidak teratur, bagaimana menyikapi rambu dan lampu lalu lintas, bagaimana menghadapi macet, bagaimana parkir dan sebagainya bisa menggambarkan pribadi seseorang. Mungkin kalau ada ujian seleksi calon pasangan hidup, harus ada “test drive” di jalan raya (khususnya di Indonesia), haha.

Menjadi pengemudi (driver) itu memastikan kendaraan yang dibawa sekaligus penumpang di dalamnya selamat dari satu tempat ke tujuannya. Bagaimana kalau pengemudinya tidak taat aturan, tempramental, suka ngebut, membahayakan orang lain (juga penumpangnya), merokok di dalam mobil (saya sangat membenci ini), atau suka mengumpat pengendara lain hanya karena di salip atau macet, tidak sabaran, dan lain-lain.

Mengemudikan kendaraan itu benar-benar bisa menunjukkan karakter seseorang. Kan kalau mau mengenal seseorang ada 3 hal yang perlu dilakukan;

  1. Melakukan perjalanan bersama
  2. Menginap bersama
  3. Pernah bertransaksi (entah hutang piutang atau jual beli)

Berkendara adalah penjabaran kecil dari poin nomor satu. Bagaimana perjalanan di jalan menjadi media untuk kita tahu bagaimana kondisi psikologisnya.

Kan kita tidak mau dan tidak nyaman melakukan perjalanan bersama dengan orang yang bagi kita tidak asyik buat diajak jalan bareng, apalagi membahayakan perjalanan tersebut. Apalagi, perjalanan itu seumur hidup :)

Yogyakarta, 1 Juni 2016 | © Kurniawan Gunadi

2

Traditional Dances from the Philippines
Salip

Ethnic groups from the mountain provinces of Luzon preserve their identity, customs and lore. Their dances celebrate important events in life such as birth, wedding, victory in war and thanksgiving. A Kalinga wedding dance is an important celebration. The bridegroom offers the bride the protection and comfort of his blanket. He simulates the movements of a rooster at love play, aspiring to attract and seize his love. The bride’s friends are ready to help prepare the bride by offering “bangas” (earthen pots) filled with fresh water from the mountain spring.

Photo Source: [x]