ied-fitri

Happy Ied Mubarak 1433 H! Semoga amal ibadah kita diterima dan taun depan masih bisa ketemu bulan Ramadhan lagi yaa Amiiiin o:)

Lebaran

selalu suka saat lebaran tiba, kenapa? . banyak alasannya! banyak makanan, banyak angpau dan yang paling penting, banyak saudara yang pulang ! rumah jadi ruameeeeee :‘3

keluarga kecil saya hampir selalu setia pada hari pertama lebaran di rumah surabaya, di rumah orang tua buya (baca : ayah) , daaannn saya hampir setiap sholat idul fitri sholat di masjid Al-Jawahir, dan mengikuti serangkaian prosesi idu fitri *oposeh di keluarga kami.

biasanya, setelah sholat idul fitri, keluarga bani jawahir yang tinggal di ngawinan , atau lebih tepatnya yang keturunan mbah buyut nur dan ayah yai shofyan , mengadakan silaturahim di masjid tersebut. acara diisi dengan sambutan-sambutan masing-masing keluarga besar, biasanya oleh tetuanya, kemudian doa, terus saling silaturahim ke rumah keluarga besar antar satu dengan yang lain.

setelah itu, di rumah yangkung ada acara sungkeman, tradisi sungkeman ini setauku baru berjalan antara 2-3 tahun ini, karena yangkung sudah wafat sejak 2011 maka sungkemnya ke yangti aja. oiya sungkem ke makam yangkung biasanya sebelum idul fitri. acara sungkem di rumah diurut berdasarkan urutan kelahiran dan yang keluarganya (bila sudah berkeluarga) lengkap. buya merupakan anak kedua dari yangti dan yangkung,brati harusnya urutan dua,  tapi karena buya biasanya sholat di gresik ,datengnya telat ke sby daannn  maka saya selalu kebagian terakhir, urutan kesepuluh…abis sungkem biasanya makan-makan, menunya ganti-ganti sih tiap tahun, cuman seringnya bakso.yang masak ami aci.. nyam,nyam,nyam 

nah, setelah itu, ke rumah bani keluarga djawahir yang deket rumah kalo belum, kalo udah, langsung cus ke rangkah. sebelum berangkat, karena yangti memiliki sekitar 28 cucu dan 8 orang emanntu, maka pengaturan saat keberangkatan menjadi hal penting, siapa ikut mobil siapa ,apa perlu ada yang naik motor, dll. haha. seru gitu deh. belum lagi kalo printilan kecil-kecil yang erbutan satu mobil karena omongan seru mereka belum kelar.. hadeeuuhh.. hihihi.

Rangkah adalah keluarga besarnya yangti, disana kami ke makam mbah buyut putri dan mbah buyut kakung, nyai addah sama kakanya yangi lupaa siapa namanya . trus ke rumah adik-adiknya yangti, pertama ke yai masduqi trus ke rumah yai lul, nah di rumah yai lul ini biasanya ditawari makan, ada roti maryam, ada gule kacang ijo ada ayam daaaannn lain-lain.. lesszzaaaaa wes pokoe, hehehe. nah abis dari rumah yai lul,sholat dhuhur, trus  kadang kita k rumah gurunya puput kadang engga. trus cus keee kedung tarukan. 

di kedung tarukan ini tempatnya yai miftah sama yai siapa lupa pokoknya abahnya neng munjiyah. di rumah yai miftah, kita makan lagii.. uyeaaaahhh.. menunya ganti-ganti sih tiap tahun, pernah ada cumi, ayam, bothok usus, bandeng, macem-macem deh pokoknya, trus abis dari yai miftah kita keee rumah neng munjiyaaahh, daaann biasanya dikasih kerupuk :3 enak bgt kerupuknyaaa ..

abis dari kedung tarukan biasanya cus ke rumah nyai thonah di semolowaru, nyai thonah itu bibi nya yangti, abis dari sana. pulang deh kita. hehe

biasanya setelah itu saya ke sidoarjo kerumah keluarga ibu, trus h++3 atau h+4 lebaran udah di sby lagi soalnya ada pertemuan keluarga besar bani Djawahir.

seru ya lebaran kalo punya keluarga besar? seruuu.. seruuu banget

saya bisa becanda sama sepupu- sepupu saya yang masih kecil, hyang beranjak remaja sehingga mau masuk pesantren, sampe yang sepantaran. belum lagi nanti chit chat sama ama-ama , dengern nasehat nasehat mereka soal hidup, pernikahan, daaann sebagainya, atau ngobrol seru sama ami-ami soal politik, kampus, dan dunia karir.. 

ada sih yang bikin agak kaku pas lebaran, yaitu pas ditanya kapan nikah, atau mulai njodoh-njodohin sama anak orang oh meeenn..

saya selalu kangeeeennn sama ami-ami dan ama-ama yang udah kaya kaka saya sendiri, sama sepupu-sepupu yang udah kaya temen atau kaya adek sendiri.. 

nggak bisa dipungkiri, saya juga kangen sama yangkung, yang udah kayak bapak sendiri, karena sejak kecil sering bercanda sama yangkung, dan saya tahu yangkung sayang banget sama cucu-cucunya, termasuk saya. saya masib inget yangkung suka cerita tentang kukuk beluk yang ambil air, atau ngajar ngaji anaknya tapi pas ambil contoh peristiwa pake nama saya :’ dnberacam-macam cerita lain yang terkubur di otak.

ketika lebaran, saya selalu terlihat seperti adek kecil karena ada ami-ami dan ama-ama, bagaimana saya bisa lupa dulu ami atum  ngikat tali sepatu saya pas saya mau berangkat sekolah tk, atau ami nafi dan ami aci soal ayam jantan peliharaan, ama icha yang suka mandiin saya pas ama pulang dari jkt dan suka beliin oreo, ama ndiyo yang suka ngangkat saya kekasur kalo saya ketiduran di lantai, ami nadhim yang nganter kemana-mana, ami farid dan ami faruq.

daann sepupu-sepupu, bagaimana saya bisa lupa saya dijatohin sama mas azmil dari kursi pas kecil, sampe nangis jerit-jerit, sampe trauma tiap ketemu dia, atau gimana bisa lupa saya dulu pernah bikin ayu nangis, atau main sama pupt dan fikri pas orang jumatan trus fikri kena paku, najwa pendiem, shofuro yang kalem, mahira yang ceria, duhh ngga sanggung nyebutin sampe ke 23 yang lain hehehe.

aaaahhhh saya selalu sayang sama keluarga besar ayah saya, keluarga besar Djawahir, karena sejak kecil saya ada dilingkungan mereka.

next time mungkin nulis soal keluarga besar ibu kali ya :‘3

اَللّهُ اَكْبَرُ، اَللّهُ اَكْبَرُ، اَللّهُ اَكْبَرُ، لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللّهُ اَللّهُ اَكْبَرُ، اَللّهُ اَكْبَرُ، وَلِلّهِ الْحَمْ

Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar | Laa ilaaha illa Allah Allahuakbar | Allahuakbar wa lillahi al-hamd

Teruntuk Ramadhanku

Selamat hari lebaran Papap, Ibu, Abang, Ni uti dan Shabira..
sekarang, di Bumi kita memang tidak berkumpul untuk merayakannya, jangan bersedih, karena nanti di Jannah-Nya kita berkumpul merayakan Lebaran yang tidak kita rayakan bersama.

sekarang kita hitung bareng-bareng, sudah berapa lebaran yang terlewatkan? 3? 4? 5? jangan lupa, nanti kan kita ulang semua di Jannah-Nya.
Bersabar, semuanya ada waktunya, dan percayalah jalan Allah selalu indah :)

fitried asked:

I just read your post about your abusive past and I just wanted to tell you that it was the bravest thing I've ever seen. All the things you have done and are trying to overcome are extraordinary and you REALLY deserve everything good.

Oh wow. Thank you. I’ve not had anyone ever tell me this was extraordinary. It’s just something I’ve had to do amongst all the other stuff I put up with. I don’t even know how to respond to that other than thank you and tell you I’m crying because I’m really touched by your words.

(I really hope it’s okay for me to make this public so I may keep it. It means so much to me.)

I’ve had a few people say that to me lately and it comes as such a surprise. Mostly because there is a LOT more to this than what I revealed and what I mentioned is only part. I don’t think I’m quite brave enough, but saying more means saying more about my abusers who I still deal with several times a year. I’ve never thought of what I do and what I’ve done as brave. Maybe I should. <3

Tagged by: seagull-is-null

Name: Xian Yu

Nickname: Trad, Essy, Shan

Where I’m from: Melaka, the so-called historical state

Favorite movies: Hanna, the Resident Evil Movies, the Millenium Trilogy adaptations, the Studio Ghibli movies, and Star Wars (both trilogies)

Favorite TV shows:  Gravity Falls, The Nanny, Good Eats

Zodiac: Ox

Favorite drink: I am made of 30 to 40 percent tannin.

Favorite quotes: None especially

Favorite musicians: Lady Gaga, Florence + The Machine, Lykke Li, Marina and The Diamonds, Masami Ueda, Caravan Palace, Laura Mvula

Favorite season: Autumn

Movies I’m looking forward to: The new set of Star Wars, and that’s about it.

Tagging: rollycoasty, anghiejamie, alynissia, mbkdaybreaker93, adi-fitri

KKN

i know maybe this is last time i able to make post before arrive to Morotai, North maluku.

2 month i will be there try to empowering local people, and i will celebrate ied fitri on the strange place without my family

so sad  

🎊Ayo diborong cemilan buat menyambut Ied Fitri !🎊
Menerima pesanan cemilan. Mulai dari :
- Nastar - Putri Salju - Cookies Coklat - Kue Bawang - Stik Jagung Aneka Rasa(Original-BBQ-Super Pedas)
- Keripik Singkong(Original-Super Pedas)
- Dakak-Dakak
- Dll.

Bisa pesan per toples/kiloan.
Rasa dijamin bikin NAGIH!
🏡 : Petukangan,Jaksel.
📱: 085743363795 / 7A0BBBA3

#JualOnline #BisnisOnline #Sell #Bussines #OnlineShop #BisnisRumahan #HomeMade #Makanan #Food #Cemilan #CemilanHariRaya #CemilanRenyah #Stick #Stik #Keripik #Nastar #PutriSalju #SnowWhite #Cookies #IndonesiaPunya #Indonesia