hepies

Jangan Takut Dengan Lamanya Kesendirian (2)

Sering banget saya dengar komentar orang, “belum nikah? Ngejar karir ya Mbak? Sibuk sekolah ya Mbak?” Gusti Allah, karir kok dikejar. Mending ngejar Lee Jae Hee.

Saya yakin bukan hanya saya yang mengalami, pasti juga dialami banyak perempuan di usia yang seharusnya sudah menikah tapi belum. Ketika saya melihat sekeliling, yang telat menikah memang banyak yang setipe dengan saya sih : suka kerja, suka sekolah, mandiri, dan semacam itu. Perempuan yang terlihat tidak butuh laki-laki.


Tahukah kamu, jika kondisi seringkali sebaliknya? Maksudnya, justru karena kami belum menikah, makanya memilih sibuk dalam pekerjaan, pendidikan, dakwah, kegiatan sosial, dan semacamnya. Mengapa? Bukan pelarian, tapi karena kami adalah perempuan - perempuan cerdas yang tahu benar letak kebaikan.

Bukan karena ga butuh laki-laki lalu ga nikah. Justru karena kami belum menikah, maka kami melatih diri untuk melakukan segalanya sendiri. Gak sedih kok, bahagia saja, hanya kurang lengkap tentunya. Seriously, perempuan mandiri tetap butuh lelaki. Saya sepenuhnya menyadari ini ketika kapan hari ga bisa ngangkat galon ke kamar yang berada di lantai 2. Rasanya pingin nangis dan teriak di tengah hujan, “aku pingin nikaaaaah biar ada yang angkatin galon!!!”

Jedderr, jedderr!! Lalu hujan makin deras dan kamar bocor parah. Lalu saya pingin teriak lagi pada ibu kost, “Teteeeeh, saya pingin nikah biar ada yang benerin genteng!!!”

No, itu hanya becandaan saya di tengah kondisi yang saya anggap kurang enak. Sorry bro, fungsi suami bukan hanya untuk angkat galon atau benerin genteng, no no. Maksud saya adalah, itu hanya sedikit kejadian yang menjadi hikmah bahwa perempuan tetap butuh laki - laki, untuk hal - hal yang lebih besar tentunya, membangun keluarga yang bermanfaat salah satunya.

Well. Jika belum ada keluarga yang harus diurus, apakah kami harus duduk lunglai menunggu jodoh? Dalam hal percintaan barangkali kami terlambat dan belum beruntung, tapi kami yakin bahwa ada banyak hikmah mengapa kami masih sendiri. Salah satunya adalah dengan memperbanyak ladang amal, melalui cara apapun.

Beruntunglah yang sudah menikah dan ladang amalnya makin luas. Agak sedih jika sudah menikah malah tidak berbuat apa - apa. Masih sedikit beruntung yang belum menikah tapi diberi rezeki ladang amal yang luas. Yang paling sedih adalah belum menikah, ga punya ladang amal. Jangan jadi yang terakhir ya.

Kadang - kadang saya mikir, ngapain saya ngejar karir sampai gak nikah - nikah? Lah, kalo bisa nikah cepet mah hepi banget, ga perlu kerja keras, udah ada yang nafkahin. Justru saya kerja keras karena belum ada yang nafkahiiiiiin, plis deh. Hahaha.

Beberapa waktu lalu kakak sepupu nge-chat. Dia bercerita tentang teman dekat saya ketika SD (usianya lebih tua dari saya), dimana kakak teman saya ini adalah teman dekat kakak sepupu. Kata sepupu saya, “si itu Din, belum nikah, padahal udah jadi dokter loh.”

Saya jawab, “Mbak, menjadi dokter dan menikah adalah dua jenis rezeki yang berbeda, jadi ga ada korelasinya kalau jadi dokter lalu jodoh jadi dekat. Barangkali, dia yang belum menikah itu jauh lebih bermanfaat karena dia dokter loh, dari pada yang sudah menikah tapi ga berbuat apa- apa.”

Bermanfaat tidak perlu bertitle sih, hanya saja menjadi dokter adalah contoh ladang amal yang menurut saya hebat jika dilakukan dengan bakti dan ikhlas. You name it simple good things that you can do, like ngajarin ibu - ibu PKK menjahit, atau kegiatan apapun. Pada intinya, sibukkan diri mencari ladang amal.

Semoga dengan menyibukkan diri berbuat baik, kita akan segera dijodohkan dengan pasangan yang juga sibuk berbuat baik. Lalu nanti menjadi keluarga yang sibuk membangun kebaikan.

Ah, tiba - tiba jadi ingat novel Ari Nur yang judulnya Diorama Sepasang Al-Banna. Ciee….uhuy uhuy..sekarang saya bisa menangkap makna filosofis di dalam novel yang menceritakan tentang sepasang arsitek itu. Bahwa pernikahan haruslah memperkuat teguhnya kita pada agama, bahwa pernikahan seharusnya menggabungkan dua kekuatan untuk membamgun peradaban. Tsaahh.

Maka, sebelum punya pasangan, semoga kita tetap menjadi Al-Banna meski masih sendirian, hingga saling disebelahkan di pelaminan.

Aiihhh,,,saya jadi baper sendiri gini.

bir dakika olsun durup dinlenmeye vaktimiz yok, asla kendimize derin bir nefes alma fırsatı tanımıyoruz. bir kez bile dönüp bakmadan, yanından koşar adım geçip gittiğimiz manzaraların hasretiyle öleceğiz. çünkü yolun sonundaki ışığa odaklandık, duvarlarda ne yazdığının hiç bir önemi yok bizim için.. farkında değiliz hiçbir şeyin. asırlar boyu ölmeyecekmişiz gibi yaşıyoruz, asırlar boyu yaşayacakmışcasına ufacık şeyleri dert ediniyoruz kendimize.stresten, kederden, elemden uyuyamadığımız gecelerimiz oluyor. ne uğruna ulan bütün bunlar? diye sormak aklımıza gelmiyor. bazen bir diploma, bazen bir iş, bazen de bir insan uğruna günlerimizi, gecelerimizi heba ediyoruz.  aynı anda o kadar çok yerde birden olmak istiyoruz ki, haliyle hiçbir yere yetişemiyoruz.
bazen vaktinden erken gittiğimiz oluyor, ama ekseriyetle geç kalıyoruz. zaten yetiştiklerimizin de bir değeri olmuyor, çünkü aklımız hep ulaşamadıklarımızda..
bazen, rakı sofraları oluyor, bazen bir şarap şişesi etrafında toplanıyoruz. kimi zaman da kuytu köşelerde içilen bira şişeleri oluyor, yine sonuncusunu bitirmeden fırlatıyoruz. sonunu getiremediğimiz yüzlerce hikayeden yalnızca biri. belki de en zararsızı..
sonra, böyle karanlık ve yalnız geceler oluyor. üşüdüğümüz, ağladığımız, korktuğumuz, kaygılandığımız, sarılacak bir beden uğruna yanıp tutuştuğumuz geceler. bir çift göz istiyoruz yalnızca. “korkma, ben varım” diyerek gülümseyen umutlu bir çift göz. bütün umudumuzu, hayallerimizi o umutlu gözlere bağlıyoruz. peki ya o gözlerin sahiplerinin de, bizim gibi umutla gülümseyen gözlere ihtiyacı varsa? diye sormak aklımıza gelmiyor. hep bir şeyler bekliyoruz birilerinden ve o birileri bizden bir şey beklediğinde ise çıkarcılıkla suçluyoruz onları. aynaya bakmak aklımıza gelmiyor.
vermeye cesaretimiz yok, eksilmekten ödümüz kopuyor. yani daha fazla eksilmekten. bu korku bizi kalabalıklardan uzak tutuyor, daha kötüsü olmasın da, bu halimize de şükür, diyoruz. elimizden fazlası gelmiyor.  aşkın, sevginin tanımını dahi bilmiyorken, koca koca sevgiler talep ediyoruz karşımızdakilerden. peki bizim buna karşılık verecek neyimiz var? diye asla sormuyoruz.bir köprünün ucundayız, sevdiklerimiz, hayal ettiklerimiz köprünün diğer tarafında duruyor. onlar gelsinler diye bekliyoruz. hiçbir şey yapmadan, bekliyoruz öylece. karşı tarafa geçerken kaybetme ihtimalimiz olan şeyleri düşünüp korkuyoruz, kılımızı kıpırdatmadan bekliyoruz öylece. muhtemelen karşı tarafta bekleyenler de aynı şeyi düşünüyor, bu seçeneği gözardı ediyoruz..
sonrası bol bol alkol, şikayet, isyan, küfür. bazen de böyle yazılar..

sık sık hastalanıyoruz. sık sık şikayet ediyoruz ağrılarımızdan. böyle hastalıklı ruhlara ev sahipliği yapan gariban bedenlerimiz bize iyi bile dayanıyor, diyemiyoruz. böyle şeyler hep beni buluyor, diyoruz. isyan ediyoruz her zamanki gibi. alt tarafı grip olmuşuz..hastane önlerinden geçerken kanser hastaları bize gülümsüyor. hemen uzaklaşıyoruz oradan. kendimizden daha kötü durumda olanları görüp bundan memnuniyet duyuyoruz. ve buna vicdan diyoruz, merhamet diyoruz ama katiyen utanmıyoruz, sıkılmıyoruz. 
yarın sabah yetiştirmemiz gerekenleri düşünüp, bugünü yaşamaktan vazgeçiyoruz.
baştan başa boka saplandık. bu yüzyılda yaşayan bütün insanlar, hepimiz aynıyız. tekdüze, yapay, samimiyetsiz ve kendinibeğenmiş. bataklıkta yaşayan çirkin kurbağaları düşünün, biz onlarız işte.  göğe bakıp martıların uçuşlarıyla dalga geçiyoruz. beğenmiyoruz onları.tanrı bizi yukarıdan seyrederken diyor ki; ulan kibir sizin neyinize? ne için birbirinizi yiyorsunuz? ne bu kin, bu öfke? ideoloji sahibi insanlarsınız anlıyorum.. ama sizi ben yarattım ulan, ben. yaşayın diye yarattım, neyin kavgası bu, neyin mücadelesi? gidip dünyayı falan dolaşın oğlum. bir sürü farklı topluluk yarattım, gidin onları tanıyın, kaynaşın birbirinizle. gidin koşun kıyılarda, kırlarda.. -çiçekleri kopartıp sevdiklerinize götürmeyin, sevdiklerinizi çiçekli yerlere götürün.-  farkına varın yaşamanın. yaralı olanların yaralarını sarın, sarın ki yarın siz yaralandığınızda bir tentürdiyotlu bez uzatanınız olsun. derin derin nefes alın pazartesi sabahları, bu gün de ölmedim ulan, deyin. ne bileyim, aşık olun mesela, sevin, sevilin. ben hepinizi birbiriniz için yarattım, kavga edin diye değil, birbirinize sarılın diye yarattım. -korkmayın ulu orta sarılmak günah değil.- mutlu olun lan işte. milyar yıllık mazisi olan bir gezegende, size hepi topu ortalama 70 yıl yaşama şansı tanıdım, bu neyin kafası oğlum, neyin kavgası? artık kendinize gelin amına koyayım.. 

gülümsüyor sonra, yanıma geldiğinizde hepinize göstereceğim, diyor.. 

 
ve bütün bunların farkında olan bir adam not düşüyor geceye;
“karanlığın kokusu sinmiş üzerimize.. böyle diyorum, çünkü vaziyeti betimleyecek başka bir cümle kalmadı”

Kamulah "Muka"-nya Islam di Mata Penganut Selainnya

Kenapa saya memilih judul ini? Ya, karena bagaimanapun kita mau mengatakan “Salahkan Penganutnya, Bukan Agamanya”, kenyataannya, subjektivitas adalah suatu hal yang sulit untuk disingkirkan.

Maka dari itu, saya ingin meyakinkan, bahwa kitalah “muka” dari Islam bagi mereka yang bukan penganutnya.

Jika mereka melihat kita baik, maka mereka akan menilai Islam itu baik. Dan sebaliknya, mereka akan menilai Islam buruk, kala melihat tindak-tanduk kita tidak sesuai bagi mereka.

Bukan kuliah agama yang seringkali lebih dahulu membuat orang tertarik akan agama (dalam hal ini Islam), akan tetapi suluk penganutnyalah yang lebih dahulu memiliki pengaruh, untuk berikutnya, lebih dalam lagi mempelajari ajaran agama Islam.

Terkisah seorang Inggris bernama Brown yang sedang mengunjungi suatu daerah di India. Saat itu, dia sedang berada di ladang. Dia kehausan. Lalu, ia melihat ada seorang petani yang membawa guci minuman. Brown pun meminta air itu kepada si petani. Si petani memberikannya, namun dengan raut muka yang sangat masam. Setelah minum, Brown berterima kasih dan pergi perlahan. Tiba-tiba …

PRAKKKK!!!

Brown menoleh karena kaget. Ternyata, guci yang tadi dia pakai untuk minum, dipecahkan si petani tadi. Namun, dia berusaha tak bergeming. Dia tetap berlalu.

Di hari yang lain, dia melewati ladang lagi, dan (lagi-lagi) kehausan. Ia melihat sesosok petani, yang lalu ia minta air untuk minum kepada si petani itu. Diberikannya guci miliknya dengan senang hati. Brown pun meminum air di guci itu. Dia berterima kasih, dan berjalan perlahan, sambil sesekali menoleh ke belakang. Ternyata, si petani itu membiarkan gucinya. Ia tidak memecahkannya seperti petani kemarin melakukannya.

Brown pun penasaran. Ia mencari tahu kenapa. Dan ternyata, ia menemukan jawabannya. Petani yang saban hari ia mintai minum, adalah seorang penyembah berhala, yang tidak ingin ada seorang pun selain penganut agamanya minum dari gucinya. Makanya, ketika Brown minum dari guci itu, dipecahkanlah guci itu oleh si petani.

Sedangkan petani kedua adalah seorang muslim. Dia tak pernah mempermasalahkan siapa pun yang meminta minum darinya. Dari bangsa apa pun, dan berkeyakinan apa pun.

Lantas, Brown pun berpikir untuk mulai mempelajari sirah Nabi Muhammad. Merasa tak cukup, ia membaca juga Al Qur'an dan terjemahannya, hingga akhirnya, ia memutuskan masuk Islam dan menambahkan “Abdullah” pada namanya.

Begitulah, seringkali suluk dan tindak-tanduk kita lebih mengena di hati orang lain daripada ceramah-ceramah.

Dan lihat, bagaimana si petani muslim ini sukses menjadi “muka”-nya Islam bagi Brown, hingga akhirnya Brown pun masuk Islam.

Dan ada kisah lain dari orang muslim yang gagal menjadi “muka”-nya Islam, yang lantas membuat orang di luarnya yang membencinya, semakin menjadi-jadi kebenciannya.

Adalah Genghis Khan, di abad ketujuh Hijriyah, membawa banyak hadiah kepada sultan penguasa Khurasan, Shah Khawarazm. Semua berlangsung baik-baik saja, hingga muncul seseorang berperangai tamak bernama Khawarazm Syam. Dia memiliki dua puluh ribu tentara berkuda, dan berkuasa atas Asia Tengah. Khawarazm Syam meminta izin untuk menyerang mereka dengan diam-diam. Maka, para pedagang utusan Genghis Khan ditangkap, dan harta benda mereka dirampas.

Genghis Khan yang mengetahui hal ini, marah besar. Ia pun mengirim surat untuk Shah Khawarazm, yang isinya,

“Sesungguhnya engkau telah memberikan jaminan keamanan pada para pedagang kami yang datang ke negerimu, namun engkau mengingkarinya. Padahal engkau tahu, bahwa mengingkari janji adalah tindakan yang buruk, terlebih ini dilakukan oleh seorang sultan yang beragama Islam. Jika penangkapan ini bukan atas perintahmu, serahkan pamanmu pada kami. Jika tidak, kau akan menyaksikan apa yang biasanya kami lakukan.”

Genghis Khan tak bermain-main dengan ucapannya. Kota Khurasan, Samarkand, dan sekitarnya luluh lantak oleh pasukan Tartar yang terkenal bengis dan tak tahu rasa belas kasihan. Dan pemusnahan kota ini menjadi gerbang dari hancurnya imperium Abbasiyah di Baghdad oleh penerus Genghis, Hulagu Khan.

Beginilah, betapa buruknya akhlak menjadi sebab dari kehancuran dan kebencian. Bukan hanya dibenci oleh orang di luar Islam, tapi bahkan bisa saja efeknya lebih besar; diluluhlantakkan oleh musuh seperti Kota Samarkand dan sekitarnya.

Maka, ingatlah selalu, bahwa kita adalah dutanya Islam, di mana saja kita berada. Mari tunjukkan bahwa nilai Islam ada pada diri kita, bukan sekadar termaktub di dalam lembaran kitab-kitab, dan diajarkan di pengajian-pengajian.

Referensi: Buku musalsal Qiro'ah LIPIA, dan “Sejarah Para Khalifah” karya Hepi Andi Bastoni, Lc.

SYARAT!

GUA ngeri waktu disodorin daftar syarat untuk melamar beasiswa lantas nemu surat kerangan kelakuan bae sampai bebas HIV/AIDS.
Kalau gua emang bener bajingan ngapain gua mintak beasiswa ke negara? Kalaupun gua pernah masuk bui, itu artinya gua udah mempertanggung jawabkan segala perbuatan gua. Lepas dari itu gua berhak dapat hak yang sama dari negara tanpa “direweli” pemerintah.
Kalau gua ODHA emang apa salahnya? Pada paham kenapa gua menyandang ODHA?

Sampai detik ini gua gak setuju dengan syarat itu. Itu menciderai rasa keadilan. Makanya gua mikir puluhan kali untuk “ngemis” beasiswa. Kalau ada duit, ya gua pakai duit sendiri buat sekolah. Mintak atau “minjem” ke lembaga keuangan negara adalah hal paling berat gua bayangkan. Itu bukan duit gua. Kerja keras banyak orang. Mulai buruh kasar, pedagang kecil sampai kuli kapitalis yang hidupnya gak isa hepi saking ketatnya persaingan dan gencetan tuntutan karir.

Dan belakangan… setelah bertahun gua bergelut dengan kehidupan yang serba sulit dan tak pasti di antara banyak kekalahan di berbagai bidang. Yang hampir semua orang ngalamin. Gua selalu merasa berantakan kalau ada orang pakai duit negara buat belajar tapi gayanya sok udah paling keren, paling pinter, putra-putri harapan bangsa yang bakal membawa secercah cahaya terang bagi 200+juta rakyat Indonesia. Kebanggaan semu karena merasa udah memenangkan persaingan yang-SEBENARNYA gak bakalan isa bersanding dengan pengorbanan jutaan tangan lain yang rela setorkan uang buat membiayai keberlangsungan hidup bersama.
“Gue penerima beasiswa bergengsi itu lhooo. Gue keren kan?!”

Diam!

Balikin duit gua besok dalam bentuk paling riil ke banyak kepala : keterjaminan harta, nyawa dan martabat.


NYOMBONG DAN BANGGA itu kalau lu isa berdiri di atas kaki sendiri. Dan udah gak butuh TUHAN.


Pada titik ini gua merasa sangat kesal dan terluka. Kok kayak gini anak muda generasi gua(???)


Let me tell you, … pada kutub yang paling ekstrim sudah cukuplah sama sebagian lainnya. Banyak kok yang bangga dan merasa paling berhak dilayani, difasilitasi kebutuhannya, misal pejabat negara atau pegawai BUMN yang selalu mendapat fasilitas nomer satu. Penerbangan kelas satu, hotel kelas satu, pelayanan antar-jemput, dll. Memintak hak yang gunanya untuk kepentingan sendiri.
Gua ada klien perusahaan plat merah yang jadi lahan basah keuangan NKRI. Dan ketebak bener kelakuannya. Entah etos kerja sampai sikap individu. Mulai dari gengsi sampai materialistisnya bikin gua pengin ngekepin uang kerja gua yang gak seberapa. Iyalah gua ini buruh rendahan bener. Mending gua hijrah aja lah ke mana dan habisin duit gua di negara itu ketimbang dikelola manusia macam itu.

Sementara untuk mendapat fasilitas pendidikan di pelosok Jawa… yha~ JAWA ini, orang kampung ujung bergotong royong digerakkan seorang kepala sekolah SD Islam di kampung lain untuk bikin sekolah di sana. Semata agar bocah kecil-kecil tak perlu menyeberang sungai untuk bersekolah. Dan gak isa sekolah jika musim hujan tiba karena luapan sungai menghapus jejak jembatan kecil, mengisolasi mereka.
Sekolah murni kerja keras swadaya masyarakat. Yang diingkari pihak kabupaten supaya rapotnya tak merah.
Belum lagi gua musti ketemu sama kawan gua guru muda yang musti puluhan kilometer menuju SD bawah gunung. Guru yang ngajar kadang cuma satu dua. Digaji … dua kali mahalan lipstik gua. Itupun kadang telat sampai tiga bulan. Apa gak lemes tiap hari ketemu realitas macam gini.

Gua apresiasi negara atau pun lembaga/perusahaan yang serius ngasih kesempatan nyekolahin anggotanya agar berkembang dan kelak melayani kepentingan si pemberi beasiswa tersebut.
Tapi emang gua tahu diri. Gua gak semilitan mereka yang berjuang untuk orang banyak, mbak Butet Manurung, misal, yang membuka akses pendidikan putra daerah dengan mengedepankan kearifan lokal demi menjaga kelestarian komunitas tersebut. Bu Robin, orang asing yang mendermakan hidup untuk kepentingan kesehatan reproduksi ibu-ibu di Bali yang metodenya entah kenapa tak bikin BKKBN pengin ngikutin. Kenalan gua yang anak punk-underground yang bikin pertanian rakyat di pelosok Sumatera. Atau akademisi bidang pertanian yang milih minggir darin industrialisasi pendidikan dan disiplin ilmu yang beliau tekuni karena dianggap malah jadi rayap kapitalis. Dst. dst… banyak sekali orang yang keren banget tapi dianggap gak keren sama sekali.

Pada level ini gua malu sendiri… bukan karena gua ODHA atau pernah masup hotel prodeo. Tangan gua kerja masih buat diri sendiri aja. Belum buat banyak orang. Dan pendidikan tidak melulu soal sekolah yang tinggi. Kendati dari sana akses informasi dan jejaring terbangun. Tapi tetap setara dengan gengsi yang diagungkan. Pun melihat kelakuan orang macam di atas yang bikin syokkkk. Lantas gini juga, semakin banyak yang gua pelajari kalau gak manfaat bener cuma bisa bikin marah tuhan. Di satu sisi, gua ragu … ngapain gua ambil S2 ya… wong kawan gua yang lulusan PTN paling keren di NKRI aja masih absurd-an gua idenya. Bedanya cuma, IPK dia gede pun ijazah dia stempel Depok cabang Salemba. (ampun deh gua berhadapan sama pemburu IPK).
Dan dia butuh stempel buat jadi dosen sih. Tapi enaknya paling di- gua cukup sodorin gagasan penelitian, pura-pura mikir dikit, dia yang kerja dan bikin jurnalnya. Besok-besok gua dapet kopian hasil akhirnya. Ehe~ kalau dia protes gua cukup bilang, “Elah!!! Lu inget ya, lu sekolah duit dari BURUH KASAR MACAM GUA?!”
Syukurlah kawan gua manusia biasa aja. Gak pernah ngebanggain almamater atau status “anak pintar penerima beasiswa”, cuek, lempang. Dan milih PTN dalam negeri ketimbang luar dengan pertimbangan, kualitasnya sama aja.


DISCLAIMER : Omelan tak terstruktur ini terinspirasi oleh Ki Hajar Dewantoro yang menempatkan pendidikan tanpa diskriminasi dan menentang kapitalisasi. Yang masih sangat relevan dengan sekarang. Saya yakin perjuangan beliau bukan soal perjuangan kelas dan lembaga pendidikan bernama sekolah. Meski sangat aktif memperjuangkan Taman Siswa. Tapi semangat memperbaiki kualitas manusia yang sering dianggap manusia separo jika dia bodoh, miskin secara ekonomi, etnis tertentu, dan mempertahankan kearifan leluhur.
Dan semua pejuang pendidikan baik dari pesantren sampai “sekolah liar” (sekolah non-Belanda) di masa yang sama selain di Jawa.

Diakui sebagai manusia gak kudu sekolah dulu kok. Sejauh gua belajar tentang manusia, yang mengenyam bangku sekolah malah semakin berjarak dengan sisi kemanusiaannya. Dan yang manusia lokal pelosok yang kerap diremehkan malah di atas label pandai a la sekolahan, yup! Arif-bijaksana. Gak belajar biologi tapi paham, kalau kau kau angon ternak, batasi sampai luasan dan waktu tertentu. Lalu berpindah dan angon lagi di tempat baru. Biar tanah yang sudah habis sumber pakannya tumbuh dulu. Apa orang modern bilang? Sustainable. Dan prinsip ini diterapkan u/ permakultur. Begitupun terhadap pohon, binatang liar dan sumber daya alam lainnya.

Makanya kalau gua mencibir anak sekolahan kota yang mencibir orang kelas kampung pun pedalaman tentang betapa gak progresifnya mereka, ya gimana… gua ada di situ. Bukan asal ngomong. Sampai saat ini masih gemes aselik.

youtube

Şimdi.. mutluluğun tarifini veriyorum.. koca bir gün bitmiş.. işten çıkmışsın; biraz da yorgun.. e tabi kafada şişmiş; günün telaşlı, yoğun.. eve gelmişsin (sen, olmak istediğin yerde ol, tabi imkanlar dahilinde).. üzerine tüm gün yapışan kıyafetlerden kurtulmuşsun(dışardaysan bunu yapma tabi).. balkona, bahçeye çıkmışsın (evindeysen), ayaklarını uzatmışsın.. günbatımı.. nihayet yaz sona ermektedir, biraz akşam serinliği, biraz bulut (ben şehrimde bu havayı özlemişim).. bi kadeh şarap, bu benim tercihim an itibarıyla (sen tabii ki içmek istediğini iç, çay, kahve, v.s.).. bi yudum çek derin bi nefes al ve kapat gözlerini, o huzuru hisset.. şu müzik, şu şarkı; (çok bilmişler atlamayın, arya olduğunu bende biliyorum) hep bi huzur vermiştir bana yıllardır, hep iyi gelir.. günün ne vakti dinlesem, bana hissetmek istediğimi hissettirir.. hüzünse hüzün, umutsa umut, coşkuysa coşku.. dinledikten sonra asfalyayı attırıp, çok gemileri yakmışlığım vardır.. günün bu saatine yakışacağına eminim.. bana iyi geliyor ama seni bilemem.. işte.. anın ve mutluluğun tarifi.. daha ne si?.. hepi ivinink tuevribadi..

Altı bu, üstü de bu. Hepi bu, topu da bu. Hayat ya bu duvardaki sıva, ya da düştükten sonraki toz. Ya sıvanın duvarda bıraktığı doldurulamaz boşluk ya da düştükten sonra içini doldurduğu toprak.

MASJID SALMAN, RADIKAL SEKALIGUS LIBERAL. (?)

Masjid Salman ITB dikata radikal. Begitu ujar ketua PBNU, Said Aqil Siroj.

Aku tidak lekas percaya jika ia bilang persis begitu. Atau mungkin ia memang bilang begitu, tapi ada konteks yang menyertai. Misal “Hati-hati paham radikal hendak masuk ke Salman. Karena…”,

Salman adalah salah satu pemisalan dan ia tahu jika Salman tidak sepenuhnya seperti itu. Namun konteks obrolannya adalah ‘paham radikal’. Jadi memang tidak ada waktu untuk menjelaskan jika Salman ini ada sisi moderat dan tolerannya…

Kemudian media pun membuat judul cetar: Radikalisme Merambat ke Kampus TERUTAMA Masjid Salman. Mungkin jurnalis media tersebut tidak kenal Salman dan sedang trauma pada insiden bom Manchester saban hari..

Hehe. Mencoba khusnuzon.

But anyway, pemberitaan itu berpotensi membuat Salmanku ini dipandang menyeramkan.

Lucunya, beberapa tahun silam, Salman pernah dilabeli terlalu moderat, liberal..mungkin gara-gara Salman pernah undang dialog dengan pentolan JIL, atau pernah undang pastor untuk sharing filsafat ilmu.

Gila, ya. Pelabelannya bertolak belakang pisan, coi.

Yang jelas, selama 7 tahun jadi 'marbot’ medianya masjid ini, aku ingin memaparkan kenyataan yang aku alami di Masjid Salman.

Bahwa Salman mengajarkanku RADIKAL sekaligus LIBERAL. Yep. IN A GOOD WAY.

Mengapa Salman mengajarkanku radikal? Karena pertama, Salman membuatku berpikir mengajar soal pandanganku terhadap banyak hal.

Radikal, jika kau telusuri di kamus adalah cara berpikir yang mengakar terhadap sesuatu. Radikal bukanlah paham yang mudah mengkafirkan orang lain, radikal bukanlah soal bom di konser Ariana Grande dan whatsoever.

Kata radikal telah disalahkaprahi.

Aku jadi mempertanyakan kemurnian keislamanku, apa aku sudah berislam secara benar? Atau apa makna dari shalat? Apa hikmah dari tidak bolehnya meminum minuman keras?

Atau: Ketimbang berkoar-koar soal kejayaan Islam, mengapa kita tidak mencicil peradaban rahmatan lil 'alamin dari sekarang?

Pertanyaan-pertanyaan yang krusial, berikut pembahasannya ialah dialog tidak tabu di masjid ini. Beragam orang di Salman, baik dari yang anaknya 'aktivis dakwah look a like banget’ atau anak 'hepi hepi’ syar'i kayak si Tristia pun bisa berkomunikasi dan berkolaborasi di sini.

We sometimes debate a bit, tapi kita bisa makan cuankie bareng terus ketawa ketiwi liat foto kucing. Serius.

Sampai ngeplesetin lagu Kesempurnaan Cintanya Rizky Fabian untuk menggambarkan susah payah tapi berkesan jadi anak asrama Salman juga sabi.

Satu hal yang menarik lagi di Salman, udah nggak kaget lagi menemukan anak majelis ta'lim baca buku Noam Chomsky, nonton film Senyap, terus rajin ngapalin Quran.

Ini dia. Karena mengalirnya diskusi dan iklim keterbukaan ini, keimanan pun makin teruji…dan ini menggiringku untuk..

Liberal.

Liberal, bagiku bukan aku muslim terus aku klabing. Atau aku berfree sex. Naudzubillah ya kali. Berpikir liberal adalah pembebasan diri dari berhala-berhala lain selain Allah. Dalam kata lain, liberal adalah cara berpikir merdeka.

Aku belajar untuk berani berbeda di sini. Di Salman, masing-masing individu atau unit digiring untuk berkontribusi.

Memang perkataan ulama dan senior aktivis sangat penting untuk diresap. Namun itu tidak menghalangi kita untuk melengkapi dan mengoreksi pendapat yang sudah ada, sekaligus berkarya sesuai potensi kita.

Kita mengenal alm Bang Imad sang ahli pidato, alm Achmad Noeman sebagai arsitek handal, Feny Mustafa founder Shafira, Busyro Muqoddas, Hatta Radjasa, kawan-kawanku yang rutin bikin pengobatan gratis, kang Iqbal Alfajri dkk yang bikin film layar lebar, astronom Thomas Djamaluddin, jurnalis Farid Gaban, dede-dede seni rupa yang 'nyasar ke masjid’ terus bikin karya-karya audiovisial yang ucul, si Tristia Riskawati yang suka nulis terus kesamber jadi entrepreneur, dann masih banyak lagi–

Akhirul kalam, tulisan ini tidak semata-mata dibuat untuk melawan Pak Said Aqil atau membela buta Salman.

Mungkin benar ada pihak-pihak yang punya pandangan Islam agak setreng, tapi itu bukan representasi Salman menurutku.

Wallahu'alam. Hanya menceritakan apa yang kualami, kupikiri, dan kurasai tentang Salman, untuk menawarkan perspektif yang lebih jernih.

Yuk main ke Salman deh. Ketemu akika and da gank. Ada teh manis gratis sembari keterbukaan diskusi bareng soal Islam yang barangkali masih ngganjel di hati!

#tehmanissalman
#aingradikalyeuh
#liberalsyari
#tersesatdijalandakwah
#maenkemesjidyuk

Günaydın'a dair :)

İki gün önce, daha evvel hiç gitmediğim bir semtin yoğun trafiğinde kavşaktan dönmeye çalışırken, başımı kaldırdım. Yanımda duran otobüste, koltuğa oturabilme şansına erişmiş bir genç kız vardı. Göz göze geldik, gülümsedik. Birbirimize selam verdik başımızla. Sonra ben hızlandım, onun otobüsü gitti.

O kısacık an, iki ruhun selamlaşması.
Dün Selda Bağcan'ın Sevgilerde şarkısını dinledim. Aslında bir Behçet Necatigil şiiri. O kızla göz göze geldiğimiz an aklıma geldi.

Bir bakış bile yeterken anlatmaya her şeyi
Kalbinizi dolduran duygular
Kalbinizde kaldı.

Açın okuyun şiiri, olmadı şarkıyı dinleyin. Bir bakış yakalayın, gülümseyin.

Şiirin son dizeleri: “Vermeye az buldunuz, yahut vaktiniz olmadı”

Bir bakış, bir günaydın, hiç de az değil. Bir günaydınım var, hepi topu sekiz harf ve tek kelime… Ama paylaşırsak hepimize yeter. Dağıtıyorum, açın heybelerinizi: Birbirimizi hiç tanımıyor olsak da günaydın.

Highschool Sweethearts

huge thanks to @i-c-21 for the big wave of inspiration from that takumi fanart she drew lmao ive never felt so alive

1. Admire

She was amazing.

She had the aura of a leader, earning her the title of ‘Class President’. She had the kindness of an angel, earning her the many admiration of boys and girls alike. She had the zest of a predator, earning her the respect of allies and fear of opponents.

She was truly amazing; Takumi always thought that every time he looked at her from the other side of the school building.

And because of that, he bitterly wondered, he knew she would never bat an eyelash over someone like him.

Keep reading

romantis

“We do not see for those who love one another anything like marriage”

Kakak pernah berbagi cerita tentang pengalaman uniknya berkunjung ke sebuah klinik pengobatan di Bandung beberapa taun lalu. Klinik itu berisi sekumpulan ahli pijat yang terampil meredakan cedera akibat berolahraga atau berkendara. Banyak pesepakbola, yang menjadikan tempat ini sebagai “bengkel” otot dan tulang.

Malam itu, kakak mengantar teman perempuannya untuk mengecek nyeri di bagian bahu sehabis terjatuh keras. Terapis yang sedang kebagian jaga bernama Kang Tatang. Ia generasi kedua dari sang pendiri klinik yang telah malang melintang puluhan taun di dunia pijat memijat. Dengan kepribadiannya yang ramah, laki-laki berkumis lebat itu mencairkan suasana tegang dengan obrolan penuh canda.

“A, Teteh ini pacarnya?” tegur Kang Tatang. “Iya, Kang” jawab kakak malu-malu. “Tau enggak siapa laki-laki paling romantis?” kembali ia bertanya. Kaget, kakak cuma bisa nyengir dan menjawab enggak. “Laki-laki paling romantis itu suami. Pas anak-istri pengen liburan nih, dia sadar kalau tabungannya enggak cukup. Banting tulanglah si suami sampai lembur di kantor berhari-hari. Lembur capek enggak? Capek. Pergi liburan? Capek juga. Tapi kebayar lunas sama anak-istri yang hepi walau pergi cuma dua hari dan besoknya kerja lagi. Romantis enggak?”.

Kagum dengan filosofi sederhananya, kakak tertegun. ”Sekarang, tau siapa perempuan paling romantis?”. Kakak masih menggelengkan kepala. “Perempuan paling romantis itu istri. Waktu tau berangkat liburan akhirnya jadi, dia nih yang repot nyiapin tas, pakaian sampai makanan untuk semua. Nyiapin perlengkapan keluarga capek enggak? Capek. Pergi liburan? Capek juga. Tapi kebayar lunas sama anak-suami yang hepi walau pergi cuma dua hari dan besoknya harus ngurus baju kotor lagi. Romantis enggak?”.

Tanpa menyisakan sedikitpun jeda, topik berikutnya lalu digulirkan. ”Tau enggak siapa pemuda paling romantis?”. Lagi-lagi, kakak menunjukkan ketidaktahuannya. “Pemuda paling romantis tuh mereka yang semangat membangun diri dan ngabisin waktu dengan hal positif demi pasangan masa depan yang masih disimpen Tuhan. Bangun diri capek enggak? Capek. Nungguin? Capek juga. Tapi kebayar lunas sama hubungan yang barokah nanti. Romantis enggak?”

Dulu, saya gampang banget menyematkan kata “romantis” sama sepasang kekasih yang mengekspresikan asmara penuh gelora. Sayang, banyak diantara mereka yang romansanya berakhir seketika dan tak berlanjut ke jenjang rumah tangga.

Nyatanya, cerita romantis itu enggak pernah jauh dari jangkauan kita. Bentuknya bukan tulisan, gambar atau film yang ditaburi banyak pemanis buatan. Lihat kedua orang tua kita. Ibu, perempuan tulus yang mengelola urusan rumah supaya semua berjalan mulus. Bapak, pria pekerja keras yang pantang lelah menghidupi seisi rumah. Keduanya memegang peranan penting untuk membudidayakan kasih sayang keluarga dengan penuh tanggung jawab. Kepaduan mereka berdua mengalahkan adegan cinta di sinema manapun.

Kenapa masih mencari episode romantis yang diada-ada?

Saya takjub dengan kebiasaan seorang mentor yang selalu bersikap manis kepada istrinya di usia yang telah menginjak angka 60 taun lebih. Saat kami sedang berbincang santai di pelataran toko, istrinya menghampiri beliau selepas bepergian. Kontan, beliau mendaratkan bibirnya di tengah kening istrinya. Perempuan itu pun menimpali dengan mencium tangan kanan suaminya penuh rasa hormat. “Oh ya, Satria. Ini istri saya. Sudah pernah ketemu belum?” tanya beliau. “Sudah, Om. Taun lalu” jawab saya sambil tersenyum simpul.

“Menurut saya, tiga itu yang disebut romantis. Kasih bunga, kirim cokelat atau sayang-sayangan anak muda yang masih cinta monyet mah bohong. Kebawa sinetron. Kalau betulan sayang mah harusnya dinikahin. Nah, alhamdulillah. Beres nih!tutup Kang Tatang sembari menyelesaikan ikatan perban di bahu teman perempuan kakak.

Maka, wujud lain dari kasih sayang-Nya adalah ditetapkannya pernikahan sebagai hubungan yang menyempurnakan separuh agama, melanggengkan kisah romantis sepanjang hidup sebagai suami-istri dan mendorong setiap kebersamaan yang terjadi sebagai ibadah saat dijalankan dengan penuh ketaatan kepada-Nya. Nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan?