gagalou

Karena segala hal yang kita lakukan dengan sungguh-sungguh, sekalipun terjatuh atau pun gagal. Kamu mungkin kecewa, tapi kamu akan merasakan kepuasan tersendiri. Kenapa? Sebab kamu telah mencoba, sebab kamu telah berusaha.
— 

Fikratus Sofa Muzakkiya

Semangat revisi dan menyusun skripsi untuk kamu yang sedang berjuang menyelesaikan tugas akhir ;)

Konsisten Menanamkan Nilai Kepada Anak :)

Haaaaaai.

Hari ini gw mendapatkan satu pengingatan lagi tentang ilmu membesarkan anak di Sekolah Bermain Matahari.

Jadi, ceritanya, hari ini gw menjadi PJ di SBMatahari. Adapun materi yang diajarkan adalah mengenai indera peraba. Untuk Kelas Uranus, kami membuat game menebak benda yang berada dalam keranjang dengan cara merabanya.

Maksud awal gw adalah untuk menjadikan game lebih menarik dan juga gw ingin kasih sesuatu yang menyenangkan bagi anak-anak itu, akhirnya gw dan Indri sepakat untuk memberikan reward Tango kepada anak yang berhasil menebak benda yang ada dalam keranjang.

Selesai SBMatahari, maka diadakan sesi apresiasi terhadap materi seperti biasa. Fenomena gw memberikan Tango sebagai reward ini pun menjadi bahasan yang cukup menarik yang dibahas sama Kakak Akhyar.

Hasil evaluasi diri yang gw lakukan terkait konsep reward yang tadi gw lakukan adalah:

Pertama, tentang konsep reward itu sendiri secara general. Memberikan reward karena keberhasilan anak adalah sesuatu yang sooooooo jadul yah karena akan membuat anak berpikir bahwa dia berhasil maka ia mendapat reward, anak yang gagal tentunya merasa sedih dan tidak percaya diri karena ia tidak berhasil menjawab sehingga ia tidak mendapat reward. Orang yang mengerti tentang konsep mendidik seharusnya sudah masuk ke level lebih tinggi tentang konsep memberikan reward bahwa reward seharusnya diberikan kepada anak atas sikapnya yang baik, bukan atas keberhasilannya. Contoh: harusnya tadi gw memberikan Tango kepada anak yang berani menawarkan dirinya untuk mencoba menebak benda yang ada dalam keranjang, bukan memberikan Tango karena ia berhasil menebak benda yang ada dalam keranang. So, it’s more about we appreciate their willingness to try, regardless they guess it wrong or correctly. #ntms #ntms

Kedua, tentang konsep reward sebagai Budaya/Nilai di SBMatahari. Nah, ini yang lebih fail lagi sih gwwww. Niatan gw sebenernya pingin kasih makanan ke anak-anak biar mereka happy ehhhhh tapi gw lupa bahwa memberikan reward sebagai makanan bukan culture yang diajarkan SBMatahari. SBMatahari sudah banyak memberikan materi dalam bentuk game, tetapi biasanya kita tidak memberikan hadiah, kita ingin mengajarkan bahwa menjawab dengan benar sudah merupakan suatu kebahagiaan dan reward tersendiri bagi setiap anak. Even, anak dikasih atau digambarkan bintang saja di kertas kerjanya apabila mereka mengerjakan dengan benar, maka mereka sudah sangat senang. Jadi, gw semacam merasa agak merusak nilai yang sudah diterapkan di SBMatahari terkait pemberian reward.

——————————————-

Nah, disini lah gw sadar bahwa konsisten dalam menerapkan nilai kepada anak itu penting. Bayangin dong kalau nanti gw punya anak dan di suatu hari gw marahi dia karena melakukan sesuatu yang tidak benar, tapi di hari yang lain gw ga marahi dia karena mood gw lagi baik atau karena gw mikir “yaudahlah yah, sekali-kali gapapa deh dia ngelakuin itu, namanya juga anak kecil”, yang ada si anak malah akan bingung, “jadi sebenarnya yang aku kerjakan ini benar atau salah? Kenapa kemarin mami marah aku lakuin itu, tapi hari ini mami ga marah?” #jengjeng gaswat banget kannnn kalau terjadi seperti itu. Niat hati mau agak memanjakan anak, tapi yang ada anak malah jadi bingung karena gw tidak konsisten dalam menerapkan nilai kepada mereka.

Nah, untuk bisa konsisten, menurut feeling gw yang paling penting adalah lo harus tahu dulu dong mau lo sebagai orangtua apa, pingin anaknya punya nilai-nilai kebaikan seperti apa, dan harus ingat dengan nilai-nilai yang ingin diterapkan itu. Dan setelah tahu, harus me-list dengan jelas di atas kertas nilai apa yang harus diajarkan itu dan bagaimana caranya. Kalau kita ga punya prinsip yang kuat pastilah kita akan ga konsisten, karena kita “lupa” kalau nilai itu adalah sesuatu yang menjadi nilai di keluarga kita yang ingin kita terapkan kepada anak. Tidak konsisten menurut gw menandakan ga punya ilmunya. Haghaghag #selfkeplak

Yaaaa, kurang lebih itulah evaluasi diri gw hari ini. Gw agak mental breakdown actually dengan perbuatan gw hari ini haha. Maksud hati mau bikin anak happy tapi gw ga sadar malah mungkin sudah membingungkan mereka. Kalau kata Kak Akhyar, bisa jadi si anak membatin, “Hari ini ada apa? Kenapa hari ini aku mendapat Tango ketika menjawab sedangkan di hari lain ketika aku menjawab aku tidak mendapat Tango?”

Tapi, tentu saja hidup ga sekaku itu yaaah. Ada kalanya sebagai orangtua kita kasih pengecualian atau kejutan-kejutan kecil pada anak yang tentunya untuk melakukan ini juga gw masih harus belajar ilmunya, ihiyyyyyy.

Karena selama hidup kita belajar, #eaaaaa *nyomot Quote orang*

Baiklah demikian curhatan aku hari ini. Tomorrow I will be better! :)

BerSEMANGAT!!

Saya dan teman2 di Bandung akan membuat acara ttg Thalassemia, u/ acara ini juga kami membuka peluang kepada siapapun u/ berdonasi. Smg teman-teman yang memiliki rejeki berlebih bersedia menyisihkan dari yg berlebih itu u/ mereka :)

✨Hanya butuh waktu sahabat 5 menit untuk memahami pesan ini :)

❤Pernahkah kamu merasa bahwa MERAH-nya darah yang mengalir di tubuhmu adalah salah satu kenikmatan Tuhan yang sangat layak untuk di syukuri..
❤Tahukah kamu, ada orang-orang di luar sana yang hidup dengan SEL DARAH MERAH yang tidak sempurna?

Dunia menyebut mereka THALASSEMIA.. 👭👬

✅Thalassemia adalah jenis gangguan hemoglobin, dg penyakit antara lain: anemia, pembengkakan hati dan limpa, perubahan wajah yg disebut Facies Cooley’s sampai gagal jantung.. 😫💧

✅Dan belum ada obat untuk penyembuhannya. Penderita hanya dapat bertahan hidup melalui transfusi darah setiap 1 minggu sekali sepanjang sisa hidupnya, dan penyedotan zat besi scra berkala. 💔

✅Penyebaran penyakit ini dapat dicegah dg pemeriksaan darah sedari dini u/ mengetahui apakah darah kita pembawa gen thalasemi atau normal di PMI/lab kesehatan. 🔍🔋

😊Berkaitan dengan peringatan Thalasemia day di Indonesia pada 27 Mei 2015. Kami atas nama eSTe 8 dibawah Ikatan Alumni ITB akan mengadakan acara u/ anak2 penderita thalasemia dg tema “Care and Share” pada 6 Juni 2015 @Kampus ITB.

😊Maka mari tunjukkan kepedulian kita dg berdonasi untuk dpat brbagi kasih sayang dan kepedulian kepada mereka. 🎈🎈 Terimakasih atas perhatiannny, besar harapan jika saudara dapat berpartipasi untuk mereka melalui donasi:

BCA 2332585020
A.n Petti Aulia Mandasari

✅Hubungi 0821-1512-2252 untuk info lebih lanjut..

Alangkah mulianya apabila sahabat berkenan untuk menyebarkan pesan ini 😊
“Happiness doesn’t result from what we get, but from what we give” (Ben Carson) 🎈

baru sebulan jadian, "you're the best gift in my life" | udah 3 bulan? "kamu tuh...

baru sebulan jadian, “you’re the best gift in my life” | udah 3 bulan? “kamu tuh makhluk paling egois tau gak?” #UdahPutusinAja

pas nembak dia, “can’t live without you” | agak lama dikit, “gw pikir penyebab gw mati itu stress sama tingkah lu!” #UdahPutusinAja

pas nonton bareng pertama, “thanks god I have you” | udah bosen, “aku tuh gabisa diginiiiiiin!” #UdahPutusinAja

pas masih bareng, “kamu bagiku, nggak terganti” | pas matahan, “lu pikir lu penting banget? yang mau ama gw banyak taugak!” #UdahPutusinAja

itulah orang pacaran, kalo ngomong nggak pake mikir kalo belum halal | nggak ada ikatan apapun, kemungkinan besar bakal gagal

itulah orang pacaran, memang kayak orang mabok, wong temennya syaitan | kalo ngomong nggak pake dipikir konsekuensinya, gak serius sih

padahal udah banyak kejadian, udah banyak pelajaran, masih gak kapok | udah dilarang juga ama Allah dan Rasul-Nya, masih nekat, hadeeh..

apalagi beginian, “yang rajin shalat ya say, yang tepat waktu yaa..” | lah elu nya malah ngajarin dia maksiat, pie dab?

kalu kamu serius banget bahagiain dia, kasilah kepastian, datengi ayahnya | ngobrol baik-baik gituloh, nego dulu kapan tanggal nikahnya

kalo romantis mah semua lelaki yang ada maunya juga bisaaaa | tapi tanggung jawab? perlindungan? ngajak taat? jauuuuhhhhh

liat aja orang-orang pacaran, tiap pacaran ganti ava | kamu nekat pacaran? ya kamu gak ada beda kayak ava, cuma pajangan bagi dia hehe..

jangan tersinggung, ini nggak nyinggung cuma nyindir aja hahaha.. anggep aja nasihat gandalf hehe.. | serius deh, nggak ada gunanya.. :)

yang cewek, jangan mau dimainin, dimodusin, jangan mau dipacari | kecuali kamu memang demen dijadiin piala bergilir.. :( #UdahPutusinAja

realistislah, berkeluarga itu bukan ranah kemampuan orang pacaran | sama sekali bukan persiapan berkeluarga di jalan Allah, yakin deh

coba compare, liat-liat yang udah berkeluarga, yang sakinah yang mantep | then you’ll see, what kind of MAN you really need.. :D

yaitu yang tanggungjawab, yang melindungi, yang bisa mendidik | yang paham agama, yang ngajak taat, yang nggak ngamukan, itu LELAKI

dan kamu tau satu hal yang pasti? | LELAKI yang bener taat Allah, nggak ngajak cewek maksiat pacaran #UdahPutusinAja

makanya pantaskan diri dulu, kamunya belajar dulu Islam, ngaji Islam | biar kamu tau seperti apa berkeluarga, seperti apa sakinah

lah dianya? ya biar ngaji juga, siapin dirinya | kalo jodoh ketemu lagi, kalo nggak, ada yang lebih baik disiapin dari Allah :)

yasudah gitu aja, akumah apa atuh, dengerin Allah aja jangan @felixsiauw | kalo kamu bener sayang Allah, buktiin ke Allah dengan taat

oya, kalau kamu sudah cinta Allah dan Allah cinta kamu | Allah pilih hamba-Nya yang terbaik mencintaimu karena-Nya, asik apa asik? :D

akhukum
@felixsiauw

Saya sering gagal, sering juga kecewa, tapi enggak suka terkatung-katung lama-lama. Kalau sudah bermonolog, seringnya nemu semangat dengan sendirinya. Tapi kok ya banyak juga yang susah sekali untuk menumbuhkan harapan lagi, susah sekali percaya kalau Dia masih selalu baik. Di situlah kadang saya merasa ‘mbuh’.
Berbesar Hati
  • (Setelah sholat maghrib berjamaah, Kafka menoleh ke belakang memandangi wajah tunduk bundaNya yang sedang berdzikir)
  • Kafka :Bunda..
  • Bunda :Iya sayang
  • Kafka :Aku minta maaf
  • Bunda :Untuk?
  • Kafka :Aku gagal tes beasiswa, aku tidak bisa tahun ini meringankan beban bunda
  • Bunda :..
  • Kafka :Aku minta maaf. Aku sejak jalan dari kampus menuju rumah sudah berusaha berbesar besar hati
  • Bunda :...
  • Kafka :Menerima bhwa ini semua keputusan Allah. Sadar sepenuhnya bahwa rejeki bukan hanya lewat itu. Tetap percaya bahwa kebaikan lain sedang menanti aku.
  • Bunda :...
  • Kafka :Tapi yang membuat hati aku tidak bisa hilang sedihnya adalah mengingat bahwa tahun ini bunda mesti keluar biaya ektra buat aku..
  • Bunda :...
  • Kafka :Aku minta maaf. Aku janji tahun depan akan apply lagi. Aku janji sebagian uang jajan aku akan aku tabung buat bunda. Aku janji, bunda. Bunda.. maaf karena membuat kecewa..
  • Bunda :Nak,
  • Kafka :..
  • Bunda :Satu satunya yang akan membuat kecewa bunda adalah apabila kamu berhenti sholat, apabila setiap melangkah tidak lagi ingat Allah, apabila tidak lagi melihat kamu mondar mandir di kamar sambil hafal ayat baru setiap harinya.
  • Kafka :Iya bun..
  • Bunda :Maka urusan beasiswa ini, bukanlah urusan yang perlu kita resahkan, nak. Mana mungkin Allah pelit pada hambaNya yang selalu ingat padaNya. Mana mungkin nak. Sebab rezeki tidak hanya dalam bentuk uang. Dia kadang hadir dalam bentuk sederhana yang seringkali kita lupa keberadaannya. Entah itu dalam wujud sehat, kebahagiaan, dihindari dari bahaya atau bahkan bisa muncul dalam bentuk nikmat iman yang mungkin tidak semua orang rasakan.
  • Kafka :Iya bun.. Jadi malu sama Allah..
  • Bunda :Jangan kecewa, Allah knows best, sayang.

Banyak berdoa dan mendoakan…hati semakin damai dan tenang.

Sesuatu yg kamu anggap menyakitkan hari ini, dikemudian hari adalah sesuatu yang kamu syukuri karena telah menguatkanmu menjadi seseorang yg lebih baik.

Syaratnya adalah kamu mau belajar menerima takdirNya, belajar bersyukur, dan tetap optimis terus melangkah kedepan dengan tetap berusaha dan tak henti belajar.

Urusan cinta pun seperti itu. Kamu gagal hari ini, nangis hari ini…Terima aja semuanya dengan lapang dada…Meski yg ada biasanya malah ‘Sesak Dada’, gak apalah namanya juga masih belajar.

Sesak hari ini, terima sakitnya…Lapang kemudian…

Selama Allah jadi tujuan kita maka DIA akan mudahkan jalan kita bertemu dgn Cinta sejati kita, jodoh terbaik DariNYA…

Pertanyaannya. Percayakah kamu akan skenarioNya yg Indah?

Jawabanmu menentukan takdirmu :)


via- kang Abay

Allah mengetahui sesuatu yang tidak kita ketahui. Berharap, berdoa, meminta, berusaha, gagal dan terluka. Itu lumrah. Kadang kala kejayaan yang datang bersama titis air mata itu lebih manis nikmatnya dan sangat bermakna ertinya buat kita. Tersenyumlah saat merasakan hidup ini terlalu menyakitkan kerana ada bahagia yang pasti akan datang di penghujung. Jika bukan di dunia, di akhirat sana pasti menanti buat kita. Walau terasa sukar untuk menempuh hari-hari mendatang, bertabahlah.  :)

Walau terpaksa nangis dalam hujan. 

bulan untuk bintang

bintang, di langit ada bulan.
tak selalu tampak tapi selalu ada.
tak selalu sempurna tapi selalu nyata.

bulannya–bagus ya?
sudahkah kau percaya bahwa bulan itu indah?
ah. aku tau. kau pasti sudah percaya sedari dulu.
aku tau. di hatimu kau pemuja rahasia bulan. kau jatuh cinta pada bulan.

bintang, kau bukan punguk.
kau tak perlu merindukan bulan sebab bulan tinggal di langitmu. dia ada di dekatmu.

bintang, kau harus ingat ini.
bulan tak pernah membiarkan malam kesepian.
bulan tak pernah meninggalkan siang sendirian.
tak pernah pergi. selalu gagal bersembunyi.

nyatanya.
bulan tak bisa tanpa bintang.
karena bintang, bulan bersinar.
karena bintang, bulan indah.

Selamanya dimulai dari sekarang

Hello semua! Hari ini aku mau nulis bertepatan di masa dimana kita sedang mempersiapkan rilis-nya album pertama kita di pasaran musik Indonesia. Seperti mungkin kalian tahu, Belakangan hari ini kita lagi sering menjawab wawancara dengan media seputar album ini juga, dan mereka banyak bertanya “Apa makana dari judul album, Selamanya?”

Pertanyaan ini tidak pernah gagal membuat kita bertiga berfikir, dan aku sendiri juga merasa sudah berusaha menjawab sebaik mungkin dalam setiap kesempatan. Tapi tetap saja, entah karena masalah durasi, konteks yang terlalu abstrak, situasi, atau cara komunikasi kita yang kurang jelas (terlalu cepat/terlalu lambat/terlalu ga jelas) rasanya arti dari kata “Selamanya” belum sepenuhnya tersampaikan ataupun dimengerti.

“Selamanya” …

Apa arti kata ini? Siapa yang bisa menjelaskan nya? Susah ya, kata ini seakan punya sisi semangat, harapan, optimisme, mimpi, tapi juga misteri yang hampir tidak mungkin dijelaskan. Percuma, mungkin untuk menaruh satu definisi tetap untuk Selamanya.

Sekarang anggap saja kata ini sebagai bagian dari masa kehidupan kita. Jadi kalau ada “Selamanya” pasti ada juga masa “Lalu”,“Esok” dan “Sekarang”. Cara pandang kita bisa berganti setiap hari tapi “Lalu, Esok, dan Sekarang” akan selalu jadi bagian dari “Selamanya”. Kalau selamanya adalah hasil akhir maka lalu, esok, dan sekarang adalah isi nya - sama dengan lagu-lagu yang diisi bagian bait, reff, juga coda, dll. Sudut pandang ini buat aku lebih menghargai masa “Sekarang” yang aku punya. Tidak ada yang tahu apa yang ada di hari esok - misteri. Masa lalu? sudah pasti tidak bisa diubah. Satu-satunya cara “Selamanya” bisa dirubah adalah dengan merubah cara hidup kita “Sekarang”.

Aku ga bisa ngasih saran atau langkah-langkah emas dalam hal apa aja yang kita harus lakuin (coba tanya Bapak Mario Teguh, atau Bapak Mada Emmanuelle) Yang pasti apapun yang kita punya hari ini, harus disyukuri, dan diusahakan sebaik mungkin, kasih yang terbaik.

Jadi harapanku semoga album ini bisa jadi karya yang berarti untuk kalian. Terutama semua tunist yang sudah mendukung kita selama ini, kalian layak untuk punya album ini. Yang pasti, Semua energi yang kita sudah bangun sampai saat ini harus terus dipakai untuk semua hal yang positif yang membangun. Selamanya dimulai dari sekarang :)

Happy Reulettes Day everyone!!!!  

https://soundcloud.com/reuben-nathaniel/wont-stop-one-republic-cover

Reuben Nathaniel

judulnya gagal move on :))

dibawah cumbuan hujan kita berlari-lari kecil seperti kisah seorang ibu mencari air untuk anaknya di antara safa dan marwah. namun kita tidak sedang mencari air, tapi justru menghindari air. tidak ada payung yang kita bawa, kecuali sehelai jaket kain yang kita gunakan bersama. kita saling tertawa kecil, tersenyum simpul diantara tetes air yang jatuh dari ujung-ujung kanopi daun di sekitar halaman menembus parkiran. seperti biasa aku mengantarmu pulang di kala senja datang menyapa.

aku merindukan hal-hal yang tak disengaja diantara kita, ketika kita pertama bertemu secara tak sengaja, atau saat kita berkenalan tanpa suara. seperti hari itu ketika kita pulang bersama, ditemani hujan yang datang menyapa. diatas motor tua sederhana ini kau menemaniku dari belakang, menembus hujan. kita tak pernah kedinginan, kehangatanmu walau tanpa sentuhan jauh lebih nyaman dari pakaian tebal berharga mahal. aku memilih mengantarmu dengan motor tua dimana kita pertama duduk bersama, berdua.
dengan motor tua ini kita menembus hujan, menjejak jalan-jalan kecil yang licin, berkelok diantara labirin-labirin kecil gang perkampungan. tak ada kekhawatairan, kita masih bisa tertawa, tersenyum simpul diantara percakapan yang entah apa, kau tahu aku bahkan tak mampu mengingat sepatah katapun dari perbincangan itu, tapi memoriku masih menyimpan sederhananya senyuman yang terlukis di bibir tipismu. tapi itu masa lalu.

kini masihkah kau bersembunyi di balik dinding luka yang kita bina bersama ataukah kini kau telah membuka diri terhadap orang lain untuk lebih bahagia. aku tak berharap kau terus menantiku  layaknya malam yang menanti matahari terbenam. aku justru berharap kau bersama dirinya yang wajahnya tak ingin ku tau. maafkan diriku yang memberi tangis dalam jalinan yang kita rajut, maafkan aku yang memberimu bimbang diatas janji setia yang mengambang. aku hanya muncul perlahan sebagai pengecut yang masih bersembunyi dibalik dinding luka yang kita bina.

masih kah kau terbaring dalam kesibukan, menghela nafas kerinduan. atau kini kau tengah bersanding dengan seseorang yang mengalihkan pandangan. nasib memang tak selalu bersahabat dengan keinginan, layaknya kunang-kunang yang tak lagi bersahabat dengan malam. jika saja kota bisa membisu dari desing mesin yang menderu, jika saja kota bisa menjadi gulita dari gemerlap lampu yang menyala. maka masih ada harapan kita bersama. tinggal di ujung desa senyap yang membuat iblis dan malaikat mati karena bosan. sayang, itu hanya mimpi yang terbersit saat angin dingin di bulan mei merayap menembus celah jendela menerpa kulit yang luka. sayang, itu hanya sebuah angan kala gelap malam menyembunyikan kerlip bintang. saat mataku kan terlelap malam ini, aku harap kau tak hadir dalam mimpi seperti tahun lalu di bulan mei. sayang, apa kabar…

disuruh ikut format oleh suhu

Captured by: me 

sisi selatan kaki merapi, 

enam belas mei dua ribu lima belas

dua-puluh-tiga : tiga-puluh

Belum MOVE ON dari gowithepict

Beda loh, gagal move on ama ga pengen move on

“Duh, gue ga tahan euy liat dia ganti foto pp di facebook bareng gebetan barunya,..”
“Galau mulu euy liat last seen di wasap, gua kudu gimanaah??”

Belakangan ini, bocah-bocah di grup keluhannya ini mulu, ampe bosen aink. Buat kasus-kasus gagal move on sebenernya seringkali kita sering yang bikin ruwet. Yes, I know. Perasaan ga bisa diboongin, ga bisa diatur semudah membalikkan telapak tangan. Tapi gaes, actually kita punya kendali penuh atas apa yang kita lihat dan apa yang kita dengar.
Galau akibat liat postingan gebetan/mantan di Fb? Unfollow aja, bro. kalian masi bakal tetep temenan kok di FB dan doi ga bakal nyadar. FB sekarang canggih, kita punya kuasa penuh mana yang pengen kita lihat mana yang engga.
Sama aja sih ama wasap. Sebagian orang galau karena last seen. “Gebetan gue kok ga bales wasap gue yang kemaren yah, padahal dia last seen-nya tadi pagi loh”, ato, “duh, doi last seen-nya semenit yang lalu kalo gue ngewasap dibales ga yah? Apa bakal di read doang????”
Jriiiit, masbro ga pernah ngulik option di wasap, gitu? Coba masuk ke option, terus setting and then masuk bagian account terus pilih privacy. Disana ada pilihan buat ngatur last seen, pp sampai pengaturan buat blocking.
Galau ama last seen? Edit aja settingannya biar last seen ga muncul. Kesel ama yang ganggu mulu di wasap? Blok aja akun nya.
Jangan fokus ke hal-hal yang ga bisa kita ubah. Fokus aja ke hal-hal yang emang kita punya kuasa atas pilihan yang ada.

Eh, aink belum nyiram tanaman btw. Good morning fellas!!
:3

Lagi, Turki lagi

Biarkan Sejarah Bicara

Antara tahun 1845-1852 M kelaparan hebat terjadi di seantero Eropa. Peristiwa itu dikenal dengan “the Great Hunger”. Walaupun bencana kelaparan merata di Eropa, namun kelaparan terparah terjadi di Irlandia dan Skotlandia. Kelaparan ini disebabkan panen kentang yang berulang kali gagal, sementara kentang yang ada diserang jamur berbahaya sehingga tidak dapat dikonsumsi. Selain itu kelaparan juga disebabkan oleh kebijakan pemerintah Inggris yang mengekspor bibit kentang ke wilayah utara serta pemberlakuan tanam paksa dengan harga sewa tanah yang tinggi terhadap petani irlandia, yang saat itu dibawah kekuasaan Inggris.

Akibat bencana kelaparan ini angka kematian meningkat, lebih dari 1 juta orang meninggal dunia, terjadi imigrasi besar-besaran yang membuat jumlah penduduk Irlandia berkurang sebanyak 25%.

Mendengar peristiwa itu Sultan Ottoman Turki Abdul Majid 1 menyatakan keinginannya untuk mengirimkan bantuan sebesar 10.000 sterling demi membantu para petani Irlandia. Akan tetapi Ratu Victoria meminta Sultan untuk mengirimkan 1.000 sterling saja. Permintaan Ratu Victoria memang aneh, sepertinya dia tidak mau terlihat rendah karena sebelumnya hanya mengirimkan 2.000 sterling, jumlah yang jauh lebih kecil dibanding tawaran sultan. Sultan pun sepakat dengan permintaan tersebut. Dia hanya mengirimkan 1.000 sterling, namun secara diam-diam Sang Sultan mengirimkan 5 kapal besar yang memuat makanan, sepatu dan keperluan lainnya.

Mengetahui hal itu, pemerintah Inggris berusaha memblokir kapal yang membawa bantuan tersebut , akan tetapi kapal-kapal itu berhasil berlabuh di pelabuhan Drogheda dengan aman. Setelah mengantarkan kapal tersebut, para pelaut Ottoman meninggalkan pelabuhan Drogheda dan kembali ke Turky.


Atas pemberian itu masyarakat Irlandia menyampaikan rasa terima kasih kepada sultan Abul Majid 1 melalui sebuah surat yang hingga saat ini masih tersimpan rapi di mesium arsip Turky. Dalam surat tersebut para pembesar dan bangsawan Irlandia menyampaikan pujian kepada Sultan, dan berharap agar tindakan Ottoman menjadi contoh bagi negara-negara lainnya di Eropa.
Hingga kini peristiwa bersejarah itu masih sangat membekas dihati masyarakat Irlandia, terutama bagi mereka yang tinggal disekitar pelabuhan Drogheda.

Dan sejak peristiwa itu pula masyarakat Irlandia menganggap Turki seperti saudara sendiri, sehingga tak jarang siapapun yang pernah berkunjung ke Irlandia khususnya ke Drogheda dapat dengan mudah menyaksikan hal-hal yang bernuansa turky, bahkan salah satu club sepak bola Irlandia Drogheda United menjadikan lambang kesultanan Ottoman sebagai lambang clubnya, sebagai penghormatan terhadap kekhalifaan Ottoman Turky.

Mereka bangga dengan lambang tersebut disaat sebagian kaum muslimin bangga dengan jersey berlambangkan salib.

Allahulmustaan. Begitulah jadinya bila islam berjaya.
(Disadur dari: Shalatin Daulah Al-Utsmaniyah)
__________________
Madinah 01-08-1436 H
ACT El-Gharantaly

👆dapat dari temen di grup WA at Türk Telekom Batı-II(Bursa) Bölge Müdürlüğü – View on Path.