duws

9

Raoul & Christine rooftop cuteness (worldwide)

1. Susanne Duwe & Michael Shawn Lewis (Belgium)

2. Monika Sommerová & Bohus Matus (Czech - non-replica)

3. Kim So Hyun & Hong Kwang Ho (?) (South Korea)

4. Jill Washington & Simon Bowman (West End)

5. Elisabeth Berg & Bengt Nordfors (Sweden)

6. Diane Fratantoni & John Schroeder (US Tour)

7. Mary Michael Patterson & Kyle Barisich (Broadway)

8. Irina Baiant & Florin Ristei (Romania - non-replica)

9. Claire Lyon & Anthony Downing (World Tour)

Bapak, aku Ingin Jadi USTADZ

Iseng-iseng oprek-oprek blog dr. Rahmad. Karna niat awalnya ingin cari catatan dr. Rahmad perihal Autoimune. Waktu scroll-scroll cantik tetiba saja menemukan blognya dr. Armando Sidohutomo. Saat itu terlintas dibenak dokter spesialis mata terbaik di Surabaya. Belum pernah diskusi dengan beliau sih, hanya saja dari cerita yang diceritakan dr. Rahmad beliau ini dokter luar biasa. Berasa jodoh aja ketika gak sengaja menemukan blog dr. Armando ((lebay)).
.

Scroll-scroll cantik kembali dimulai. Dan….

Teringat Pembicaraan Dengan Putraku ke 2, Ian, saat naik kelas 2 SMA, 6 tahun yang lalu, saat rutin makan malam bersama,
I : Bapak, maaf saya ijin, kalau boleh mau keluar dari SMA 5 setelah kenaikan kelas
B : (makanan di mulut lgsg hambar, datar dan tawar), (Gak kolu nelan) maksudmu ???
I : saya ingin sekolah di Madinah, saya ingin jadi Ustadz
B : (Yang dimulut lgsg tak telan), minum buanyaaaak, sampek keselek) Kamu jadi Ustadz siapa yang ngajak ?? (Nada Interogasi )
I : Gak ada, saya sendiri yang pengen
B : Kamu gak pengen jadi dokter taaah ? Kan kamu pinter, lembut, baik budi bahasamu, ramah sama orang dan bisa banget melayani orang lain seperti Masmu
I : (Sambil senyum) Kan gak sama bapak, seperti Bapak bilang, semua manusia spesifik dan Istimewa
B : (wuik, mak jleb, omonganku dipakai mengcounter aku) (cerdas ! Tapi mangkelno) Kamu kalau jadi dokter akan sangat berguna dan bermanfaat menyembuhkan banyak orang pastinya
I : Dokter menyembuhkan badan, Ustadz menyembuhkan Hati kan Bapak, Insya Allah bermanfaat
B : (Praaaaang, berkeping2 hatiku)(Air mata mulai menetes, aku nelongso anakku gak mau jadi dokter) Sekolah di Arab itu sulit lho, bahasa, budaya beda dan puanasnyaaaaa luar biasa
I : Bapak yang ngajarin, GAK ADA YANG GAK BISA KALAU NIAT MENGGELORA
B : (Mbrebes mili buanter) Nanti kalau jadi Ustadz, penghasilanmu berapaaaa ? Sedikit sekali !!! (Nada meninggi) Istri dan anakmu gimana membiayainya ???
I : Bukannya Bapak yang mengajari hidup mandiri, seCUKUPnya, SeBUTUHnya, dan bahagia tidak ada korelasi dengan harta ???
B : (Aku nangis pelan) Apalagi alasanku supaya kamu jadi dokter ya Ian ?
I : Ikhlaskan Ian jadi diri Ian sendiri ya Bapak, ini pilihan hidup Ian
B : (Nangis banter) Aku mau kamu tetap di SMALA sampai lulus, perjanjiannya gini aja, baru sesudah lulus SMA dengan nilai baik, kamu berhak menentukan kemanapun kamu mau (Wis gak duwe pilihan liyo, tapi berharap bisa merubah niat)
I : (perlahan memeluk dan mencium pipiku sambil ikut menangis) Asal Bapak ikhlas dengan pilihan Ian, Saya tetap sekolah SMALA dan lulus dengan baik, Matur nuwun, pangestunya.
Saat ini dia baru pulang dari Madinah, besar, tegap, gagah, hafal 27 Juz, sudah beberapa kali jadi Imam di banyak masjid, mengisi Khutbah Jumat, taraweh, Buka bersama dll, dan tiap kali aku melihat Ian jadi Imam, air mataku selalu tak terbendung lagi, Ian dengan segala kelebihan dan kekurangannya menyadarkanku akan kurangnya pengetahuan dan amalan agamaku, Allah mengutusnya untuk mengingatkanku

Barakallahu fiik untuk tulisannya dr. Armando Sidohutomo. Entah kenapa Ngejlebbb ketika membacanya.

08 Ramadhan 1438 H || 03.06.17 || catatan andromeda nisa

S I M B O K

“Mbok, kita kan sekarang cuma tinggal berdua, kenapa simbok tetap masak segitu banyak? Dulu waktu kita masih komplet berenam aja simbok masaknya selalu lebih. Mbok yao dikurangi, mbook…ben ngiriit..” kataku dg mulut penuh makanan masakan simbokku siang ini: nasi liwet anget, sambel trasi beraroma jeruk purut, tempe garit bumbu bawang uyah, sepotong ikan asin bakar, dan jangan asem jowo. Menu surga bagiku.

Sambil membenahi letak kayu2 bakar di tungku, simbok menjawab, “Hambok yo ben toooo…”

“Mubazir, mbok. Kayak kita ini orang kaya aja..” sahutku

“Opo iyo mubazir? Mana buktinya? Ndi jal?” tanya simbok kalem. Kadang aku benci melihat gaya kalem simbok itu. Kalo sudah begitu, ujung2nya pasti aku bakal kalah argumen.

“Lhaa itu?, tiap hari kan yo cuma simbok bagi2in ke tetangga2 to? Orang2 yg liwat2 mau ke pasar itu barang??” aku ngeyel.

“Itu namanya sedekah, bukan mubazir.. Cah sekolah kok ra ngerti mbedakke sodakoh ro barang kebuang..”

“Sodakoh kok mben dino?! Koyo sing wes sugih2o wae, mbooook mbok!” nadaku mulai tinggi.

“Ukuran sugih ki opo to, Kir?” Ah, gemes lihat ekspresi kalem simbok itu!

“Hayo turah2 le duwe opo2..Ngono we ndadak tekon!”

“Lha aku lak yo duwe panganan turah2 to? Pancen aku sugih, mulo aku iso aweh…”.

Tangannya yg legam dg kulit yg makin keriput menyeka peluh di pelipisnya. Lalu simbok menggeser dingkliknya, menghadap persis di depanku. Aku terdiam sambil meneruskan makanku, kehilangan selera utk berdebat.

“Le, kita ini sudah dapat jatah rejeki masing2, tapi kewajiban kita kurang lebih sama: sebisa mungkin memberi buat liyan. Sugih itu keluasan atimu untuk memberi, bukan soal kumpulan banda brana.

Nek nunggu bandamu nglumpuk lagek aweh, ndak kowe mengko rumongso isih duwe butuh terus, dadi ra tau iso aweh kanthi iklas.

Simbokmu iki sugih, le, mben dino duwe pangan turah2, dadi iso aweh, tur kudu aweh.

Perkoro simbokmu iki ora duwe banda brana, iku dudu ukuran. Sing penting awake dewe iki ora kapiran, iso mangan, iso urip, iso ngibadah, kowe podo iso sekolah, podo dadi uwong.. opo ora hebat kuwi pinaringane Gusti, ing atase simbokmu iki wong ora duwe tur ora sekolah?”, simbok tersenyum adem.

“Iyo, iyoooooh..”

“Kowe arep takon ngopo kok aku masak akeh mben dino?”

“He eh.”

“Ngene, Kir, mbiyen simbahmu putri yo mulang aku. Jarene: "Mut, nek masak ki diluwihi, ora ketang diakehi kuwahe opo segone. E….mbok menowo ono tonggo kiwo tengen wengi2 ketamon dayoh, kedatangan tamu jauh, atau anaknya lapar malam2, kan paling ora ono sego karo duduh jangan..”.. ngono kuwi, le.

Dadi simbok ki dadi kulino seko cilik nyediani kendi neng ngarep omah kanggo wong2 sing liwat, nek mangsak mesti akeh nak ono tonggo teparo mbutuhke. Pancen niate wes ngunu kuwi yo dadi ra tau jenenge panganan kebuang2… Paham?“

Aku diam. Kucuci tanganku di air baskom bekas simbok mencuci sayuran. Aku bangkit dari dingklikku di depan tungku, mengecup kening keriput simbokku, trus berlalu masuk kamar.

Ah, simbok. Perempuan yg ngga pernah makan sekolahan dan menurutku miskin itu hanya belajar dari simboknya sendiri dan dari kehidupan, dan dia bisa begitu menghayati dan menikmati cintanya kepada sesamanya dg caranya sendiri.

Sementara aku, manusia modern yg bangga belajar kapitalisme dgn segala hitung2an untung rugi, selalu khawatir akan hidup kekurangan, lupa bhw ada Tuhan yang menjamin hidup setiap mahluk yg bernyawa.

Simbokku benar, sugih itu kemampuan hati utk memberi utk liyan, bukan soal mengumpulkan utk diri sendiri.

Semoga betmanfaat.

Yoghurt advocaat kwarktaart

Wat heb je nodig?
1 beker roeryoghurt (500g)
½ fles advocaat
8 blaadjes gelatine

Voor de bodem
1 grote beker muesli
5 dadels ontpit
2 el gesmolten kokosolie
1 tl Kaneel
1 tl Kardemom
1 tl honing
Bakpapier
Hoge bakvorm

Decoratie
Grote paaseieren (Hema)
Merengue mini (Lidl)
Kleine paaseitjes (Lidl)

Hoe maak je het?

We beginnen met de bodem te maken. Bekleed de bodem en de zijkanten van je bakvorm met een bakpapiertje zodat de taart makkelijk los komt als hij klaar is, ik gebruikt altijd een beetje olie zodat het bakpapier makkelijk op zijn plek blijft zitten.

Doe in een keukenmachine de muesli samen met de dadels, kaneel, kardemom, honing en de kokosolie. Zet hem op de hoogste stand en maal alles fijn. Als het goed is wordt het een plakkerig geheel. Dit verdeel je over de bodem van je bakblik met de bolle kant van een lepel. Duw goed aan zodat er geen lucht tussen gaat zitten en zet de bodem daarna even in de vriezer.

Week ondertussen de gelatine blaadjes. Meng de beker roeryoghurt samen met een halve fles advocaat. Voeg de advocaat in kleine beetjes toe zo kan je tussendoor even proeven of je hem niet te heftig vind qua smaak. Houd er wel rekening mee dat als de taart opgesteven is hij minder sterk smaakt door het toevoegen van de gelatine. Verwarm in een steelpannetje de gelatine met 1 el van het water, als de gelatine is opgelost kun je dit door het advocaat yoghurt mengsel roeren. Haal de bakvorm uit de vriezer en stort het mengsel op de bodem, zet hem even (min of 5) in de koeling voordat je hem gaat decoreren.

Decoratie
Voor de decoratie heb ik 2 grote chocolade eieren (Hema) gebruikt. Ik heb de eieren gehalveerd door een mes te verwarmen zo kun je makkelijk de eieren in tweeën delen zonder ze te breken. Een aantal van de merengue heb ik boven de taart verkruimeld en een paar over de taart verdeeld.

Laat de taart na het decoreren minimaal een uur in de koelkast opstijven!

Eet smakelijk!

2

“They all deserve to die. Tell you why, Mrs. Lovett, tell you why! Because in all of the whole human race, Mrs. Lovett, there are two kinds of men and only two. There’s the one staying put in his proper place and one with his foot in the other one’s face. Look at me, Mrs Lovett! Look at you! No, we all deserve to die… Even you, Mrs Lovett, even I! Because the lives of the wicked should be made brief. For the rest of us death will be a relief. We all deserve to die… And I’ll never see Johanna, no I’ll never hug my girl to me… FINISHED!”Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street (2007)

Aku ora ngerti apa masalahmu.
Sliramu sengaja ngadohi aku.
Yen sliramu wis duwe kang luwih sreg ning ati tinimbang aku, aku lila.
Nanging tak suwun aja lunga tanpa kandha-kandha.
—  Iki ati sing ditekani. Aja didadike tamba bosen. Sabanjure ditinggal tanpa tilas.