ciroyom

Berbagi di Rooftop Pasar Ciroyom

Selamat Libuuuuuur! *mahasiswa telat libur*

Fakultas yang pake sistem blok itu memang sesuatu, giliran temen-temen yg lain udah pada liburan kemana ini baru beres ujian kemarin *pukpuk untuk uli*. Oiaaa minggu yang lalu aku berhasil daftar di dua kegiatan Vold (VolunteerDoctor)! salah satunya yaitu kegiatan di Pasar Ciroyom.

Jadi pada hari Sabtu (29/6) aku ikut kegiatan Vold di Pasar Ciroyom, lebih tepatnya di Rooftop Pasar Ciroyom alias lantai paling atas pasar. Jadi dilantai paling atas Pasar Ciroyom itu ada ruangan terbuka yang luaaaaaas sekali, selain ada mesjid diatas juga sering dipake anak-anak pengamen untuk sekedar bermain bola. Pasti pada ga tau kan?? naah ini juga pertama kalinya aku kesana looh. Karena lokasinya yang deket sama Bandara, kita juga bisa liat pesawat landing loooh!

Lantai atas Pasar Ciroyom

Sampai di lokasi sekitar pukul 14.30 WIB dan itu udah telat sebenernya karena malah yang gelombang atas udah pada nunggu. Ga lama setelah kita datang, banyak adik-adik kecil lari-lari cari yang namanya ka Ainun. Ternyata Ka Ainun itu adalah kaka asuh mereka dari Rumbel Bersahaja. Oia sebelumnya aku mau cerita dulu mengenai adik-adik disana, jadi latar belakang mereka disana itu berbeda-beda, ada yang anak jalanan di sekitar pasar ciroyom dan juga rel kereta api. Aku sempet denger kalo anak-anak disana ada yang masih ‘nge-lem’ dan memang betul loh! salah satu dari segerombol anak-anak itu ada yang nundukin kepala terus ke dalam bajunya, ternyata Lem aibon tersebut mereka simpan di dalam bajunya jadi ga terlalu keliatan sama orang-orang. Sedikit serem tapi justru ini menantang sih karena pertama kalinya berinteraksi langsung sama mereka.

Karena panitia yang dari Jatinangor kejebak macet akhirnya aku ngajak main anak-anak kecil disana buat main “Suit samson”, ini suit aku pelajari pas ada kegiatan Bdgbermajar. Rame banget lah pokoknya, semuanya pada antusias sama permainan baru ini dan pada minta lagi dan lagi buat ngulang permainan ini. Tapi aku menyeraaaaah aku capeee, maapkan akuuu adik-adik.

Kemudian setelah panitia yg dari jatinangor tiba, kita langsung mulai kegiatan pertama yaitu pembagian kelompok. Aku yang diminta jadi MC langsung membagi-bagi kelompok, huoo kalo ga dibantu ka Ainun aku bisa kewalahan ngurusin mereka karena mereka itu tipikal yang ga bisa diem gitu lah pokoknya. Tapi dibantu panitia lain juga jadi lumayan terkendali. Kemudian setelah dibagi-bagi, tiap kelompok segera menuju ke tempat pemeriksaan plak gigi, jadi masing-masing anak akan diberikan cairan merah di mulutnya lalu diharuskan kumur-kumur agar seluruh giginya rata terkena cairan merah tersebut..

beberapa adik lainnya yang menunggu, sambil diajak bermain oleh kakak-kakak pendamping

setelah diberikan cairan merah, lalu satu-persatu diperiksa giginya oleh kakak-kakak dari FKG

kemudian setelah adik-adik diperiksa giginya, mereka antri untuk mendapatkan sikat gigi karena kegiatan selanjutnya yaitu sikat gigi bersama dengan cara yang baik dan benar…..

sikat giginya serius amat dek, hehe

adik-adik menunjukan gigi bersihnya setelah sikat gigi

setelah kegiatan sikat gigi bersama seharusnya ada acara penyuluhan mengenai cuci tangan, tapi karena cuaca diluar hujan besar dan hari sudah sore jadi kita semua langsung membuat lingkaran untuk berdoa, lalu foto-foto dan ada pembagian bingkisan :)

chibi-chibi……

Terima kasih panitia Pokja Ciroyom sudah memberikan kesempatan buat gabung di program ini. Sedih kemarin udah daftar kegiatan PAS Salman tapi ternyata bentrok sama kuliah huhu. Semoga kegiatan selanjutnya lebih lebih dan lebih lagi. Semoga semangat memberinya juga tidak hanya sampai disini :)