and aisyah

THE QUEST FOR LOVE

Relationships has never been something I’m brave enough to write about, especially in public. The love between a man and a woman to me is very personal. Add religion into the equation and it just becomes very sacred to me. I do not wish to write too long, since I have classes tomorrow at 9am and it’s exactly 4.30am right now. However, I just need to let a few things off my chest because it has been bothering me for quite a while now. Also, due to my hectic schedule, this is the only time I have to write- though I swear to god I’m super sleepy right now

Before we jump into the topic, yes I am single. Have I ever been in a relationship? The answer is also yes. I know how it feels like to love and be loved the same way I know how it feels to be completely shattered. You see, different people have different definitions of love. I strongly believe that the people we fall in love with can sometimes reflect the kind of person we are. For instance, I really value religion, knowledge and ambition. Thus, if i were to marry someone, I look for someone with these exact characteristics. I want someone who has the same goals that I have. Someone who will not only fight with me to succeed in this world, but also in the hereafter. I need someone who works just as hard as I do, not someone who is always tired and only cares about sleep. No more time should be wasted with whiny and lazy ambitionless boys. If you’re serious to pursue a relationship, look for a man.

If there’s one thing a relationship has taught me, it is the importance of maturity when it comes to love. NEVER indulge in a relationship just because it’s a ‘nice’ feeling. If you want to be with someone might as well be with a person who will help bring the best out of you, spiritually, mentally and also emotionally. If the relationship you are in is leading you towards the haraam, leave. No buts. It is just the end of a toxic relationship, not the end of the world. 

By the way people, it is perfectly OKAY to be single. I have been single for over a year now, and wallahi I have never been this happy and I have been achieving so much. I always tell my friends that when you are single, you have 27 hours a day. What it essentially mean is that you’ll have more time for yourself. I know some people who can only seek comfort in the presence of their significant other. After one relationship ends they feel the need to jump into another. Chill people, chill. Take a breather. You don’t need another person to feel sufficient. Try to be comfortable and at peace with yourself with or without a relationship. You have the rest of your life to be spent with your significant other, so while you’re single, might as well really embrace/enjoy it.

Okay last point before I hit the sack, never settle. Ya Allah I can’t stress this enough. Being single is better than being with the wrong person. As they say, it’s better to wait long than marry wrong. If we dont know what we deserve, we will always settle for less. But to deserve more, we should first be more. Build your character before you choose to build a family. Study hard, learn new skills, take up a hobby, read more, travel. There’s so much that can be done when you’re single for your personal development. Take care of yourself. Your health, spirituality, intelligence, akhlak (good character) etc & inshaAllah you’ll get someone who’d do the same for you.

Jim Rohn once said, “The greatest gift you can give somebody is your own personal development. I used to say, ‘If you will take care of me, I will take care of you.’ Now I say, ‘I will take care of me for you, if you will take care of you for me”.

I know this entry is all over the place, but I’m half awake so do forgive me. I hope you find this post helpful. As for me, call me philophobic but I am personally afraid to be in a relationship again. But when the time comes, I hope the guy I end up with will be proud with the lady I have become. If you happen to read this, whoever you may be, please know that not a day passes that I don’t make do’a for you, and for us. Wherever you are in this world, I hope you are also striving to be your best self. May Allah make it easy for us to find our way to each other. See you when I see you!

Ending this cringey post with one of my favorite quotes from Rumi,

‘Lovers don’t finally meet somewhere. They’re in each other all along.’

Lots of love,

Aisyah

2

THE QURAN TEACHES US TO BE OPTIMISTIC

I always find myself questioning the things I do, even if I was the one who opted to do it from the beginning. I frequently ask myself whether I’m doing the right thing. Whether there’s any good in the things I choose to put myself in. The school I go to, the activities I join, the events I attend, the friends I choose to keep. Are my decisions going to benefit my future or are they just a waste of time? I wonder if I’m really doing anything right these days. You see, I have always had this fear in me. This fear I can’t specifically explain. I often am afraid if I make the wrong choices, especially when I have to make big important life decisions. What if my plans don’t work out? Who will I be in 10 years? Will I ever really figure it out?

I hate self-doubt. You know when they say we are our own biggest critics, they’re hella right.

Sometimes, the plans that I have for myself, are not exactly the plans that Allah has for me. I get myself in a relationship, and it ends tragically. I take up a course I thought I’m good at, and later fail miserably. I apply for a scholarship, but then find out I was rejected. I plan to graduate on time, but got sick and am told to defer my studies. All these circumstances, it all leads to self-doubt. Will I ever be good enough for anything?

A few days ago, I was reading Surah Al-Kahf and stumbled upon a verse that struck a chord with me. It was so beautiful I made it my phone’s wallpaper lol. The verse goes:

إِلَّا أَن يَشَاءَ اللَّهُ ۚ وَاذْكُر رَّبَّكَ إِذَا نَسِيتَ وَقُلْ عَسَىٰ أَن يَهْدِيَنِ رَبِّي لِأَقْرَبَ مِنْ هَٰذَا رَشَدًا 

“Except “if Allah wills.” And remember your Lord when you forget & say “May my Lord guide me to what is right” (18:24)

Perfect timing. This verse isn’t only a do’a but also a statement of optimism. “Asa” according to the arabic language is a verb used to express hope. Subhanallah, Allah is teaching us that the most fundmental thing we need is His guidance. He is teaching us that in the end, He knows best what is good for us and all we have to do is give our best in the things we do. The rest is Allah’s job. I learnt that if we do what is good, our effort will never go to waste, even if things don’t turn out the way we want it. Our compensation is with Allah. 

The verse screams optimism. It says “when you forget” because whenever something bad/failure befalls us, we tend to lose hope. We are bound to feel lost & confused. Been there a lot of time. So this powerful verse is telling us ‘no, don’t give up, hang in there and ask Allah to guide you’. He created us, He created the stars and the universe, so He definitely knows what is best for us. Whatever happens yesterday, stays there. If we have failed in the past, that failure should not dictate our future. 

“Amazing is the affair of the believer, verily all of his affair is good and this is not for no one except the believer. If something of good/happiness befalls him he is grateful and that is good for him. If something of harm befalls him he is patient and that is good for him” (Saheeh Muslim #2999)

So I guess we will never really have all the answers, but it’s perfectly okay, What we do know is that we can always ask Allah to guide us to what’s the best for us.

As long has we put our trust in him, we are in good hands.

Khadijah atau Aisyah?

17. Khadijah itu lembut, penyabar, penuh pengertian, & dukung penuh perjuangan. Tapi tak semua lelaki mampu beristeri jauh lebih tua.

18. ‘Aisyah: cantik, cerdas, lincah, imut. Tapi tak semua lelaki siap dengan kobar cemburunya nan sampai banting piring di depan tamu

Yang mana? Khadijah atau Aisyah?

ada yg memilih Khadijah. Jadi yg memilih Khadijah, Seperti apa, Khadijah itu?

Lembut, Penyayang, Keibuan, Pegertian, Penuh dukungan, rela mengorbankan harta jiwa untuk menyokong perjuangan suami, terpercaya mengurus rumah ketika ditinggal suami pergi. LUAR BIASA.

“Mau yg begitu? mau ya??” - tanya ustadz salim

“Baik. saya doakan antum benar2 mendapatkan yg seperti Khadijah. YANG LEBIH TUA PUN TIDAK MASALAH :D” “ya Kalau minta sesuatu itu kan yg lengkap ya?!” tambahnya. 

Atau mau seperti Aisyah?

Cantik,  Cerdas, Pinter, Lincah, Imut2, Sporty..

Oiya, sporty, kenapa?

Cerita sama Khadijah, gak ada ceritanya Rasulullah lomba lari sama Khadijah, gak ada. Adanya lomba lari sama Aisyah. Pergi ke fitnes bareng gak ada itu ceritanya sama Khadijah, adanya sama Aisyah. Pergi nonton, gak ada ceritanya sama Khadijah, adanya sama Aisyah. Nonton tari tombak di masjid. Saling bersandaran menempelkan pipi sama pipi. berdua. (Jangan itu yg dibayangkan!!!)

Mau yg seperti Aisyah?

Saya do'akan. (Kok jd gak mau? “pasti belakang ada tapinya ini..”)

Iya. Siapkah dengan sifat pecemburunya Aisyah.

Banting piring di depan tamu. Oiya, bagaimana suatu ketika Rasulullah sedang menjamu tamuya dengan piring2, kemudian tamu itu baru makan, baru mengambil makanan di atas piring itu, tiba-tiba Aisyah datang, mengambil piring itu dibating di depan tamunya, “PRAKKKK….”

Siap-siap piring plastik kalau begitu.

Kenapa? Tapi antum bayangkan Rasulullah, ada orang sedang menerima tamu, datang istrinya membanting piring di depan tamu, biasanya ingin menyelamatkanharga dirinya sendiri dengan caranya memarahi istri. iya kan?Tapi Rasulullah apa yg dikatakan? Senyuuum aja sambil mengatakan “Maaf ya, ibu kalian sedang cemburu”.

CUMA BEGITU.

biasanya gak ada rumah tangga ikhwah yg istrinya mengatakan ke suaminya ,“Kamu itu cuma ngaku-ngaku ….(titik2) )

Tapi Aisyah, sampai membuat para ahli hadits bingung, karena ada di riwayat rumah tangga Rasulullah itu Aisyah pernah berkata kepada Nabi,

“Kamu itu cuma ngaku-ngaku Nabi!”

itu kan ulama bingung. Ini maksudnya bagaimana? Orang istri sendiri kok meragukan keNabi-an suami. Mana mungkin Aisyah meragukan kenabian Muhammad saw, suaminya. Maka untungnya dijelaskan oleh pakar psikologi kalau “Bahwa itu kalimat yg diringkas”. Jadi orang itu kalau marah kalimat aslinya bukan begitu. Kalimat Aisyah bunyinya adalah “Aku tau kamu Nabi, tapi kenapa hari ini aku tidak merasakan kasih sayang, cinta, keadilanmu, dan semua perilaku kebaikanmu yang mencerminkan bahwa kau Nabi. Knapa hari ini aku tidak merasakan itu?”

Nah, itu kalimat kalau buat marah kan kepanjangan.

Loh, kita ini kan cenderung suka meringkas ya. memang di dunia wanita kecenderungannya ada yg membuat kalimat tidak langsung yg diringkas. itu kadang2 berbahaya. kalau suaminya tidak faham. Tapi tenang saja Nabi waktu itu mengatakan, “maafkan aku.”

Nah, siap dengan Aisyah yg seperti itu? Saya doakan.

Nah, artinya apa teman-teman? saya ingin mengambil ibroh,

Nabi saja yg sempurna, laki-laki paling baik, mendapatkan istri yg juga tidak sempurna. Maka yg kita cari bukan yg sempurna, tp yg TEPAT.

Dan tepat itu tdk harus sama. “saya itu beda jauh sama dia. karakternya gak mungkin cocok kayaknya.”

Siapa yg bilang? Rumus kecocokan itu macam2. Ada rumus kecocokan itu kesamaan, memang ada. Ada yg kemudian disebut sebagai keseimbangan. Panas yg sangat tinggi ketemu dgn kebekuan yg sangat  menggigilkan, jadinya kehangatan. itu namanya keseimbagan. Jadi anda jangan heran kalau ada “Ih..itu karakternya bumi dan langit lho. kok bisa ya nikah?” gitu. BISA SAJA.

atau ada juga yg beda, bukan beda berlawanan tp yg satu seperti hujan yg turun, yg satu seperti tanah yg subur. maka tumbuhlah buah2an. Itu kegenapan.

Bukalah ruang seluas-luasnya. Jadi jika anda jatuh cinta hari ini, jangan jatuh cinta pada satu orang tapi pada yg banyak sekalian.. :D

Jangan bilang “Aku tidak mungkin jatuh cinta pd org yg demikian!”

Kalau anda memang harus jatuh cinta, saya sendiri menyarankan anda untuk bangun. Tapi jika harus mengalami proses jatuh dulu, jatuhnya yg banyak sekalian..

jd ada yg tanya, “istikharah itu jawabannya pedomannya apa?”

saya juga tidak tau. “Apa mesti mimpi?”

Jadi kata Imam Syafi'i: selisihilah hawa nafsu.

Maksudnya apa?

Kalau memilih setelah istikharah, selisihilah hawa nafsu. Kalau ada biguung saking bingungnya selisihilah hawa nafsu.

disadur dari kajian pranikah ustad Salim A Fillah 

anonymous asked:

Assalamu'alaikum mas.. Mas gimana nanti menghadapi istri yg sedang ngomel atau istri yg lagi ngambek??? Kalau dinasehatin istri ngerasa disalahkan Kalau diam istri ngerasa ndak dipedulikan Complicated banget mas.. akan sangat membantu kalau mas mau jawab.. Syukron ☺

Wa’alaykumussalaam wr wb, Ladhalah, lha ini gimana to? Yang ditanya aja belom punya istri kok ya ditanya gimana menghadapi istri, *disitu kadang saya tersadar bahwa sepertinya memang sudah terlalu lama sendiri :(

Tapi sebenernya, udah punya beberapa amunisi dan rencana strategis untuk menghadapi hal itu, hhe~
Tak kasih beberapa aja, jangan banyak-banyak, cari sandiri lah…

Perihal perselisihan atau marahan di dalam keluarga itu udah pasti bakal ada. Tinggal bagaimana kita menikmati dan menyikapinya. Asalkan tau adabnya, saya yakin bahwa marahan itu gak akan berlangsung lama, tapi bakal jadi tempat untuk saling memaafkan setelahnya. Ini beberapa hal yang mungkin kelak coba dilakukan.

1. Buat MoU di awal pernikahan 

Di awal mungkin baiknya kita mohon maaf, jika nanti ada suatu hal yang tidak mengenakkan di hatinya, entah karena kata-kata yang salah, atau emosi yang kurang terarah. Namanya manusia sebaik apapun pasti ada aja khilafnya dan salahnya.

Jika nanti kita tersadar dari khilaf dan kesalahan, maka tidak perlu sungkan atau gengsi untuk segera dan saling meminta maaf. 

Perjanjian ketika marah :

a. Nanti kalau marah gantian, gak boleh barengan.
    Kalau satu marah, yang lain dengerin dulu sampe selesai. 

b. Kalau marah ndak boleh melewati lebih dari satu waktu shalat
c. Jangan marah di depan anak-anak
d. Jangan bawa-bawa keluarga
e. Ndak perlu ungkit-ungkit yang sudah-sudah, marah untuk hal itu saja

2. Saat si dia marah

a. Dengerin dengan baik, jangan dijawab, jangan dinasihatin atau dibalas marahnya, karena percuma, orang yang lagi marah emosinya gak terkontrol, dikasih tau apa juga gak bakal masuk.

Gimana klo kita pandangi aja wajahnya dengan pandangan teduh penuh pengertian, lalu kalau udah selesai bilang..

“Udah selesai ‘yang’ marahnya? Kamu tau gak? Kamu makin cantik klo lagi ngambek, makin imut klo lagi manyun :)” ~

b. Klo beberapa saat setelahnya masih ngambek juga, godain aja, “Ciee yang lagi ngambek, ciee yang lagi sewot..uhuk..” ~

c. Senyumin, deketin, pencet idungnya, lalu suruh dia berdoa..

Rasulullah biasa memijit hidung Aisyah r.a, jika istrinya marah. Beliau berkata, “Wahai Tuhanku, Tuhan Muhammad, ampunilah dosa-dosaku, hilangkanlah kekerasan hatiku, dan lindungilah  diriku dari fitnah yang menyesatkan.” (HR.Ibnu Sunni) *Coba yang ini dicari redaksinya, saya belum sempet cek lebih jauh klo yang ini

Masih ada beberapa strategi sebenernya, tapi itu dulu aja~

Nomer 2 Poin A sama B udah saya coba ke ukhti kecil wkwk~

Ketika Aisyah Tak Diberi Segelas Air Putih Oleh Rasulullah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah seorang suami yang sangat meninggikan kedudukan para istrinya dan amat menghormati mereka.

Namun, ketika berselisih, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah melibatkan emosi. Ketika sedang marah kepada Aisyah, Beliau berkata, “Tutuplah matamu!”

Kemudian Aisyah menutup matanya dengan perasaan cemas, khawatir dimarahi Rasulullah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Mendekatlah!” Tatkala Aisyah mendekat, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian memeluk Aisyah sambil berkata, “Humairahku, telah pergi marahku setelah memelukmu.”

Tidak pernah ada kalimat kasar dan menyakitkan dalam rumah tangga Rasulullah. Bahkan, beliau biasa memijit hidung Aisyah jika dia marah, sambil berkata,

“Wahai Aisyah, bacalah do’a, ‘Wahai Tuhanku, Tuhan Muhammad, ampunilah dosa-dosaku, hilangkanlah kekerasan hatiku, dan lindungilah diriku dari fitnah yang menyesatkan’,” (HR Ibnu Sunni).

Suatu hari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pulang dari perjalanan jihad fisabilillah diiringi para sahabat. Sementara itu di pintu gerbang kota Madinah, Aisyah radhiyallahuanha menunggu dengan rasa rindu.

Akhirnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba di tengah kota Madinah. Aisyah radhiyallahuanha bahagia menyambut suami tercinta. Tiba di rumah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam beristirahat melepas lelah.

Aisyah di belakang rumah sibuk membuat minuman untuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu minuman itupun disuguhkan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Beliau meminumnya perlahan hingga hampir menghabiskan minuman tersebut tiba tiba Aisyah berkata: “Yaa Rasulullah biasanya engkau memberikan sebagian minuman kepadaku tapi kenapa pada hari ini tidak kau berikan gelas itu?”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam diam dan hendak melanjutkan meminum habis air digelas itu. Dan Aisyah bertanya lagi, “Yaa Rasulullah biasanya engkau memberikan sebagian minuman kepadaku tapi kenapa pada hari ini tidak kau berikan gelas itu?”

Akhirnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan sebagian air yang tersisa di gelas itu, Aisyah radhiyallahunha meminum air itu dan ia langsung kaget terus memuntahkan air itu.

Ternyata air itu terasa asin bukan manis. Aisyah baru tersadar bahwa minuman yang ia buat dicampur dengan garam bukan gula. Kemudian Aisyah radhiyallahuanha langsung meminta maaf kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

“Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Lelaki yang paling baik di antara kalian adalah yang paling baik terhadap istrinya,” (HR Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

Dari Abu Hurairah Radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam Bersabda: “Saling Berpesanlah kalian untuk memperlakukan Wanita dengan Baik,

Karena sesungguhnya Wanita itu Diciptakan dari Tulang Rusuk, Dan Sesungguhnya yang paling bengkok dari tulang rusuk itu adalah bagian Atasnya,

Jika engkau bersikeras untuk meluruskannya, Niscaya engkau akan mematahkannya. Dan jika engkau biarkan, ia akan tetap bengkok, Karenanya saling Berpesanlah (saling menasihati) Berkenan dengan Wanita,” (HR. Bukhari dan Muslim).


~*

Kau mungkin bisa memahami banyak bidang ilmu, namun tidak untuk memahami hati seorang perempuan. Beberapa orang bahkan dari kaum mu pun akan mengatakan bahwa hati seorang perempuan itu seperti cuaca. Dan seorang laki-laki mau tidak mau harus menerima perubahan cuaca setiap waktunya.

Tapi entah kenapa, setiap kali baca sirah Rasulullah selalu saja dibuat senyum-senyum sendiri. Betapa manis sekali akhlak beliau terhadap istri-istrinya. Rasulullah mah gitu orangnya hehe..

Cukup,. Buku sirah kesekian kali ini tamat. Kita sambut buku selanjutnya (soksokan)..

Merapikan kenangan || 07.27
6

BEFORE YOU FLIP TABLES

Yesterday was the perfect example of a bad day for me. It was one of those days where nothing just seems to work, you forget everything, you lose stuff, everything goes out of hand, and just as you thought the day couldn’t possibly get worse, something else comes up. Let’s not go into details, suffice it to say the day was just horrendous.

I did, however try my best to stay positive. Told my friend Jaido who was with me that day everything that happened since morning. After hearing me rant about my miserable Sunday, she suddenly lit up- which definitely was a strange reflex. Uhm, hello, why are you happy over my suffering? Her answer was life-changing. She answered, “because your suffering means better things are coming!!!”

That positivity was so admirable MashaAllah. Her words instantly made me feel better. It was somewhat magical because I could have sworn I felt like trash two seconds before. The amount of faith she has for God is so profound. Another lesson I learnt that day was, sometimes we focus too much on the problem, we become somewhat blind towards the blessings existing concurrently. Allah says in the Quran, with hardship comes ease. WITH and not AFTER. SubhanAllah, Jaido was definitely a blessing. She was simply heaven-sent. I’m so fortunate to have such optimistic friends who knows just the right things to say when I’m at my lowest.

When He removes something in your possession it is only in order to empty your hands for an even greater gift. - Ibn Qayyim

So if you’re having one of those days, remember, BETTER THINGS ARE COMING!

*cues “Jason Mraz - Life is Wonderful” in the background*

Love, light and laughter,
Aisyah Shakirah


(Shots taken that very day at Masjid Wilayah by @atiq259 on instagram)

ĐOÀN THỊ HƯƠNG..!

anh lưu lại tấm hình này để sang năm face nó nhắc
có thể khi face nhắc thì em đã từ giã cõi đời
em là điệp viên? hay em như bao bạn gái
tầm tuổi em đang mưu sinh lưu lạc quê người ?

em vô tình trong một trò chơi?
hay em được Triều Tiên huấn luyện?
anh không biết, chỉ biết em là một công dân Việt,
đất nước 90 triệu người mà hôm nay không ai bên em

đất nước mang hàng ngàn tấn gạo giúp Philippin
đất nước có người đi gìn giữ hòa bình cho Liên hiệp quốc
mà sáng nay chỉ có em và ánh nhìn cô độc
chỉ một mình em đơn độc đến đớn đau

anh lưu lại tấm hình này để ngày này năm sau
sẽ nhắc anh rằng đất nước cả vạn luật sư mà sáng nay không ai bên em cả
đất nước có cả vạn tấm lòng hào hiệp thế
mà sáng nay giật mình, sao đơn độc riêng em ?

anh lưu lại tấm hình này để ngày này sang năm
nếu không may em không còn trên cõi đời này nữa
anh sẽ nhớ nước mình với “những ngày vỉa hè rực lửa”
và ánh mắt đớn-đau-cô-độc chỉ mình em !!!

1-3-2017

- Le Duc Duc.

Trong khi đó thì một quan chức ngoại giao của Indonesia, ông Erwin, đã gặp bị cáo Siti Aisyah và nói: “Cô ta không đơn độc. Indonesia sẽ luôn ở bên cô.” (CNN)

Kutipan-kutipan Buku Aisyah: Wanita yang Hadir dalam Mimpi Rasulullah

“Jangan buat Aisyah sedih,” katanya.
Itulah… sekali lagi dia memanggil ku dengan namaku. Sebenarnya, saat itu kepalaku tertunduk, keningku dipenuhi banyak pikiran. Aku tak memandang wajah seseorang pun, tapi kalimat pendek itu… “Jangan buat Aisyah sedih,” membuatku tertegun. (Pg. 75)

“Kau… telah diperlihatkan kepadaku dalam mimpiku.” Rasulullah berkata seperti ini kepadaku. (Pg. 88)

Tidur nyenyak Rasulullah lebih manis daripada madu, selalu terlihat menyenangkan hati. Aku takut melepaskan tangannya ketika tertidur. Bila terbangun tengah malam, aku mencari-cari dengan tanganku yang gemetaran. Kedua mataku terbakar seperti orang buta bila tak menemukannya. Aku menangis seperti orang buta. Setiap kali ketika ujung jariku menyentuhnya, ah… di waktu tanganku tak bisa memegang tangannya untuk menemukan dirinya di gelap malam. (Pg. 94)

Kerinduan… aku tahu apa itu kerinduan di hari-hari hijrah. Aku bersyukur kepada Allah yang telah memberikan kerinduan ini kepadaku, yang mengubahnya sebagai sekolah diri. Kedewasaan, tumbuh besar untuk orang lain tak hanya di masa-masa awal kanak-kanak. Berapa pun umur kita, musibah-musibah yang menimpa diri kita merupakan petualangan kedewasaan sebagai jalan pengajaran.

“Perpisahan ini menjadi tabir bagi Aisyah,” ucap ibuku.

“Perpisahan ini adalah mahkota pengantin, mahar bagi Aisyah,” ujar ibuku untuk meringankan bebanku. (Pg. 121)

Kebenaran itu seperti berkah yang terpancar dari niat tulus seindah gunung-gunung, tanpa menanti balasan apapun. Kebenaran ialah ketulusan di dalam senyap-senyap burung yang kelelahan terbang, keledai-keledai yang menyimpan susu, seluruh sayap dan hewan berkaki empat, sampai kepada para pengembara dan orang-orang lemah.

Kebenaran merupakan balasan yang bersih.

Kebenaran… sebuah pernikahan. Mahar. Kebenaran kata-kata.
(Pg. 142)

Rasulullah tersenyum. Setiap senyum Rasulullah bagiku adalah hari pernikahanku. (Pg. 142)

Kakakku bertanya kepada Rasulullah, “Jika seseorang menolak karena rasa sopan santun meskipun sebenarnya menginginkannya, kemudian mengucapkan terima kasih, apakah itu juga dihitung dan dicatat sebagai kebohongan, ya Rasulullah?”

Rasulullah sekali lagi menjawab pertanyaan itu dengan senyum. “Kebohongan tetap akan tercatat sebagai kebohongan.”
(Pg. 146)

Dia memanggil ku “Uwais!” ketika dirinya bahagia. Beliau suka memainkan hidungku sambil memanggil, “Aisyahku.” Saat dirinya lelah, beliau berkata, “Bicaralah wahai Humaira.” Begitu aku berbicara ke sana-kemari seperti arus air, raut-raut sedih di wajahnya hilang satu per satu.

Ketika menatap, dia seakan-akan melihat darah yang mengalir di pembuluh darahku. Luar dan dalamku satu bagi Rasulullah. Seluruh kewanitaanku, kecemburuanku, kemanjaanku, keingintahuanku, dan ketidaksabaranku terlihat jelas.

Bila berusaha menarik perhatian ku, dia akan berkata, “Wahai putri Abu Bakar, bukankah ini seperti ini…” atau “Wahai putri Ash-Shidiq, bukan seperti itu, tapi seperti ini.” Ketika membicarakan diriku pada orang lain dan Rasulullah berkata begini, “Ibu kalian hari ini berkata seperti ini…” itu berarti ada sesuatu hal yang aku perlu ubah.

Rasulullah menjelaskan satu per satu kepadaku, sabar mendengarkan ku, berbagi kebahagiaan ku. Tanpa kusadari, Rasulullah mengajari diriku seperti seorang murid. Sementara itu, aku selalu rindu kepada Rasulullah meskipun berada di sisinya. Aku tak bisa melewati hidup tanpa Rasulullah ketika aku tidur di sampingnya. Bahkan ketika kedua mataku tertutup pun aku menghitung satu per satu hela napasnya. (Pg. 148)

Aku tak pernah makan melebihi apa yang dimakan Rasulullah. Aku takut dan menjauhi hal-hal duniawi. Apa yang kami dapatkan dari hal duniawi, apa yang bisa kami lakukan dengan api. Rasulullah sudah merupakan sumber kehangatan dan sinar bagi kami.” (Pg. 152)

Tanpa Rasulullah, aku seperti seorang anak kecil yang menggigil kedinginan dalam kegelapan. Kadang-kadang bila malam hari ketika harus berpisah dengan Rasulullah, aku ingin pergi dari dunia ini. Tanpa Rasulullah, udara tak berembus. Pagi tak kunjung tiba di hari-hari tanpa dirinya. Cinta Rasulullah adalah oase di tengah-tengah padang pasir. Sebuah oase yang terpancar dari surga. Bayangkan sendiri apa yang terjadi jika terjadi perpisahan. (Pg. 152)

“Aisyahku, aku tahu kapan kau marah kepadaku.”

“Bagaimana mungkin aku marah kepadamu, ya Rasulullah?”

Dia menyentuh lembut daguku dan menatap dalam-dalam kedua mataku sambil tersenyum.

“Ketika kau benar-benar marah kepadaku, kau berkata, ya Tuhannya Ibrahim, sementara kalau kau baik kepadaku, kau akan berkata, ya Tuhannya Muhammad. (Pg. 156)

Rasulullah tersenyum sambil memainkan hidungku.
“Bicaralah wahai Humaira…”

Dan aku sering bertanya kepada Rasulullah, “Apakah engkau mencintaiku?”

“Iya…”

Aku terdiam sebentar, tapi terasa lama seperti beribu-ribu tahun. Dia menggelengkan kepalanya, mengajak aku berbicara.

“Seberapa besar engkau mencintaiku?”
“Seperti titik-titik yang terlempar ke kain sutra…”
“Maksudnya…”
“Seperti titik-titik yang tak terlihat…”

Jawaban ini seperti sebuah bintang yang dalam seribu tahun sekali turun ke dalam hatiku, penuh dengan cinta.
Kadang-kadang bintangku jatuh. Aku ingin memperbaharui cintaku dengan kata-kata. Dalam bentuk isyarat aku bertanya kepada Rasulullah yang berada dalam kerajaan cinta, “Bagaimana dengan titik kita yang tak terlihat?”

Sambil tersenyum dia menjawab: “Seperti hari pertama…” (Pg. 194)

Para pemuda suka bertanya kepadaku mengenai diri Rasulullah. Aku malah balik bertanya begini kepada mereka, “Apa kalian tak pernah membaca Alquran? Rasulullah itu adalah Alquran yang berjalan.”

Perkataan Rasulullah itu seperti penerang yang terang-benderang. Ia membuka cakrawala. (Pg. 202)

Aku selalu merasakan bahwa hujan itu bermaksud menghapus seluruh kesedihan manusia. Ia memadamkan kobara api kesedihan, rasa letih peperangan, dan rasa asing… (Pg. 251)

Lantas Rasulullah balik bertanya lagi kepada para sahabat: “Menurut kalian dari sisi keimanan siapakah yang paling kuat?”

“Para malaikat ya Rasulullah…”

“Malaikat memang diciptakan untuk beribadah kepada Allah.”

“Para nabi ya Rasulullah…”

“Wahyu turun kepada para nabi dari Allah…”

“Kalau begitu para sahabat…”

“Kalian adalah para sahabat yang bertemu dan berbicara secara langsung dengan nabi kalian…”

“Kalau begitu siapakah itu orang-orang yang beriman kuat ya Rasulullah?”

“Umatku di akhir zaman yang beriman kepadaku dan mencintaiku tanpa mengenalku dan melihatku.”

Mencintai Rasulullah segenap hati, beriman kepadanya, berusaha berjalan di jalannya, merupakan martabat iman yang paling tinggi.
(Pg. 255)

Sering kami berdua bekerja bersama-sama. Misalnya, ketika aku memintal kain wol, dia memperbaiki sandal-sandal kulit. Ketika aku memasak, Rasulullah mengambilkan kantung air yang tergantung di tembok dan mengisinya dengan air. Masakan kami tak pernah lepas dari tanaman-tanaman beraroma. Aku membaca Alquran dari hapalanku, sementara Rasulullah mendengarkan aku. (Pg. 264)

Suatu hari mendadak seorang Badui datang menemui Rasulullah di masjid. Ternyata dia telah menempuh perjalanan panjang untuk sampai ke sini. Entah siapa yang tahu persis bagaimana mereka menceritakan mengenai diri Rasulullah kepadanya. Dia masuk ke masjid dan setelah beberapa saat menatap Rasulullah badannya mulai bergemetar. Aku mendengarkan seluruh kejadian itu dari kamarku.

“Jangan takut,” ucap Rasulullah kepada orang Badui itu. “Aku bukan raja. Aku putra seorang perempuan Quraish yang makan daging dikeringkan di bawah sinar matahari.” (Pg. 277)

“Apakah kau mencintai Aisyah?”

“Iya, aku mencintai Aisyah…”

“Bolehkah aku bertanya satu pertanyaan lagi?”

Sekali lagi dia menganggukkan kepala sambil tersenyum. Seakan-akan bintang-bintang bertaburan di kepalanya ingin mendengarkan pembicaraan kami.

“Bagaimana engkau mencintai Aisyah?”

Beliau malah terdiam seperti malu. Beban hidup dirinya sudah sangat berat. Dia adalah seorang jendral. Hatiku sesak ketika dia malah mempercepat langkah untanya maju untuk pergi. Sungguh terlalu banyak pertanyaan yang aku utarakan.

Mengapa aku melakukan hal ini? Mungkin mati lebih baik bagiku…

Kemudian dia menunduk seakan-akan tahu bahwa aku menatapnya. Entah bagaimana mendadak dia memutar balik untanya dan memacu cepat-cepat dan berkata kepadaku, “Seperti hari pertama…”

Kemudian dia mengangkat tangannya tinggi-tinggi ke udara memberikan salam kepadaku dengan pesona seorang pejuang yang mendapatkan kemenangan
, lantas berputar cepat menuju ke arah pasukan yang berada di barisan paling depan. (Pg. 287-288)

“Sungguh! Aku tak akan berterima kasih kepada kalian maupun kepadanya. Aku hanya bersyukur dan berterima kasih kepada Allah yang telah menurunkan ayat mengenai diriku dan telah menjauhkan diriku dari fitnah-fitnah itu.” (Pg. 316, setelah akhirnya turun ayat dari Allah kepada Rasulullah yang membuktikan kesucian Aisyah dari fitnah karena “Kalung”.)

Dunia selalu membuat pusing dan tak pernah berhenti bagi orang Mukmin. Bagaimana mungkin bisa berhenti? Dunia merupakan penjara, gelanggang tempat ujian, bagi orang beriman. (Pg. 333)

“Jika kalian memang benar-benar seperti yang kalian katakan, aku akan mengajarkan lima hal lagi sehingga perilaku baik kalian menjadi dua puluh.”

“Silahkan ya Rasulullah!”

“Jangan kau kumpulkan apa yang tidak kalian makan. Jangan dirikan bangunan yang tidak kalian tinggali. Jangan berselisih satu sama lain karena perbedaan. Jauhilah hal-hal yang tak diperintahkan oleh Allah. Berlombalah dalam kebaikan.”

Rasulullah juga sering menasihati kami seperti yang dia lakukan kepada para utusan.

“Dunia adalah tempat ujian yang melelahkan,” ucapnya.
“Selain dari orang yang menjauhi larangan Allah, mereka takkan selamat dari tangan-tangan dunia.” (Pg. 346)

‘Ya Umar!’ ucapnya. ‘Kau bertanya soal bekas anyaman dalam tubuhku, padahal kelembutan setelah sesuatu yang keras itu sangat nyaman. Kau sedih karena atap ruangan ini pendek, padahal atap kuburan akan lebih pendek daripada ini. Kita meninggalkan hal duniawi ini kepada ahli dunia, sementara itu mereka menyerahkan akhirat kepada kita. Aku dan dunia itu seperti tentara berkuda yang melakukan perjalanan di tengah musim panas. Tentara berkuda yang letih karena terik panas matahari itu berteduh di bawah pohon, kemudian melanjutkan perjalanan dan meninggalkan tempat itu. Kisra dan Kaisar adalah seorang raja, sementara aku seorang nabi. Aku hanyalah hamba Allah. Aku duduk seperti seorang hamba, makan seperti seorang hamba…’ (Pg. 393)

“Ada berapa emas, Aisyah? Di mana kau menaruhnya?”

Aku lari membawa emas itu kepadanya. Aku seperti juru tulisnya. Rasulullah mengambil emas dari tanganku kemudian mulai menghitung.

“Lima… enam… tujuh…”

Rasulullah menaruh emas-emas itu di telapak tanganku kemudian menutupi dengan jemarinya. “Selama emas ini berada di sini…” katanya.

Kedua mataku terbuka, menatap kedua mata Rasulullah.

“Selama emas ini berada di sini… bagaimana Muhammad bisa pergi ke hadapan Allah?”

Anak panah terlepas dari busurnya, tertancap tepat di tengah-tengah dadaku. Tubuhku membeku. Lidahku tertelan sambil bersandar. Tubuhku mulai bergerak mundur. Seakan-akan dunia berada di tanganku dan tanganku seakan-akan hilang karena beratnya.

“Ambillah ini semua, segera infakkan emas ini…” ucap Rasulullah.
(Pg. 425)

Aku adalah Aisyah di masa-masa sulit.

Aku tak pernah merasakan pernikahan lagi selama masa-masa hijrah.

Hari pernikahanku yang sebenarnya adalah hari wafatku, hari ketika aku bertemu dengan rahmat seluruh alam, Rasulullah, orang yang aku cintai.

Aku bersaksi pada perintah Allah, kenangan Rasulullah, wasiat dan amanah Alquran, tidak ada Tuhan melainkan Allah, dan Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.

Aku adalah Aisyah.

Aku adalah Aisyahnya Muhammad.
(Last page)




Membaca kisah Rasulullah dari sudut pandang dan kacamata Aisyah, seperti membaca sebuah diary dan surat cinta dari seorang istri untuk mengenang sosok suami tercintanya :)

Suami Mulia

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang terbaik terhadap keluarganya (istrinya). Dan aku adalah yang terbaik diantara kalian terhadap keluargaku. Tidaklah memuliakan wanita kecuali orang yang mulia. Dan tidaklah menghina wanita kecuali orang yang hina.” (H.R. Ibnu ‘Asyakir)

Suatu hari, datanglah seorang laki-laki ke rumah Amirul Mukminin Umar bin Khatab untuk mengadukan istrinya. Beberapa saat lamanya ia sedang menunggu di depan pintu, kemudian ia mendengar suara istri Amirul Mukminin sedang marah kepada suaminya. Tetapi Umar diam dan tidak menyahut.

Kisah lain datang dari lelaki terbaik, Muhammad SAW.
“Tutuplah matamu!” Kata Rasulullah suatu ketika, saat sedang marah pada Aisyah. Aisyah menutup mata dengan perasaan cemas, khawatir dimarahi Rasulullah. Rasulullah SAW berkata, “mendekatlah!”
Tatkala Aisyah mendekat, Rasulullah kemudian memeluk Aisyah sambil berkata, “Humairahku, telah pergi marahku setelah memelukmu.”

Dari dua kisah diatas, hal yang bisa kita ambil hikmahnya adalah suami yang mampu menahan rasa marahnya pada istrinya.

Suami yang mulia salah satunya adalah mereka yang menjaga lisan dan tangannya dari melukai istrinya. Hal lain yang menjadikan suami mulia adalah mereka yang mampu mendengarkan.
Maka, sering kita jumpai keluhan seperti ini.
“Saya tidak merasa didengarkan,” kata istri.
“Saya sudah mendengarkan!” Kata suami.

Mendengarkan adalah hal yang lebih susah dilakukan dibanding berbicara. Semua ingin didengarkan sedangkan sedikit sekali yang mau mendengarkan.

“Engkau tidak akan pernah mampu mencukupi manusia dengan hartamu. Maka cukupilah mereka dengan wajah yang ceria dan akhlak yang baik” (hadits dalam kitab Al-Mustadrak 'alaa Shahihain)

Mendengarkan adalah akhlak yang baik. Menjadi suami yang mulia bukan hanya mencukupi secara materi tetapi juga dengan akhlak yang baik, termasuk kemampuan mendengarkan.

Mendengarkan perlu hati yang lapang dan jiwa yang penuh pengertian. Fisik perlu disertakan. Mata, wajah, mulut dan seluruh tubuh juga mendengarkan. Kontak mata menjadi sangat penting agar istri merasa didengarkan.

Beberapa hal yang perlu dihindari saat mendengarkan istri adalah:
1. Memotong pembicaraan
2. Menghakimi
3. Menerangkan tanpa diminta
4. Menasihati tanpa diminta

Perempuan saat bercerita lebih membutuhkan telinga yang nyaman untuk tempat bercerita dibandingkan nasihat-nasihat atau solusi dari permasalahan.

Menjadi baik perlu diupayakan, pun juga untuk menjadi suami yang baik. Selamat berbenah dan semoga Allah meridhoi. (tw)

Sumber : Baarakallahu Laka Bahagianya Merayakan Cinta


SUPERMOM’s NOTE
Edisi #marriedbydesign 29 04 2017

🍥🍥🍥🍥🍥🍥🍥🍥🍥🍥
💌Email: supermom.wannabe1(at)gmail(dot)com
💌 Fanpage FB: Supermom Wannabe
💌 Twitter & Instagram: @supermom_w
💌 Tumblr: supermomwannabee(dot)tumblr(dot)com
💌 WhatsApp: +6285725105272

DO'A RASULULLAH ﷺ UNTUK KITA

Pada suatu ketika, dikatakan Baginda berdo'a untuk Sayyidatina Aisyah membuatkan dia gembira dengannya.

Nabi berdo'a : “Ya Allah ampunkan untuk Aisyah binti Abi Bakar apa yang telah dilaluinya juga yang belum dilalulinya, apa yang disembunyikannya juga yang nyata dan pada yang zahir juga batin.

Dikatakan Sayyidatina Aisyah hampir terbang kerana gembira. Didapati tanda-tanda kegembiraan pada wajahnya.

Nabi bertanya : "Adakah kamu gembira wahai Aisyah ?” Dia Sayyidatina Aisyah menjawab : “Benar wahai Rasulullah. Bagaimana aku tidak gembira, sedangkan inilah do'amu untukku.”

Baginda Rasulullah bersabda : “Inilah do'aku untuk umatku setiap malam, Setiap malam aku berdo'a untuk umatku dengan do'a-do'a seperti ini.”

Shallallahu ‘alaihi wa sallam wa baarik 'alaihi wa 'ala alih

Betapa penyayangnya Rasulullah, betapa perindunya Baginda, dan betapa pengasihnya Baginda.

(Al-Habib Umar bin Hafidz)

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم

SILA SHARE DAN SEBARKAN

I wish to share something I discovered in 2016, which I find very profound and liberating; It is that God, unlike human beings, will never compare you to anyone else. He’ll only compare you to you. Who you were yesterday, who you are today, and who you will be tomorrow. Your only competition is, well, you.

Allah is not looking for perfection, but simply progress and realistic improvements within ourselves. With this in mind, you don’t have to worry about what people think, how great other people are and instead focus on your own personal (spiritual, physical etc) development, at your own pace. You will learn to accept that Allah has created everyone very differently, and that is okay. I used to have this self-limiting belief in what I can do, especially in UM law school where everyone is just freaking smarrrrt. So instead of ‘I’m gonna try my best’ I say 'there’s no use, there’s always going to be someone better’. I know, dumb and damaging indeed.

But Alhamdulillah towards the end of 2016, thanks to positive and supporting friends, I realized how important it is to have faith, both in God and myself & managed to incorporate a more positive psychological premise. Take it easy, but take charge. Work very hard. And by Allah’s grace and mercy, you will get what you want. He is just waiting to answer your prayers.

2016 was hands down the toughest yet most beautiful year in my life. I had my first ugliest heartbreak, got terribly sick & depressed, restricted to join so many activities & lost the people I love. But I also had my best semester in law school, performed well in class, had the best ramadan in my 22 years, found spectacular friends, bestowed with exciting opportunities and the list goes on. So no regrets. I’ve gotten over grieving on what is not meant to be mine, done crying buckets over things that are not in my control and now just looking forwards to be a better Muslim, and human being as a whole.

Thank you everyone for 2016, I am absolutely blessed beyond measure. Wishing all of you a kick-ass 2017.

With love & admiration,
Aisyah Shakirah Suhaidi

Cita, Cinta Allah

ditulis oleh ustadz @salimafillah

Empat anak muda duduk melingkar di dekat Ka'bah. Yang tiga kakak beradik putra Hawari Rasulillah ﷺ, satu lagi adalah putra Al Faruq yang begitu mirip ayahnya. Mereka saling mengungkap cita dan doanya kepada Allah.

“Aku ingin menjadi Khalifah, mengembalikan kepemimpinan ini ke Hijjaz, lalu melayani orang-orang yang berhaji dan berumrah”, ujar ‘Abdullah ibn Zubair, si sulung putra Asma’ Dzatin Nithaqain.

“Aku ingin tinggal di 'Iraq, di antara kota-kotanya yang megah, tamannya yang indah, dan tanahnya yang subur, dengan 2 wanita tercantik di dunia ada di sampingku sebagai istriku; Sukainah binti Husain ibn 'Ali dan 'Aisyah binti Thalhah”, sahut si tampan Mush'ab ibn Zubair.

Pemuda ketiga, si bungsu, hanya tersenyum saja mendengarkan kakak-kakaknya. “Bagaimana denganmu Dik?”, tanya sang Abang. “Apa citamu?”

“Ah aku hanya suka ilmu”, jawab 'Urwah ibn Zubair dengan mata berbinar, “Aku ingin mengambilnya dari sahabat-sahabat Rasulillah yang masih ada, lalu kubagikan pada siapapun yang menghendakinya.”

Bagaimana dengan 'Abdullah ibn 'Umar ibn Al Khaththab?

“Aku ingin diampuni Allah”, lirihnya dengan air mata menitik.

Sejarah mencatat bahwa Allah menggenapkan semua yang mereka citakan. “Semua tercapai”, tulis Imam Adz Dzahabi dalam Siyaru A'lamin Nubala, “Dan kita meyakini bahwa Ibn 'Umar juga telah Allah ampuni.”

'Abdullah ibn Zubair dibai'at menjadi Khalifah di Makkah ketika di Damaskus Yazid menggantikan Mu'awiyah. Sepanjang sisa usianya, dengan seluruh jazirah Arab selain Syam dalam daulatnya, 'Abdullah ibn Zubair melayani kaum muslimin dalam ibadah-ibadah mereka, hingga Al Hajjaj ibn Yusuf datang dan membunuh beliau, lalu kekuasaan menyatu ke tangan faqihnya Bani 'Umayyah, 'Abdul Malik ibn Marwan.

Mush'ab ibn Zubair juga berhasil menyunting dua wanita shalihah nan jelita, putri dari dua sahabat utama seperti doanya. Sayang, sebagai penguasa 'Iraq beliaupun mati muda karena terbunuh di Kufah. Sampai Sukainah mengatakan pada penduduk Kufah, “Kalian meyatimkanku ketika aku kecil, dan membuatku menjanda ketika aku dewasa. Kalian membunuh Ayahku, Kakekku, Pamanku, Saudara-saudaraku, dan kini Suamiku.”

Adapun 'Urwah ibn Zubair menjadi murid kesayangan bibinya, Ummul Mukminin 'Aisyah Radhiyallahu 'Anha juga Abu Hurairah dan Anas ibn Malik, lalu menjadi satu di antara 7 fuqaha’ Madinah rujukan ummat.

Semua gambaran kehidupan ini diringkas dengan indah oleh Ibn Qayyim Al Jauziyah:

‏بدون الأحلام لن نصل لشيء
بدون الحب لن نشعر بشيء
بدون الله نحن لا شيء

Tanpa mimpi, kita takkan mencapai apa-apa.
Tanpa cinta, kita takkan merasai apa-apa.
Tanpa Allah, kita bukanlah apa-apa.

******

Baca ini tiba-tiba ingin menitikkan air mata. Bila ditanya keinginan saya hari ini, jawabnya adalah:

“saya ingin diampuni Allah dan bermanfaat untuk ummat hingga menutup usia serta meninggalkan amal-amal baik yang terus mengalir”

semoga Allah memberi keistiqomahan dan sakinah (ketenangan) di hati dalam menuju-Nya.

AMALAN SEBELUM TIDUR

Sebelum kita terlelap dari tidur, Yuuk kita Lazimkan diri untuk berwudhu dan membaca Doa mau tidur terlebih dahulu dan jangan lupa juga untuk membaca Ayat Kursi agar Allah mewakilkan 2 malaikatnya untuk menjaga kita sampai shubuh dan lalu kita laksanakan Anjuran Rasullallah SAW kepada Aisyah dan untuk kita jadikan Amalan rutinitas tidur saban malam hingga Istiqomah sampai Akhir hayat kita, InsyaAllah…

SEBELUM tidur, Rasulullah SAW berpesan kepada Aisyah RA : “Ya Aisyah jangan engkau tidur sebelum melakukan empat perkara, iaitu :

1. Sebelum khatam Al Qur'an
2. Sebelum membuat para Nabi memberimu syafaat di hari akhir
3. Sebelum memperoleh rasa ridha dari kaum muslimin dan muslimah, mukminin dan mukminat, supaya kamu disenangi oleh mereka, dan supaya kamu juga ridha kepada mereka, bacalah istighfar bagi dirimu, orang tuamu, dan seluruh kaum muslim.”
4. Sebelum kau laksanakan haji dan umrah

Bertanya Aisyah : "Ya Rasulullah.. Bagaimana aku dapat melaksanakan empat perkara seketika? Rasul tersenyum dan bersabda :

1) Jika engkau tidur bacalah : Al-Ikhlas tiga kali seakan-akan kau mengkhatamkan Al Qur'an.

” Bismillaahir rohmaanir rohiim, Qulhuallahu ahad’ Allahushshomad’ lam yalid’ walam yuulad’ walam yakul lahuu kufuwan ahad’ (3x)

2) Membaca shalawat untuk ku dan para nabi sebelum aku, maka kami semua akan memberi syafa'at di hari kiamat.

Bismillaahir rohmaanir rohiim, “Allahumma shalli ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama shalayta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrâhim wa ‘ala ali Ibrâhim fil ‘alamina innaka hamidun majîd.”

3) Beristighfarlah untuk para muslimin dan muslimah, mukminin dan mukminat maka mereka akan meredhai kamu.

Dalam hadis itu tidak dicontohkan istighfar macam apa yang harus kita baca. Tapi ada satu istighfar yang telah dicontohkan oleh orang tua-orang tua kita di kampung. Biasanya setelah salat maghrib, mereka membaca:

Bismillahir rahmanir rahiim “Astaghfirullahal adzhiim li wa li walidayya wa li ashabil huquqi wajibati ‘alayya wal masyaikhina wal ikhwanina wa li jami’il muslimina wal muslimat wal mukminina wal mukminat, al ahyaiminhum wal amwat”

Artinya: “Ya Allah, aku mohonkan ampunan pada-Mu bagi diriku dan kedua orang tuaku, bagi semua keluarga yang menjadi kewajiban bagiku untuk mengurus mereka. Ampuni juga guru-guru kami, saudara-saudara kami, muslimin dan muslimat, mukminin dan mukminat, baik yang masih hidup maupun yang telah wafat.”

Apabila kita amalkan istighfar itu sebelum tidur, paling tidak kita telah meminta ampun untuk orang tua kita. Istighfar kita, insya Allah, akan membuat orang tua kita di alam Barzah senang kepada kita. Istighfar itu pun akan menghibur mereka dalam perjalanan mereka di alam Barzah. Manfaat paling besar dari membaca istighfar adalah menentramkan tidur kita.

4) Perbanyaklah bertasbih, bertahmid, bertahlil, bertakbir maka seakan - akan kamu telah melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Bismillaahir rohmaanir rohiim, ”Subhanallahi Walhamdulillaahi walaailaaha Illallahu wallahu akbar” (tanpa batas sampai terlelap tidur).
(HR. BUKHARI DAN MUSLIM)

Mari Syiarkan untuk kaum muslimin dan muslimah lainnya, semoga menjadi ilmu yang Bermanfaat dan pahala yg mengalir tanpa batas…

Rasulullah saw bersabda ”Barang siapa yang mengajarkan tentang kebaikan maka ia mendapatkan pahala kebaikan sama seperti orang yang mengamalkannya tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang tsb (Al-Hadist).

Ilmu yang bermanfaat bukan hanya dibaca dan didapatkan serta di pahami aja tetapi ilmu itu akan lebih menjadi ilmu yang bermanfaat jika diamalkan, sami'na wa ‘atoqna (kudengar kulaksanakan).

Subhanallahi Wabihamdihi
Subhanallahil’ adhziim

youtube

THE FINAL POST

I don’t remember a lot of ramadans, but in my 22 years of living, this past ramadan was probably the best. There was something extra special about it. Before ramadan I wrote down some goals that I wished to achieve throughout the month and the things I wanted to accomplish by the time ramadan is over. I didn’t want to be too ambitious setting unreasonable goals that I know I’m not going to keep up to. I also didn’t want to share them with you guys, not until ramadan is over. 

  1. Blog daily for 30 days - This was probably the hardest & I really doubted myself in the beginning, but alhamdulillah I managed (alright to be fair i skipped 4/5 days due to travelling etc). Of course to share something, one must first be equipped with knowledge. So I tried to study the Quran and listen to islamic lectures for the whole month, and took notes while I was at it. When I was done, I would share them all here on my blog. Although ramadan is up, i’m just gonna leave all the posts here, hopefully it would continue to benefit us all

  2. Remember a surah - I challenged myself to memorize at least one surah from the quran. After going through the quran, I picked Surah Al-Jumu’ah. Since it has been such a long time since I actually got myself to memorize a full surah, starting over was very tricky. But praise be to Allah, it got easier in time and by His mercy, i eventually managed to have the surah by heart

  3. Give up music and movies - Ok this has nothing to do with some fatwas saying music is haraam or anything. Refraining from it was a personal choice. I gave myself an alternative though, say I really wanted to listen to music- they should remind me of Allah. It felt nice taking a break from my depressingly satisfying playlist for a while. I learnt a thing or two from this as well, inshaAllah will share them here soon.

These resolutions might seem small to some of you, I mean, bet you guys had bigger aims. However this helped me a lot to improve myself. I learnt so so much this ramadan i wish it never ended, at least not that quickly. Also, for those who has been supporting me from the start, thank you so much. I have been getting so much love in my Tumblr inbox, mashaAllah. Hope you guys had a wonderful ramadan. May Allah be pleased with our ibadahs inshaAllah.

Anywhooo, if it’s not too late. Happy Eid Mubarak