Astagfirullah

Yousana’s date @ Red Lobster

 they’re having their Iftar date @ redlobster. They’ve ordered  food and both of them are quite hungry due to them both having to fast. Only 9 minutes remaining before the adhaan for Maghrib would be called. Arms supporting his chin Yousef looks at Sana with an eyebrow raised he asks “ Is your name Ramadan?” Sana looks up from her phone across the table. Her eyebrows furrow in confusion “um what?” Yousef grins and leans closer his face directly in front of Sana’s face. Only a couple of inches between them.. he whispers “ Cuz I’m hungry for ur love..”

Love The Way You Lie

.

Gue sempat diem sebentar lantaran masih cukup shock dengan kenyataan yang gue hadapi malam-malam begini. Nih cewek ternyata satu kampus sama gue, satu angkatan pula. Gue lirik tuh cewek yang sekarang lagi ngiler sambil nyender di pintu mobilnya, gue lirik lagi kartu yang lagi gue pegang, gue lirik lagi tuh cewek, gue lirik lagi ini kartu.

Dari nomer mahasiswanya sih kodenya 620, kalau gue nggak salah inget itu kodenya anak fakultas kedokteran. Beuh anak FK tapi mabok, terbaik emang nih cewek. Karena nggak mau terlalu kepo akhirnya gue balikin tuh kartu ke dalam dompetnya. Gue nggak suka ikut campur urusan orang, terlebih orang itu satu kampus sama gue. Bahaya juga kalau anak-anak kampus tau pekerjaan gue di luar kampus kaya apa.

Gue obok-obok lagi dompetnya sebentar dan yak akhirnya gue nemu KTPnya beserta SIM-nya juga. Gue lihat alamat di kedua kartunya sama, oke sip berarti dia nggak ngekos. Dan alamatnya pun nggak jauh, ada di daerah Dipatiukur, Bandung. Yaudahlah, motor gue tinggal di sini aja. Besok gue ambil pagi-pagi sepulang dari kampus.

“Mbak.. Bangun dong.” Gue goyang-goyangin si Adele lagi badannya, tapi dia tetap nggak bangun juga.

“Sahur… Sahur… Sahur… Mbak Imsak tuh  bentar lagi..” Sekali lagi gue coba bangunin tapi kayaknya dia udah tepar banget.

Gue menghela napas panjang, ini berarti gue harus ngangkat mbak-mbak ini ke dalam mobil. Mana pakaiannya minim banget lagi. Pake kalung emas juga besar banget kaya rantai kapal. Apa kagak capek tuh lehernya kalau dia jalan digantungin kalung segede itu? Bahaya banget nih cewek dandanannya, mengundang orang buat ngerampok banget.

Nggak mau membuang banyak waktu, gue langsung membuka pintu mobil BMW-nya. Tapi emang pada dasarnya gue ini kalau udah malem ya kumat gobloknya, gue lupa ada kepala itu cewek lagi nyender di pintu mobil alhasil kepalanya kejedot pintu pas gue buka dan dia langusng oleng terus menggelepar di lantai.

“Hahahahaha kejedot ya mbak? Maap yak maap.” Gue malah cengengesan. Abisnya lucu sih.

Oke, ini adalah kali pertama gue masuk ke mobil mewah begini. Mobil BMW entah seri apa gue nggak terlalu peduli. Di dalamnya banyak banget printilan-printilan cewek. Dari segala macam foto box, boneka dashboard yang kepalanya bisa goyang sendiri, dream catcher digantung di spion lengkap bersama tasbih dengan lafaz arabnya. Subhanallah.

Di belakang ada jas lab kedokteran. Juga ada sepatu di kursi belakang, ada sendal, ada lipstik, ada segala macam make up. Astaga ini mobil kotor banget dah. Emang cewek sebegini kotornya ya kalau punya mobil?

Pas gue mau duduk buat nyalain mobilnya pun tiba-tiba ada yang ganjel di pantat gue. Pas gue tarik ternyata itu sikat gigi. Si Anjir ada sikat gigi di kursi supir, nih cewek gosok gigi di mobil apa gimana dah? Jorok amat.

Karena ini bukan urusan gue, jadinya gue nggak terlalu peduli buat ngerapihin kursi depan dulu. Gue asal masukin aja, peduli amat dah dia lagi ngedudukin lipstiknya sendiri. Gue sandarkan dia di kaca mobil. Setelah itu gue menyalakan mobilnya. Bahkan nyalain mobilnya pun gak pake kunci, tapi pake tombol aneh di mobilnya. Canggih beudh kaya selangkangan Robokop.

“Oke, ternyata matic. Sip deh nggak harus was-was kalau-kalau gue nabrak sesuatu.” Kata gue seraya masukin gigi.

Sesaat setelah memakai sabuk pengaman, dan melihat ke area sekitar sekiranya sudah kosong apa belum, gue langsung nengok ke belakang untuk mundurin mobilnya. Tapi bukannya itu mobil mundur, lah ini malah maju waktu gue injek gasnya. Sontak gue teriak-teriak sendiri di dalam mobil.

Ya gimana nggak teriak anjir, coba lo bayangin, gue lagi fokus ngeliat ke belakang tapi ini mobil malah maju ke depan. Untung aja parkiran kosong. Kalau nabrak terus gue suruh ganti sih mati aja lah. Mahal bener nih mobil. Parfum AC sama harga diri gue juga lebih mahal parfum AC-nya.

Karena masih keringat dingin akibat insiden tadi, gue berhenti dulu untuk tarik napas. Gue nggak mau nyalain AC mobil. Baunya nggak suka. Bau strawberry aneh gitu parfumnya. Gue lirik di kanan gue ada tombol kaca. Pas gue buka, lah malah kaca depan si cewek itu yang ngebuka, bukan kaca supir.

Dia yang tadi nyender di jendela kaca langsung keluar kepalanya ngaplek di jendela mobil.

“WAAAAA… MBAK ADEL NGGAK PAPA?!” Gue kaget setengah mati karena kepalanya hampir keluar jendela. Gue langsung turun buat ngecek takutnya itu mbak-mbak lecet apa gimana. Tapi untungnya nggak papa. Gue takut pundaknya sobek.

.

                                                               ===

.

Nggak butuh waktu lama untuk sampai di Dipatiukur dari tempat gue kerja. Setelah beberapa kali tersesat mencari alamat, akhirnya gue nemu dah tuh. Kebetulan itu rumah ada satpamnya juga. Gue turun untuk ngejelasin kronologinya ke satpam rumah si cewek dan satpam itu mengerti lalu mengucapkan terima kasih.

Terus gimana cara gue pulang?

Si satpam mau berbaik hati nganterin gue naik motornya. Sambil sesekali curhat, gue akhirnya dapet informasi kalau doi tinggal sendiri di sono. Orang tuanya sih ada di luar pulau jawa.

Gue dianterin sampe depan kossan. Karena sudah malam, kossan gue juga sudah sepi. Gue buka pintu gerbang dan tidak lupa buat ngegemboknya lagi. Hari itu gue pulang ke rumah pukul setengah 4 pagi. Ketika masjid di sekitaran kos mulai pada ngaji, gue baru rebahan di kasur. Gue pasang alarm untuk kelas jam 9 pagi nanti.

.

                                                           ===

.

Gue itu orangnya nggak bisa tidur kalau ada suara dikit aja. Makanya kalau pasang alarm jam 9 walau gue baru tidur jam 8, gue pasti bangun. Gue kadang heran tiap nginep sama orang terus ada yang pasang alarmnya pake lagu. Panjang banget dah ada 4 menit nyala terus tapi orangnya tetep molor. Masih mending lagu, lah ada juga yang pasang alarm suara orang lagi ngaji. Bukannya teduh lah gue malah kaget dikira lagi dingajiin.

Karena hari ini motor gue masih nginep di tempat kerja, alhasil gue minjem motor Budi dulu. Budi ini pengurus kos-kosan gue. Orangnya baik banget. Supel. Keturunan jawa murni jadi sikapnya benar-benar sopan. Kucing gue lagi tidur depan teras aja dia bilang “permisi” kalau mau lewat sambil sedikit nunduk. Luar biasa.

Kuliah gue hari ini cuma sampai jam 12 siang, setelah itu nggak ada lagi. Dan biasanya sehabis pulang kuliah, gue nggak langsung pulang. Gue nongkrong dulu sama temen-temen di unit kegiatan yang gue singgahi baru-baru ini, DKM.

Ya.
Gue anggota Dewan Kekeluargaan Masjid.

Pembuat alkohol yang jadi anggota DKM. Benar-benar tujuan hidup yang sungguh mulia dunia dan akherat.

Sesudah sholat Duzhur sama temen-temen yang lain. Gue sekarang duduk di area kantin di meja pojokkan deket jendela. Area kantin kampus ini emang cukup besar. Di satu kampus yang ada lebih dari 10 fakultas ini, kantinnya cuma ada satu biji doang. Oleh karena itu di salah satu gedung ada satu lantai khusus buat kantin yang isinya meja-meja doang. Nah selain dipakai buat makan, di sini juga dipakai sama unit kegiatan buat nongkrong-nongkrong juga.

Selain buat cari anggota baru, ya banyak juga yang buka laptop terus main PS bareng. Ada juga yang main kartu. Pokoknya banyak deh. Nah kebetulan DKM tahun ini lagi mau mengadakan acara sejenis LDKS gitu. Ospek untuk angkatan baru yang baru aja masuk. Sekarang rencananya mau ngemping di gunung Puntang.

Maka dari itu gue nggak pulang langsung ke kos buat lanjutin tidur. Ketika yang lain lagi sibuk diskusi, gue cuma duduk aja ngeliatin doang karena kalau boleh jujur, gue kurang tidur banget akhir-akhir ini.

Oleh karena ini kantin yang dipakai seluruh fakultas, jadi banyak sekali anak-anak fakultas lain sliweran kalau lagi jam istirahat gini. Gue yang daritadi masih ngantuk dan menatap kosong ke depan tiba-tiba nggak sengaja melihat satu sosok yang udah nggak asing lagi.

Ya, siapa lagi kalau bukan sosok cewek Adele kemarin itu. Gue udah ada firasat bakal ketemu dia hari ini, dan ternyata bener kejadian. Dan kalian tau parahnya lagi apa? Doi mesen makanan lalu duduk di meja yang cuma berjarak sekitar 4-5 meja di depan gue. 

Asem.

Sontak gue langsung buang muka dong. Gue nggak mau dia sampai ngenalin gue. Bahaya banget. Apa jadinya kalau temen-temen DKM gue tau kalau salah satu anggotanya ini adalah penjual alkohol. Ya Allah bisa-bisa gue di rajam kaya orang lagi lempar jumroh.

Ini sebabnya gue memilih untuk kerja malem dan kerja di tempat yang jarang sekali didatangi mahasiswa. Tapi ya namanya lagi sial, ada aja satu dua orang yang ternyata anak kampus gue sendiri.

Gue makin lama makin gelisah, pengen izin pulang tapi rapat belum beres.

“Ngapa lo, Dim? Gelisah amat.” Tiba-tiba Iqbal, salah satu rohis kampus, menegur gue.

“Bro.. Gue ijin pulang duluan  yak?” Gue menimpali.

“Astagfirullah, jangan dong. Rapat baru juga mulai nih. Kita-kita juga butuh pendapat elo.”

“Subhanallah, tapi gue sakit perut nih tampaknya.”

“Astagfirullah. Coba boker di wc kantin aja.”

“Naudzubillah! Nggak ah.”

“InshaAllah nggak lama kok rapatnya, Dim. Santai yak.”

“Amin..”

Lah anjir kenapa percakapan gue kaya orang lagi doa begini dah. Aduh, harus pake alasan apa lagi dong biar bisa cabut? Yaudah deh, mending malu sekalian daripada harus tatap-tatapan sama si Adele terus dia nyadar bahwa gue adalah orang yang kemarin dan ngasih tau temen-temen gue tentang kerjaan gue apaan.

“Bal..” Dengan sigap gue langsung manggil si Rohis lagi.

“…” Iqbal tidak menengok.

“Woi Iqbal.” Iqbal masih tidak menengok juga.

“Assalamualaikum, Ya Akhi Iqbal kawanku.”

“WAALAIKUMSALAM DIMAS SOHIBKU!!” Tiba-tiba dia langsung ngejawab. Ah dasar peler onta.

“Bal gue harus cabut cepet-cepet nih.”

“Yah cuy kalau cepet-cepet nyabutnya nggak enak nanti.” Tiba-tiba Boim, sahabat gue satu fakultas, nyeletuk di sebelah gue. Gue dan Iqbal langsung ngeliat ke arah Boim. Dan dia cuma ketawa gitu aja.

“Kenapa cepet-cepet, Dim?” Tanya Iqbal makin penasaran.

Aduh, kepalang basah deh ah. “Gue belum mandi besar nih, bro.” Kata gue mencoba ngarang-ngarang alasan yang paling bisa diterima oleh rohis macam Iqbal ini.

“ASTAGFIRULLAH!! TIDAKLAH SAH SHOLAT ANTHUM APABILA TIDAK MANDI BESAR.”

“YA NGOMONGNYA JANGAN BESAR-BESAR BANGKE!! AH GUE KEPRET JADI MODEL MAJALAN YASIN LU!!”

“Hahaha yaudah gih gih, gue kasih izin. Sesudah mandi langsung sholat ya bro.” Balas Iqbal lagi.

“Iye iye. Dah ah gue cabut dulu. Im, gue cabut ya.” Gue nepuk pundak Boim, dan dia angguk-angguk doang.

“Dimas, kamu tidak lupa kan niat mandi wajib apa?” kata Iqbal keras banget sampe temen-temen yang lain denger. Ngehe emang ini si kambing kupluk.

“Inget kok. Allahumabariklana kan?” Jawab gue asal sambil cepet-cepet ngeloyor pergi ninggalin kampus.

.

                                       ===

.

22.00

Gue buka Itunes di computer café, lalu memilih playlist ‘lagu jam 22-23’, kemudian gue pencet tombol random. Dan malam itu, yang terputar pertama adalah lagu Rihanna – Love The Way You Lie.

“Ah parah lo, Jess!” Tiba-tiba gue ngelempar lap piring ke muka Jessica yang baru aja lewat di depan gue.

“LAH SALAH GUE APA ANJIR MENDADAK DILEMPAR ANDUK SEGALA LU KIRA GUE ABIS NARIK BECAK APA?” Jessica langsung marah-marah sampai kuciran rambutnya lepas.

“Gara-gara lo nih, pelanggan cewek yang kemarin di pojok itu jadi malapetaka buat gue di kampus. Hadeeeh.” Gue ngedumel.

“Loh kok bisa, mas?” Jessica mendekat.

Sebelum menjawab, gue menegak air putih dulu dalam-dalam.

“Gara-gara dia nasib reputasi gue di kampus jadi dipertaruhkan.” Kata gue sambil menatap Jessica.

“Aku nggak ngerti deh.” Jessica garuk-garuk kepala.

“Euh dasar bocah SMA. Entar kalau dah kuliah lu baru ngerti deh susahnya jadi gue gimana. Btw, ada PR nggak hari ini?”

“Ada kok, tapi udah gue kerjain tadi sore.” Ujarnya seraya mengedipkan matanya.

“Loh tumben. Cepet banget.”

“Dibantuin customer. Hahahahaha.”

“Yeeee pantes. Yaudah mau dibantuin siapa gue nggak peduli, yang penting lo harus beres sekolahnya. Inget, sekarang sudah ada program wajib belajar 100 tahun.”

“SEMBILANG TAHUN BANG :(((”

“Hahahahahahahahahahahahahaha.”

"Eh mas, 2 bulan lagi aku kayaknya bakal fix ngekos di tempat mas deh.” Tiba-tiba Jessica mengubah topik pembicaraan.

Gue yang masih minum tadi sempat sedikit tersentak kaget, gue taruh gelas gue di hadapan dia, “Emang kenapa lagi di rumah?” Tanya gue dengan nada rendah, berharap karyawan lain tidak mendengar.

Jessica menghela napas panjang sesekali, “Biasa mas. Masalah yang itu-itu lagi.” Ujarnya.

Gue angguk-angguk, “Gue sih bebas, toh ini juga hidup lo. Gue rasa justru semakin cepet malah semakin bagus. Lagian gue juga makin bisa ngawasin elo. Apalagi kalau nggak salah bentar lagi lo mau UTS kan? Nanti gue bilang ke Budi deh buat nanyain ada kamar kosong atau nggak.”

“Ih, ngapain?” Jessica ngelempar lap piring tadi kembali ke gue, “Gue di kamar lo aja, mas. Kita joinan.” Sambungnya sambil nyikut tangan gue pelan.

“GUNDULMU!”

“Hahahaha tapi kan biar bagaimanapun juga kossan lu itu itu kossan putri. Jadi boleh dong gue di kamar yang mana aja.” Termasuk di kamar lu.” Sanggah Jessica.

Yak.
Gue yang sekarang memang tinggal di kossan putri. Aneh kan? Ceritanya panjang banget sih. Tapi intinya di kossan itu, gue dan Budi adalah satu-satunya cowok di sana. Sisanya cewek semua. Nanti kapan-kapan gue ceritain kenapa gue bisa ada di kosan itu. Bagaimana kondisinya. Berapa jumlah kamernya. Dan siapa-siapa aja penghuninya.

“Serah lu deh. Eh, sekarang hari selasa kan? Shift sampe jam ber..”

Belum sempat membereskan kalimat gue, pintu cafe tiba-tiba ini dibuka sehingga lonceng yang ada di atasnya berbunyi. Gue yang tadi lagi ngomong sama Jessica langsung berbalik dan mengucapkan salam selamat datang.

“Selamat Datang. Silakan du…”

Gue terdiam.

Jessica juga terdiam.

Jessica ngelirik gue.

Jessica kemudian narik-narik kerah baju gue.

“Mas mas.. Itu cewek yang kemarin kan?” Tanyanya bisik-bisik.

Gue masih diem.

“Mas, cewek itu dateng lagi tuh.” Kata Jessica lagi.

“IYA JES GUE JUGA BISA LIAT AH LU!”

“Gih urusin gih orderannya.”

“Aduh Jes, elo aja deh. Gue males ah.”

“Lah kenapa? Tumben-tumbenan lu jiper sama cewek.”

“Ye bukan gitu. Udah sana sama lu aja ya please. Gue udah cukup kacau kemarin gara-gara itu cewek. Gue nggak mau makin sial hari ini.” Gue mencoba merayu Jessica.

“Moh ah. Mas aja. Hahaha.. Jodoh lu kali tuh. Baybay Mas Dim~” Balas Jessica yang kemudian langsung ngeloyor pergi ninggalin gue.

Aduh.

Gimana nih?

Gue bener-bener nggak mau ngobrol sama cewek itu semenjak tau dia sekampus sama gue. Pokoknya sebisa mungkin gue harus menghindarkan percakapan panjang agar dia gak inget sama muka gue. Please please please..

Dia sekarang masih ngeliat-ngeliat menu di atas dapur gue. Sambil kemudian menarik kursi dan duduk di tempat yang sama seperti tempat ia duduk kemarin.

Gue menghela napas panjang, lalu berjalan gontai menghampirinya. Tidak lupa dengan gaya yang sama, sambil ngelap gelas.

.

.

.

                                              Bersambung

Day 9 - How to avoid Jahannam

The purpose of this dunya is a test. “Whoever manages to save himself from the fire of hell, and is caused to enter Jannah. That is the one that has truly achieved success.”

Ten methods from the Quran and Sunnah, that can be used to save yourself from the hellfire.

  1. Tawbah (Repentence): Tawbah is an action of the heart, literally meaning “to return yourself to Allah (swt),” because a sin distances you from Him. No sin can withstand Tawbah, Tawbah forgives everything and Allah can forgive all sins, but only if you submit to him. The Prophet  said, “The one who repents from sin is like the one who never sinned.” [Ibn Maja (3240)]  When Allah (swt) created humans, the angels asked him, “Why would you create an inferior species that sins? We are perfect and sinless.” Allah (swt) wanted to reveal his merciful side, that he will forgive even those who sin
    Conditions for repentance:
    - Leaving the sin
    - Remorse over having committed the sin
    - Resolve never to return to the sin
  2. Istigfar (Verbal Repentance): The verbal act of tawbah. Tawbah is a state of mind and heart, while istigfar is manifesting tawbah on your tongue. The most common way is to say “Astagfirullah,” meaning “I seek forgiveness from Allah (swt). Make it a habit to say Astagfirullah100 times throughout your day.
  3. Good deeds: Your good deeds will cancel out your bad deeds. Pray, help others, and give charity as much as you can.
  4. The Dua of others: You can be saved from Jahannam when others make dua for you, especially by your name, but even generically as well. It is a command of Allah to seek forgiveness for all of your fellow believers. We pray for others, so that inshAllah, Allah (swt) will cause them to pray for us.
  5. Hardships: Every physical and emotional pain you suffer will dissolve your sins. Allah (swt) is so merciful and understanding of our pain in this dunya. That is why we must say Alhamdulillah for any suffering, because it is to rid us of our sins. Allah is testing you, so that your sins will be forgiven.
  6. Punishment of the Grave: For major sinners and those who deserve Jahannam, Allah (swt) will punish you in the grave, so that you do not go to Jahannam. Those are punished in the grave, will not know that it is their punishment. They will think that after the grave, they will go to Jahnnam. However, Allah (swt) is the most merciful and sends you to the gates of Jannah on judgement day.
  7. Punishment of Judgement Day: The day of Judgement will not be easy except for those who Allah made it easy for. Allah (swt) will use the suffering of Qiyamah to forgive the major sinners of the suffering in Jahannam.
  8. Good deeds gifted by others: The good deeds gifted by the living to the deceased. A son/daughter, relative, or friend, giving charity in your name, making dua for you, reading the Quran and asking Allah to pass all of the rewards to you. This is why it is important to help and benefit others as much as you can when your alive, because in return those people will remember you and think of you even more when your dead. Your friend will remember, “He gave me a loan last month, may Allah forgive him.” That one sentence will help you when you most need it. Narrated from Abu Hurairah that, “A man said to the Prophet ﷺ, “My father died leaving wealth but no will. Would he be pardoned if we gave charity on his behalf?” The Prophet ﷺ said: “Yes.” Let people remember you only for good and inshAllah they will ask Allah to forgive you. 
  9. Intercession of the Prophet : Make dua and say, “O Allah make me amongst those whom the Prophet makes Shafa’a (intercession) for.” Whoever gets it, will go to Jannah. The Prophet said whoever makes this dua sincerely, he will be the Shafa’a for on the day of judgement.
  10. Mercy of Allah: The pure, undeserved mercy that Allah (swt) gives to whom ever he chooses. There will be millions who deserve Jahannam, however for some he will still have the utmost of mercy. Allah has stored 99 to use on Yaumul Qiyamah. The purest Rahma of Allah.
The Power of Istighfar – Astaghfirullah (I seek forgiveness of Allah)

People often forget the importance of the simple yet powerful dua (supplication) – Istighfar i.e., saying “Astaghfirullah” (I seek forgiveness of Allah). Prophet Muhammad (peace be upon him) recited this at least 100 times a day. Let us see the benefits and virtues of reciting this simple beautiful supplication insha Allah.

Istighfar (Astaghfirullah) is the gateway of relief and happiness. Whenever you are in distress start reciting it and Insha Allah it will take you out of your anxiety and will put you in a peaceful situation and will give you happiness.

-Istighfar removes anxiety and duas are answered.

-Istighfar opens the door of sustenance.

-Istighfar opens the door of mercy.

-Istighfar opens the door of knowledge.

-Istighfar is also gateway of productivity.

-Istighfar relieves you. When you feel that sadness within you, when you are disturbed and frustrated, when anxiety surrounds you, say “Astaghfirullah” “Astaghfirullah”…

Reciting Astaghfiruallah is an effective method of calming our self and wipes away the variety of worldly worries from our mind and body. It may also help us, if we are suffering from depression, it calm us and lessen our depression.
Astaghfirullah also helps us to refrain from all forms of sins. Regularly saying this reminds us that Allah is everywhere and in this way there is very small chances of doing wrongful actions.

Ibn Abbas (May Allah be pleased with them) said: The Messenger of Allah (peace be upon him) said,

“If anyone constantly seeks pardon (from Allah), Allah will appoint for him a way out of every distress and a relief from every anxiety, and will provide sustenance for him from where he expects not.” [Abu Dawud].

In another hadith, Abdullah bin Abbas (May Allah be pleased with them) narrates that Rasulullah (Sallallahu Alayhi Wasallam) said:

“The one who (regularly) says Istighfaar, that is, frequently repent to Allah Ta’aala for sins committed, Allah Azza Wa-Jal will open a path from poverty and difficulties. All sorrow and hardship will be removed, and in its place prosperity and contentment granted. One will receive sustenance from unimagined and unexpected sources.”

Rasulullah (Sallallahu Alayhi Wasallam) has said in another Hadith:

“The one who seeks forgiveness for Muslim males and females from Allah Ta’aala twenty six or twenty five times every day, Allah Ta’ala will count that person among those whose Du’a is accepted, and through the barakah of whom those on earth gain Rizq (sustenance).”

Do Tasbih of Astaghfaar at least 100 times daily as it is the Sunnah of Prophet Muhammad (peace be upon him).

In one minute, you can say “Astaghfiru Allaah” more than 100 times! The virtue of seeking forgiveness is well-known, it is a reason of obtaining forgiveness, entering Paradise, having good provisions, increasing one’s strength, repelling harm, having affairs facilitated, the descent of rain, and increasing in wealth and children.

The doors of repentance are always open therefore don’t delay your repentance in a hope of tomorrow, as tomorrow is uncertain , Repent now and make it a habit to ask Allah’s forgiveness by reciting “Astaghfirullah”.

Say I believe in Allah’s mercy, I have sinned, I have gone astray, I have been negligent, but still I believe in Allah’s soothing mercy and forgiveness, I’ll not despair!

The Way To Do Istighfar:
“Astaghfirullah”

“I seek Allah’s forgiveness.”(Muslim)


The Prophet (peace be upon him) would say:

“Astaghfiruka wa atoobu ilaik”

“I seek Your forgiveness and return unto You.”(Ahmad, Muslim, at-Tirmidhi, Abu Dawud)


The Prophet (peace be upon him) said:

“Whoever says, on Friday morning before the salatul fajr:

‘Astaghfirullaahalladhi laa ilaaha illa huwal hayyul qayyumu wa attuubu ilaih’

(‘I seek the forgiveness of Allah, there is no other god except Him, the Living, the Sustaining, and I repent unto Him,’ three times, Allah will forgive his sins even if they were as abundant as the foam on the sea.”(Bukhari)


The Prophet ( peace be upon him), said,

“The best supplication for forgiveness is to say, ‘Allahumma anta Rabbi la ilaha illa anta, Khalaqtani wa ana ‘abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastata’tu. A’udhu bika min sharri ma sana’tu, abu’u laka bini’matika ‘alayya wa abu’u laka bidhanbi faghfirli innahu la yaghfirudhdhunuba illa anta


(O Allah, You are my Lord, there is no god but You. You created me and I am Your servant, and I try my best to keep my covenant (faith) with You and to live in the hope of Your promise. I seek refuge in You from evil done by me. I acknowledge Your favors upon me and I acknowledge my sins. So forgive me for none forgives sins but You.”‘)(Bukhari)

Astagfirullah wa atubu ilaih~
—  Udah dibaca? Coba diulang-ulang lagi.

Karena mungkin saja sebenarnya dirimu lebih membutuhkan kalimat itu dibanding tulisan-tulisan yang ada di sini.
Bukan Membesarkan tapi Membenarkan

Orang benar dilarang takut. Ingat itu. - Fiersa Besari -

Yak itu adalah kata-kata Bung di salah satu obrolan kami, masih saya kasih credit loh ya. Gapapa sih biar keren aja gitu, sekalian pengingat bahwa apa pun yang menjadi karya dan memang bukan kepemilikan pribadi tidak sepantasnya diakui, kecuali udah sah dengan ijab qobul menjadi kepemilikan (?) jayus astagfirullah >.<

Prakata doang kok tadi, akan panjang ini tulisan, tapi ya namanya blabbering bebaskan saja dan mari langsung~

Jadi gini, inget engga kalo saya pernah post tentang plagiarisme? Apa perlu dicantumin lagi linknya? Hehe. Eh tapi bulan puasa deng, ntar memancing kontroversi lagi. Mending gausah dicantumin, tapi kalo mau stalk mah monggo *ehgmn

Postingan ini adalah hasil dari kelanjutan masalah tersebut, iya seperti yang saya bilang sebelumnya kalo saya memang akan memroses masalah ini sampai dengan ada solusinya. Karena saya tidak mau kalo kejadian ini berulang, at least ini bisa jadi pelajaran.

Diam tidak selamanya emas. Diam bukan berarti tidak melakukan apa-apa. Ketika kamu tahu ada yang salah, diam bukan jadi solusi. Justru kamu harus bersuara untuk membenarkannya.

Kasarnya gini, orang salah tuh bukan cuma pelakunya aja. Tapi orang-orang yang tau kalo ada orang lain yang melakukan kesalahan tapi didiemin aja. Buat saya, itu juga salah. Mau berpendapat lain? Sok monggo, silakan.

Sebelumnya, mungkin ada beberapa orang yang berkata saya seharusnya menegur terlebih dahulu, jangan dipublik negurnya, engga perlu dibesar-besarkan dan blablablabla. Please, jangan berkata demikian sebelum kalian konfirmasi dulu ke saya. Saya jelas sudah menegur dengan halus langsung ke orang tersebut sebelum saya memosting tulisan saya tersebut, tapi apa yang saya dapat? Saya diblock, teman-teman saya yang berusaha menegur juga diblock (karena yang diplagiat bukan hanya tulisan saya), akun Instagram yang bersangkutan seketika diprivate, kolom komen di akun line@ nya juga dinonaktifkan. So, akses saya untuk menghubungi pemilik akun tersebut memang tidak ada.

Dan saya memilih memosting hal tersebut sekalian jadi pelajaran untuk orang-orang yang memfollow saya agar tidak melakukan hal serupa, bahwa akan ada konsekuensi terhadap akun-akun yang masih dengan sengaja melakukan kegiatan seperti ini dan menjadikannya sebagai sesuatu yang bisa dikomersilkan. Pun niat saya menuliskan hal itu juga bukan untuk membesarkan, tapi membenarkan apa yang menurut saya salah. Jelas salahlah kalo ambil kepemilikan orang tanpa izin trus abis itu dijadikan media untuk mendapat keuntungan. Itu rejekinya? Itu keberuntungannya? Saya tahu betul rejeki sudah ada yang mengatur, tapi bukan berarti dengan cara yang tidak benar, kan? Well, you can blame me for my opinion, beda pendapat itu sah kok, sans lah~

Mennnn, ide tuh mahal, even ide bertebaran dimana-mana dan akan ada yang bilang kesamaan ide pasti bisa terjadi. Tapi buat saya, memplagiasi karya orang lain, mau itu secuil, sejumput bahkan dengan keterlaluannya dari awal sampe akhir dicopas tanpa ada tambahan apa-apa ya itu salah dan saya berhak memperjuangkan hak saya. Engga semua orang ketika karyanya diambil akan mau berkarya lagi, ada yang sehabis itu males karena merasa doi engga punya power apa-apa lagi.

Balik ke inti pembahasan, saya dan 9 orang kawan saya lainnya, yaitu:

@karenapuisiituindah, @kunamaibintangitunamamu, @estehmanistanpagula, @kolaborasirasa, @biashujan, @katadevi, @namarappucino, @elsasyefira, @giovannieldi

yang menemukan tulisan kami memang dicopas dalam buku tersebut sepakat untuk mengajukan tuntutan berupa:

  1. Penarikan buku dari pasar karena 20% isi buku adalah copas (yang baru ketauan cyin),
  2. permohonan maaf di seluruh akun media sosial pelaku,
  3. pemberian ganti rugi terkait tulisan yang dicopas, serta
  4. penghapusan seluruh materi dalam instagram dan line@ yang merupakan hasil copas.

Masalah ini memang pure antara si pemilik akun tersebut dengan kami, sekali lagi saya tekankan ya bahwa antara si pemilik akun dengan kami, bukan dengan pihak penerbit. Karena jelas di dalam kontrak SPPB dan SPPE sudah ada pasal yang mengharuskan karya adalah kepemilikan penulis asli atau orisinal. Penerbit di sini hanyalah sebagai mediator untuk mempertemukan kami dengan pemilik akun tersebut dan menjembatani kami menyelesaikan masalah ini. Saya dan teman-teman berterima kasih untuk tim penerbit, tentunya.

Dan lalu di tanggal 5 Juni 2017 lalu masalahnya sudah resmi usai dengan kesepakatan:

  1. Permohonan maaf dari pihak yang melakukan kesalahan di seluruh akun media sosialnya, baik pribadi maupun akun statusmantan yang lama dan atau yang baru (ya, akun yang lama dijual),
  2. pengembalian uang muka royalti kepada penerbit,
  3. pengembalian hak penulis berupa royalti 10% kepada pihak penerbit,
  4. buku tersebut tidak akan dicetak ulang,
  5. dan nama statusmantan tidak diperbolehkan untuk menerbitkan buku lagi di Transmedia.

Ya, memang tidak sesuai dengan tuntutan kami, mungkin juga membuat kami merasa tidak puas, tapi nampaknya itu adalah hasil terbaik, solusi terbaik atas masalah ini.

Intinya aja sih, saya pribadi memang bukan penulis, apalagi penulis besar. Saya hanyalah seseorang yang suka menulis dan berkarya di mana saja, tapi saya tidak pernah akan tinggal diam jika karya saya diambil orang seenaknya dengan tanpa izin resmi dari saya sebagai pemilik konten, lalu karya saya tersebut dimodifikasi serta dikomersilkannya.

Saya kasih contoh deh, sahabat saya yang saya temui di tumblr ini, yaitu @aksarannyta, meminta izin kepada saya untuk menggunakan secuil kalimat saya di caption Instagram untuk kemudian dia modifikasi dan dia masukkan dalam bukunya. Saya marah? Tidak tentu saja, karena dia sepenuhnya sudah meminta izin saya. Gini loh ya, setidaknya hargai hasil ide atau karya orang lain dengan tidak menggunakan tanpa izin dan mengakui karya tersebut sebagai kepemilikan. Apa sih susahnya mencantumkan credit? Atau lebih gampangnya, minta izin aja deh, segitu susahnya?

Padahal kalo di Instagram jelas loh term of use-nya, “people on Instagram may not post copyrighted content on Instagram unless they own or are allowed to post the copyrighted content.”

Akhir kata, saya ingin meminjam dan saya setuju dengan pernyataan mas @/danartriatmojo di instastories beliau terkait penggunaan konten kepemilikannya oleh salah satu akun di Instagram dan memodifikasi dengan menggunakan watermark dan teks tanpa izin resmi dari mas Danar langsung,

“Yes they do credits. Tapi yang ga bisa diterima adalah tanpa seizin dan memodifikasi. Mungkin banyak kasus yang kemudian pemiliki tidak bertindak atas kejadian2 seperti ini. Dan mungkin juga ada yang berfikir “selama di credits” ga masalah. Kalau dibiarkan, oknum-oknum seperti ini bakalan semena-mena dan tetap melakukan hal yang seharusnya tidak dilakukan. Buat teman-teman yang mengalami hal yang sama, jangan tinggal diam jika mengalami hal kayak gini. Kejar dan minta pertanggung jawaban yang setimpal. Jangan tinggal diam kalo karya kalian mulai tidak dihargai. Please jangan komen “Kalo ga mau di repost atau di colong ga usah di upload” Kita bernaung di satu atap internet yg sama, dan ada manner, attitude didalamnya. Ga membenarkan lo bisa pakai dan memodifikasi seenaknya”

Jadi, berkaryalah dengan jujur, karena setiap karya akan selalu memiliki penikmatnya. Jangan pernah berhenti berkarya dan menghargai karya! :)

Saya sering sekali mencari ketenangan, kebahagiaan, kelegaan hati lewat hal-hal yang sifatnya impulsif dan temporary. Lewat perjalanan seorang diri yang ternyata malah bikin tambah galau gak jelas, lewat makanan-makanan yang makin bikin timbangan miring ke kanan dan uang habis gak jelas, lewat playlist lagu-lagu yang liriknya selalu saya kaitkan dengan suasana saya, lewat buku-buku kumpulan prosa yang membuat saya menganggukan kepala kemudian menerawang dan yah sedih lagi . Lewat orang lain yang pada akhirnya tak bisa jua kita andalkan.

Saya kenapa ya suka mencari-cari ketenangan lewat dunia. Padahal saya sadar betul bahwa semakin dunia kita kejar, semakin ketenangan hati itu jauh untuk bisa digapai. Seperti hadist yang disampaikan pada kajian malam ini :

Dari Zaid bin Tsabit Radhiyallahu anhu , ia mendengar Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ كَانَتِ الدُّنْيَا هَمَّهُ ، فَرَّقَ اللهُ عَلَيْهِ أَمْرَهُ ، وَجَعَلَ فَقْرَهُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ ِ، وَلَمْ يَأْتِهِ مِنَ الدُّنْيَا إِلَّا مَا كُتِبَ لَهُ ، وَمَنْ كَانَتِ الْآخِرَةُ نِيَّـتَهُ ، جَمَعَ اللهُ أَمْرَهُ ، وَجَعَلَ غِنَاهُ فِيْ قَلْبِهِ ، وَأَتَتْهُ الدُّنْيَا وَهِيَ رَاغِمَةٌ.

Barangsiapa tujuan hidupnya adalah dunia, maka Allâh akan mencerai-beraikan urusannya, menjadikan kefakiran di kedua pelupuk matanya, dan ia tidak mendapatkan dunia kecuali menurut ketentuan yang telah ditetapkan baginya. Barangsiapa yang niat (tujuan) hidupnya adalah negeri akhirat, Allâh akan mengumpulkan urusannya, menjadikan kekayaan di hatinya, dan dunia akan mendatanginya dalam keadaan hina. ”

Astagfirullah.

Kemudian lewat sebuah perenungan panjang saya tersadar, bahwa sebenarnya jarak kemenangan sangatlat dekat. Sedekat kening dengan sajadah. Masalah, kerisauan, gundah gulana, kesedihan seakan terangkat ketika sujud kita lakukan, seakan diterbangkan menuju langit bersama dengan doa-doa yang baik kita ucapkan atau tersirat di dalam hati. Saya, mengapa suka mencari-cari yang impulsif termasuk dunia , padahal ketenangan dan kelegaan hati itu bisa saya temukan 5 kali sehari, bahkan lebih jika mau. Sesuai firmannya dalam Alquran :

“…Barangsiapa bertakwa kepada Allâh niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya…” [Ath-Thalâq/65:2-3]

Tulisan ini sekali lagi ditujukan untuk diri sendiri agar tidak lalai, agar tidak lupa dan sibuk mencari kemenangan hati hanya lewat dunia. Ada bentuk kemenangan yang lebih hakiki, yang dampaknya langsung terasa dan sifatnya tidak temporary. Kemenangan di atas sajadah - ketika kita mengaku bahwa diri lemah dan bukanlah siapa-siapa tanpa Allah di hati kita. Kemenangan sebab kita takut dan malu atas dosa-dosa, namun Allah masih mau mengampuninya. Kemenangan yang dirasakan di hati namun menjalar ke seluruh tubuh, seperti sebuah energi positif dan membangkitkan kembali kepercayaan, bahwa kita mampu dan kita bisa. MasyaAllah Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah.

Menangkan, Lin :)