70 juta

pilihan

tulisan gue yang nyeritain peristiwa taksi online yang gue tumpangin dicegat sama orang-orang opang udah gue hapus. Takutnya ntar yang baca malah negatif thinking banget sama opang.

gue pernah bilang, dalam konflik itu udah ga ada istilah victim sama villian. Semua sama-sama sakit. Pun termasuk konflik ojol sama opang.

gue mungkin perlu mengistighfari lintasan pikiran gue yang kesel pengen bilang:

“orang-orang kurang wawasan yang ditinggal zaman”

Segala bentuk sweeping kayak gini adalah bentuk perlawanan karena ngerasa nggak ada pilihan. 

Wawasan, pola pikir, dan apa yang kita alami sehar-hari itu membentuk mentalitas. Dan temen-temen yang melawan ini mungkin sehari-harinya emang biasa dihadapkan pada kondisi ga punya pilihan atau pilihan yang ga pernah berpihak kepada mereka. Maka setiap perubahan itu jadi terasa akan membunuh mereka. Mental ini juga yang ngebuat mereka suka menggunakan uang utk kenikmatan instan etc etc…

Pas ngobrolin kenapa PnPM ga banyak berhasil, banyak banget yang nyalahin masyarakat yang ngejual gerobak dan memakai modal yang dikasih pemerintah untuk keperluan instan. Buat DP motor misalnya. Terus motornya ga dipake kerja. Dan ga kuat bayar cicilan. Endingnya itu motor disita dealer. Gue sering banget nemu yang kayak gini.

FYI, gue sendiri lahir dan besar di daerah sub urban yang sebagian besar masyarakatnya kerja di pabrik dengan akad outsourcing. Kontraknya habis tiga bulan sekali. Tiga bulan kerja, sebulan nganggur. Polanya udah kayak gitu terus. Masuk pabrik titip lowongan. Bayar pula.

Sampai sekarang, orang di sekitar gue mikir kalo sekolah tinggi itu buang-buang duit. Dan ga sekolah pun bisa tetep kaya. Konyolnya, sampe sekarang mereka percaya kalo gue masuk ITS karena titipan dan masuk CPNS karena nyogok.

gue sama sekali ga marah dengan tuduhan macem itu. Dan ga ngerasa perlu ngebuktiin apapun.

hanya yang bikin gue sedih adalah, kondisi kayak gitu kadang cuma dikomentari sama kelas menengah yang semua kebutuhannya tercukupi dan well educated dengan komentar tak berperasaan:

“Emang mentalitasnya gitu. Ga mau maju”

dulu pas masih aktif di sosmas, gue juga kesel banget lihat anak-anak lulus SMP udah dinikahin. Terus habis gitu punya anak, KDRT sama suami. Ditinggal. Dan menambah jumlah anak terlantar.

It hurts me so much.

Gue pernah ngerasain punya sudut pandang bahwa PTN cuma bisa diakses orang-orang kaya. Pernah punya bayangan kalo ntar gue bakal kerja di pabrik. Berdiri 16 jam dengan kaki gue yang dulunya dipake jalan 3 km aja bengkak. Sampai akhirnya pas gue ikut tim olimpiade matematika pas SMP dan ketemu sama orang-orang dari universitas, gue jadi nyadar kalo kita sebenernya punya pilihan. Hanya pilihan tersebut ga selalu kelihatan.

that’s why dulunya gue juga sempet sepakat kalo being rich is sometimes injustice. Yaa soalnya ga bisa dipungkiri, orang kaya itu punya pilihan yang lebih banyak daripada yang miskin.

tapi pas gue di posisi gue yang sekarang, gue nyadar kalo teori itu ga sepenuhnya benar. Yang ngebuat kita punya pilihan, ga melulu harta, tapi juga ilmu dan tekad baja yang ngebuat kita ga menyerah pas lihat jalan yang seolah buntu.

Balik lagi ke orang-orang yang seolah ga punya pilihan cem mang opang ato tetangga-tetangga gue. Gue dulu sering deketin tetangga-tetangga gue yang usia SMA. Gue coba ngasih tau tentang bidikmisi yang gratis. Dan mereka tetep ga percaya kalo itu gratis. Pas gue nyuruh mereka belajar rajin dari kelas 1 SMA, mereka tetep bilang:

“Soalnya susah mbak. Mending kerja pabrik aja”

gue antara ngerasain putus asa, kesel, pengen teriak. Sampe kapan kalian kerja pabrik? jadi outsorcing yang diperes tenaganya doang? 

sungguh ga gampang nunjukin ke orang kalo mereka punya pilihan. Soalnya emang udah bertahun-tahun ditindas perasaan ga punya pilihan. Pengen jadi PNS ada yang nipu. Udah bayar 70 juta, tetep ga lolos. Terus yang nipu bilang kalo posisinya dilelang. Jadi kalo mau lolos, harus bayar yang lebih banyak *tepok jidat*. Kerja di pabrik aja kalo nitip lamaran, masih tega ditarik duit 750 ribu. Padahal kontrak cuma tiga bulan dan pendapatan rata-rata per bulan ga sampe 2.5 juta. Dan masih banyak lagi. Ke orang-orang yang kayak gini, apa ya masih tega bilang:

“dasyar masyarakat yang nggak mau maju”

huh…

“dasyar kelas menengah ngehek yang ga bersyukur”

dulu, gue punya cita-cita jadi jurnalis. Punya cita-cita pengen bikin TV dan sampe sekarang terobsesi sama pendidikan non formal untuk anak-anak miskin. Gue pengen sebelum mereke tertindas “perasaan ga punya pilihan”, mereka ngelihat pilihan itu lebih awal lewat akses informasi yang lebih baik. Gue juga pengen banget aktif di filantropi karena gue tau kalo orang yang lagi laper, itu seharusnya ditunaikan dulu haknya buat dikasih makan. Bukan dikasih nasihat.

makanya gue sakit hati banget pas ada orang yang bilang….orang sub urban ato orang-orang miskin itu tontonannya cuma sinetron terbang naik elang. Makanya pikirannya kayak gitu-gitu aja.

“ya emang mereka elu yang bisa langganan Netfilx? National Geographic? Fox? HBO?”

gue sempet kesel sama orang TV yang pas gue tanya, “Kenapa sih program cem xyz dan abc yang isinya joget doang dan guyonan ga mutu dipertahanin? Ga mendidik”

“Yaa kan tugas gue ngehibur day. Bukan ngedidik. Pendidikan mah tugas lo yang di kampus”

“-_________-a”

“Ya emang seleranya masyarakat gitu”

“Kata siapa? Kata AC Nielsen? Lo yakin selera masyarakat emang kayak gitu? Bukan karena lo yang ngebentuk selera masyarakat yang kayak gitu? Karena mereka ga punya pilihan?”

sesungguhnya, orang cem gue, ga pernah nganggep dangdut itu norak. Karena gue sendiri kadang masih dengerin Rita Sugiarto dan kadang juga dengerin campur sari. Gue ga gengsi dan nganggep, it’s so suburban -

yang gue masalahin adalah cerita dalam sinetron, guyonan-guyonan ga jelas yang ngeledek fisik. Ngerusak mentalitas banget. Pantesan gue dulu dibully karena fisik gue beda.

Akar permasalahan dari “perlawanan orang-orang yang ngerasa ga punya pilihan” ini sebenernya adalah akses pendidikan yang nggak merata. Tapi penyelesaiannya nggak cukup untuk ngasih mereka informasi yang kalo ga diterima, kita seenak-enaknya bilang:

“ga mau maju”

orang yang kelaparan itu harus diberi makan biar kenyang baru dikasih kail buat memancing ikan. Itu nggak mudah. Butuh endurance yang kuat dan perasaan cinta yang ga terbatas. 

Wassalam. Sorry kalo cerita gue berantakan.

Gue berharap kalo kelak kalian jadi pejabat, semoga Allah ngejaga hati kalian buat ga korupsi dan tetep mencintai rakyat-rakyat yang menurut kalian ngeselin dan ga mau maju. Bagaimanapun mereka tetep amanah.

Jangan benci sama supir angkot yang angkotnya ngetem. Jangan benci sama opang. Jangan benci sama pedagang liar yang dipinggir jalan dan ngasih makanan pake gula abal-abal. Jangan pernah benci sama mereka. Karena bagaimanapun mereka tetap amanah kita.

Buku pertama saya ditulis pada tahun 2002, waktu itu saya masih duduk di bangku SMA. Hingga hari ini, tak terasa, saya sudah menjadi penulis selama 15 tahun.

Apa yang saya cari dari menulis? Popularitas? Royalti? Sama sekali bukan. Kebahagiaan terbesar saya sebagai penulis adalah saat saya membaca atau mendengar respons pembaca bahwa tulisan saya bermanfaat untuk mereka. Meluaskan perspektif mereka, memberikan mereka pemahaman baru, menginspirasi mereka, bahkan lebih jauh dari itu: Mengubah hidup mereka.

Semua itu memberikan energi dan semangat buat saya untuk terus menulis. Saya ingat suatu hari membaca curhat seorang perempuan yang memutuskan berhenti merokok dan minum minuman keras setelah membaca Rahim, katanya, novel saya telah menyadarkan bahwa tindakannya akan menciptakan ‘rumah’ yang buruk untuk calon bayinya.

Saya ingat saat seorang pembaca laki-laki mengirim e-mail panjang kepada saya bercerita bahwa ia akhirnya kembali berhubungan dengan ayahnya, setelah bertahun-tahun, karena membaca sebuah tulisan di Perjalanan Rasa. Ada seorang pembaca yang berhenti berpikir untuk bunuh diri setelah membaca Hidup Berawal dari Mimpi. Juga yang membuat saya terharu, ada yang memutuskan menjadi mualaf setelah membaca Menatap Punggung Muhammad. Dan masih banyak lagi.

Itulah kebahagiaan-kebahagiaan saya sebagai penulis. Itulah yang membuat saya terus menulis—dan tak akan berhenti.

Tahun ini, saya beruntung diberi umur dan kesempatan untuk menuliskan kisah seorang pemuda bernama Lalan Maulana alias Bang Tato. Melalui buku ini, saya melihat kemungkinan lain dari apa yang saya lakukan sebagai penulis. Ternyata sebuah tulisan, sebuah cerita, bisa mengubah hidup seorang manusia yang saya saksikan langsung dampaknya.

Saya melihat harapan menyala dari mata Bang Tato. Saya menangkap kebahagiaan dan kebanggaan dari orang-orang di sekelilingnya. Bahkan lebih jauh lagi.

Di foto ini, Bang Tato sedang menandatangani 2300 lembar kartu pos yang dijadikan bonus untuk buku edisi PO Hijrah Bang Tato. Ia bersemangat sekali. Saya bisa merasakan sebuah energi asing hadir di dalam dirinya. Melebihi semua itu, bahkan ikhtiar kami untuk membangun sebuah Taman Pendidikan al-Quran melalui buku ini hampir terwujud…

Saat ini dana yang terkumpul untuk pembangunan TPQ tersebut sudah hampir 70%. Sekitar 50 juta rupiah dalam waktu lima hari saja. Tinggal 25 juta rupiah lagi untuk benar-benar bisa mewujudkannya. Jika Anda ingin ikut terlibat, Anda bisa membantu saya dan Bang Tato untuk mewujudkannya dengan cara berdonasi di tautan ini: kitabisa.com/hijrahbangtato

Saya akan tetap menjadi penulis. Saya akan terus menjadi pencerita. Saya tak ingin kehilakan kebahagiaan-kebahagiaan semacam ini, yang tak bisa saya beli, tak bisa saya bayar, tak bisa saya temukan di manapun saja.

FAHD PAHDEPIE

Open Call for architectural designs by students & young professionals for an exciting, new and independent exhibition space in the heart of Johannesburg's Braamfontein

ARCHITECTURAL DESIGN BRIEF

 

Open Call for architectural designs by students and young professionals for an exciting,

 new and independent exhibition space in the heart of Johannesburg’s CBD (Braamfontein).

 

 

BACKGROUND INFORMATION

 

An independent exhibition and project space is in the making and it needs your input.

URBANART PROJECT is launching an open call for architectural designs for its new exhibition and project space called “ROOM”.

UrbanArt Project was established to initiate, develop and produce projects in the visual arts, broadcast media, film and TV. The company aims to be a platform for collaborative projects, encouraging crossovers in a variety of creative fields. We work with both emerging and established artists, filmmakers, designers, architects, publishers and musicians to bring shared projects to life.

 

The collective aims to be a part of an interrogative and constructive urban culture, which draws its references from its surrounding environment and by doing so, informs its visual sensibility and values.

 

We want to increase awareness of creative production through the projects we engage with and take full advantage of the ever-increasing number of platforms in the public domain.

 

The company provides training opportunities and has engendered approach to every aspect of its activities.


ROOM will function as an ongoing visual arts exhibitions and projects’ space , with monthly artistic programming .


 

With the above in mind, the following parameters are to be considered when conceptualizing the design:  

           

DESIGN BRIEF:

Functionality/Usage of space:  Space will be dedicated to monthly visual art exhibitions utilizing various mediums – ranging from video art, sculpture, photography, drawings & paintings of varying sizes, installation and performance.

The space will also be dedicated to independent artistic projects and workshops. As such what is envisioned is the need for: modular panels, which can be mobile/moveable, perhaps even suspended from the existing trusses. Sometimes the need for video works to be displayed may require the blocking of all natural light and perhaps the need for small booths.

The first visual access with the space will be from its glass door and window each measuring approximately: Door 2230 x 875mm & Window 1490 x 990mm, respectively. Both door and window face Juts Street.

The existing window facing the street will also be used to screen video works facing the street, as well as at times showcase works independent from exhibitions inside the space and sometimes as part of the existing exhibition but more as a means to enhance the existing exhibition.

Signage announcing the space, current exhibitions and all related contact information will be displayed on the glass surfaces. 

Space description:                         20 msqd,

Height = variable as roofing slopes.;  2 exit doors & 1 window.

Currently only 2 walls, anticipated is the design of a 3rd surface to accommodate the display of more works.

 

Design Requirements:                  The design should consider the need for a small and almost invisible Office space, which in turn should contain a small desk, chair, shelving or any other storage solution,

Storage for works – 2 & 3 dimensional pieces with an average size of 1 msqd & 1.5qbicm, respectively.

Lighting rack;  

3rd Wall , as well as fixed and mobile display surfaces;

Attached is the overall precinct’s architectural plan. Office no 4 is the designated space for re-design.

Constraints:                                     The space is dedicated to ongoing exhibitions, hence the choice in materiality of surfaces and lighting solutions are important!  The choice in materials needed should thus accommodate the ever-changing display in the space and by virtue of this the need for re-hanging of works.

Name of Space:                              ROOM run by URBANART PROJECT

Open Days                                       For prospective candidates to measure and view the space, chat with Curator, Maria Fidel Regueros: 17 – 20 October 2011, 10h00 – 16h00.

 

Deadline for submission of designs:    1 November 2011

You can email design proposals or any queries to Maria Fidel Regueros   urbanart@icon.co.za

Submission requirements (Content & format): 200 word Design Rationale;

A3 Presentation panels in PDF;

The design should include floor plan, all internal elevations, internal perspectives, street elevation and courtyard elevation;

Costing proposal.  

Timeframe for installation:                   1-15 December 2011.

Budget:                                                         R 10 000.00 ex Vat (NB: Itemized costing breakdown required as part of submission)

Summary of Brief:                                     In short the design should accommodate ongoing exhibitions in a number of mediums. Both display surfaces and lighting solutions should take into consideration the need for flexible modular systems and its multiuse.  The need for an office space and storage must be well thought-out.

Shortlisted candidates will be informed of outcome no later than 15 November, 2011.

Please note that interviews may take place between 15-20 November, 2011.

Final Outcome of Open Call will be announced on 20 November, 2011

 

Benefits for winner:                                  Visible design and designer’s name associated to the space (clearly marked name stating Space Designed by…)

FASHION FRIDAY'S WINTER SESSION IS ON!

Another fashion inspired pic for winter,

Ok guys, i am quite excited about tonight’s Fashion Friday event at the Twenty-Two store in Braamfontein’s 70 Juta. It has become my ultimate monthly-fashion-fix and following the success of the Mens Wear Edition event last month. I cant wait to see the fabulous winter fashion in-store for us tonight.

Another awesome evening of music, drinks, food & most importantly local South African designer fashion, awaits Jozi’s ‘IT’ fashion crowd.

“Fashion Fridays is a celebration of South African fashion design, art, food & music.” said the fabulous Twenty-Two owner, Vuyiswa Mutshekwane.

The diverse mix of guest fashion designers that are invited to exhibit as part of a night shopping experience will sizzle the winter-chill away, fabulously so.

As, Vie’s blog-post earlier this week, which said it best - “come join us, and have some yummy sundowners & shop up a storm!!!”

See you there

XOXO

Vincent Zondo Mhlanga