Tulisan : Mengenal(kan) Dirimu Sendiri

“Siapa pun mengenal dirinya akan lebih sibuk membenahi dirinya sendiri daripada mencari kesalahan orang lain”

— Ibn Qayyim Al-Jawziyya


Hari ini saya kembali belajar tentang diri saya sendiri, ada sebuah dinding yang tinggi, tembok yang besar, dan topeng yang tebal yang melindungi saya dari dunia luar. Semua itu adalah kemurahan hati sang Pencipta. Dimana setiap aib yang semua manusia pasti membencinya, ditutup rapat-rapat oleh rimbunnya bunga-bunga yang cantik.


Kadang, hal yang paling takut saya temui adalah diri saya sendiri. Banyak hal dalam diri saya yang ingin saya hindari, saya jauhi. Berusaha menjauh dan berlari, menyembunyikan diri. Sama sekali tidak mungkin karena itu ada di dalam diri saya sendiri, kemana pun saya pergi, itu adalah saya sendiri.

Pada akhirnya saya harus tunduk pada sebuah kenyataan. Fakta bahwa itu adalah diri saya, harus saya terima, dan maafkan. Meski proses memaafkan diri sendiri itu pada kenyataannya jauh lebih sulit daripada memaafkan orang lain. Karena orang lain bisa saja pergi dan menjauh, sementara kesalahan diri sendiri tetap ada di dalam diri saya, setiap hari saya temui.


Saya sempat menggugat, menggapa saya harus memiliki cerita hidup yang seperti demikian? mengapa saya yang harus mengalami? Apa maksudnya? Tidak bisakah saya kembali ke masa itu mengubah semuanya?


Pertanyaan-pertanyaan itu menghantui saya di setiap kali sujud. Apakah saya pantas meminta surga. Sebuah hal yang paling saya khawatirkan, apakah Tuhan memaafkan kesalahan itu. Bagaimana caranya saya tahu bila Dia sudah memaafkan?


Orang lain bisa memandang diri ini setinggi langit meski sejatinya diri ini lebih pantas berada di dasar laut dalam. Pada akhirnya, ada satu titik dimana manusia seperti saya harus belajar dan berani mengenalkan diri untuk mengenalkan diri secara utuh. Mungkin tidak kepada semua orang, hanya kepada orang-orang tertentu. Dan itu tetaplah sebuah hal berat.


Mengenalkan diri secara utuh. Mengenalkan diri secara paripurna, hingga tak satupun tertinggal untuk diberitakan. Perihal orang tersebut kemudian pergi, itu adalah sebuah konsekuensi. Beruntunglah bila orang tersebut bisa menerima kita. Sebuah hal yang mungkin tidak pernah dibayangkan oleh manusia seperti saya bahwa akan ada orang yang menerima saya sedemikian rupa.


Hidup ini sejatinya hanya perlu Allah, apapun yang didekatkan kepada kita adalah sarana kita untuk mendekatkan diri kepada Allah. Termasuk pasangan kita, orang tua kita, anak-anak kita, teman-teman kita, harta kita, dan apapun yang memenuhi hidup kita.

Bandung, 22 September 2014 | (c)kurniawangunadi

Pertahankan orang yg membuatmu nyaman. 
Kalau nyaman, tawa dan bahagia akan selalu datang bersama. Bahkan dalam keadaan ketika kalian sama-sama terdiam.

Aku hanya mengutarakan apa yang berjejalan di dalam kepala, aku tak menuntutmu untuk menyukainya. Tapi tolong jangan menjelek-jelekkan sebuah karya. Mungkin kau lebih bisa, maka ajari aku yang masih tak ada apa-apa, bukan begini caranya.
—  to anonymous: Thanks ^^
SOAL JAWAB AGAMA BERSAMA TG.SYEIKH NURUDDIN MARBU AL-BANJARI AL-MAKKI.

Ditanya Syeikh Nuruddin apakah hukum bagi perempuan yang berniqab menutup aurat tetapi “Berselfie” seterusnya menarik perhatian lelaki ajnabi untuk melihatnya.

Jawapan yang diberikan TG.Syeikh Nuruddin seperti biasa adalah perumpamaan “Apabila kita ingin membeli gelang-gelang getah yang biasa maka kita boleh membelinya di pasar-pasar malam.

Manakala sekiranya kita ingin membeli berlian adakah kita boleh mendapatkannya di pasar-pasar malam?Maka sudah tentu tidak kerana sekiranya kita ingin membeli berlian maka kita akan membelinya ditempat yang dikawal rapi yang mana berliannya disimpan ditempat yang selamat di dalam peti besi.

Persoalannya sekarang, adakah berlian itu lagi mahal daripada harga diri seorang wanita sehingga mudah untuk ditatapi oleh lelaki ajnabi tidak kira yang boleh menaikkan nafsu ataupun tidak?

Begitulah perempuan yang menarik perhatian lelaki dengan memasukkan gambar di dalam facebook dan sebagainya sekiranya lelaki sampai tertarik dan sehingga berlakunya perbuatan zina dalam kalangan masyarakat disebabkan oleh gambar-gambar yang dibuat naik maka perempuan itu juga akan mendapat bahagian zina yang dilakukan oleh lelaki itu.

Rasulullah ﷺ pernah bertanyakan kepada puteri Baginda Nabi iaitu Saidatina Fatimah macam mana keadaan perempuan yang paling sempurna?Maka Saidatina Fatimah menjawab adalah di saat perempuan itu tidak melihat lelaki dan juga saat dia tidak dilihat oleh lelaki(Tidak memandang dan dipandang).

Keadaan seorang perempuan yang paling dekat dengan keredhaan Allah Taala adalah ketika mereka berada di dalam rumahnya jauh daripada pandangan lelaki.

Pesan TG.Syeikh Nuruddin jikalau seseorang perempuan itu berkenan untuk melamar lelaki yang diminatinya itu maka dia boleh lah menggunakan pendekatan yang lebih baik seperti memberitahu kepada orang lain untuk menyatakan hajatnya kepada lelaki yang diminatinya bukannya memperagakan kecantikannya mundar-mandir ke sana dan ke sini baik secara langsung ataupun tidak dengan memasukkan di dalam facebook dan seumpamanya sehingga menjadi tontonan lelaki ajnabi.

Ketahuilah harga diri perempuan itu lebih mahal daripada berlian.Jikalau berlian pun dijaga dan disimpan dengan rapi bagaimana pula dengan harga diri seorang perempuan.

Mohon maaf sekiranya ada yang terasa hati..Sebagai ingatan bersama.Muhasabah diri.

Ada dia di matamu. Aku tahu itu.
Mulutmu selalu tersenyum padaku. Kau selalu memeluk dan mengecupku. Kau selalu menemani hari-hariku. Dan kau bilang, kau sangat sayang padaku. Tapi, aku bisa melihat, bahkan saat kau menatapku, ada dia di kedua binar matamu.

Aku sadar dia begitu istimewa di matamu. Aku tahu betapa kau rindu senyumnya, tawanya, suara merdunya, candaan jenakanya. Dia memang luar biasa. Jenius luar biasa. Mungkin dia tak kan terganti sepanjang masa.

Mungkin kau tak pernah sadar, bagaimana aku berusaha keras memasak makanan kesukaanmu, hanya untuk melihat seulas senyummu. Bagaimana aku menyelimutimu ketika kau sudah terlelap, agar kau tak kedinginan. Lalu mengecup dahimu untuk memberi kekuatan.

Aku hanya ingin membasuh lukamu. Aku hanya ingin membahagiakanmu. Mungkin kau tak pernah sadar, bagaimana aku selalu memperhatikan, bahwa kau selalu menangis diam-diam tiap malam. Bagaimana kau mengira aku sudah tidur, kau masih memandangi fotonya dalam gelap malam.

Bagaimana kau masih menyenandungkan lagu kesukaannya. Bagaimana kau masih menghafal kebiasaannya.
Ragamu memang selalu bersamaku, tapi aku tahu hatimu bersamanya.
Ada dia di matamu.
Padahal, semuanya sudah kulakukan untukmu.
Kupersembahkan hanya untukmu. Di manapun aku berada, aku selalu berusaha keras untuk jadi yang nomor satu.
Demi dirimu.

Agar kau mau menoleh ke arahku. Meski sekejap saja. Namun, sekuat apapun aku mencoba menjadi yang terbaik bagimu, selalu ada dia di matamu.

Aku benar-benar lelah luar biasa. Apalagi yang harus kulakukan untukmu? Apalagi yang harus kulakukan agar aku bisa menghapus lara di hatimu?

Cintamu harusnya bukan hanya untuknya, tapi juga untukku. Dia memang telah tiada. Tapi, masih ada aku. Masih ada aku yang sampai detik ini masih berusaha menghapus duka laramu dan berusaha membuatmu bahagia.

Ya. Kakak memang telah tiada. Tapi masih ada aku. Maukah kau melihat ke arahku?

Aku juga anakmu, ibu.

*** fiksi ini ditulis dalam rangka #15HariNgeblogFF hari ke-6 dengan judul “Ada dia di matamu.


#sukaaa, kuberi rate 5

Mulanya aku kecewa dengan sikap dia.

Aku rasa marah. Aku rasa benci dia.

Tiba tu aku duduk usai solat. Aku rasa tak tenang.

Aku nangis. Terfikir yang Rasulullah tak suka kita benci orang.

Aku nangis. Kata hati dan mulut, aku tak nak jadi jahat.

Biar orang buat aku, jangan aku buat orang.

Kemudian Allah pujuk, Allah hadirkan ilham dalam hati.

Hati berkata benci dosa dia, jangan benci dia.

Lepas tu aku tenang. Sebab aku tak jadi benci dia.

Jolla 2014 – HP Terbaru Jolla by ilmhy Diniyah HargaBaru.com – Spesifikasi dan Harga Jolla. Berbekal dari pengalaman serta keterampilan yang dimiliki hingga akhirnya Sami Pienimakiin mendirikan perusahaan sendiri yang di beri nama Jolla. Produsen yang berasal dari Finlandia tersebut kabarnya akan mengumumkan hasil produksinya di India, dalam memasarkan smartphone miliknya Jolla bekerja sama dengan …

Assalamu’alaikum anak ummi

Membesar dalam rahim ummi dengan baik ye, nak :) Ummi sangat rindu. Kita akan kuat and lalui fasa ni bersama k. Hold me tight, ummi will be with you :’)

Terima kasih Ya Allah. Untuk nikmat ini, sekali lagi. Moga anak ini menjadi penyejuk mati kami kelak.

Belajar mengenai kehidupan dalam alam pengangguran sangat pahit dan memerlukan kesabaran di hirieki yang sangat tinggi.

"Nak belajar balik…"

Tiap-tiap hari mesti ada terpacul ayat ini ataupun sekadar lintasan dlm kepala aku.

Hurm..

"Jangan mengeluh" ini sahaja ayat uang aku mampu zahirkan tiapkali aku ingin menepis ketakutan aku.

Menanam kepercayaan terhadap kenyataan rezeki itu kepunyaan Allah membuatkan aku menjalani hari aku dengan kesabaran.

Perbualan ini drp nasib penganggur drp classmate polimer aku…

Akan terbit 16 Oktober 2014: Stand Strong (Nick Vujicic)

image



Sinopsis:

Nick telah merasakan penindasan dalam segala bentuknya karena dia “berbeda”. Namun, dia telah belajar bahwa dia tak perlu ikut serta dalam permainan itu, begitu juga engkau. Dalam Stand Strong dia memberikan berbagai strategi untuk membangun “sistem pertahanan terhadap penindasan” agar kau bisa mengatasi dan mengalahkan berbagai jenis penindasan dengan membangun kekuatan dari dalam dirimu.

Temukan cara untuk:
- Mengubah keadaan tertindas menjadi suatu kesempatan besar (ya, sungguh!).
- Menciptakan zona aman dalam dirimu sendiri.
- Menetapkan nilai-nilai teguh yang tak dapat digoyahkan oleh siapa pun.
- Menghadapi penindasan di dunia maya.
- Membangun fondasi spiritual agar kau bisa tetap teguh berdiri menghadapi penindasan.
- Mengelola emosi dan mengendalikan responsmu terhadapnya.
- Membantu orang lain yang sedang tertindas.

Apakah kau sedang menghadapi penindasan? Kau bisa bangkit dan mengatasinya, sebab kau memiliki kuasa atas perasaan dan hidupmu, lebih dari yang bisa kaubayangkan! Sama seperti Nick—pria yang tidak memiliki tangan dan kaki… tapi memiliki “hidup yang luar biasa asyik”.

Ukuran : 13.5 x 20 cm
Tebal : 248 halaman
Harga : Rp. 58.000,-
Cover : Softcover
ISBN : 978-602-03-0883-8

Fiat Punto 2014 – Mobil Baru Fiat by Allen Adhynk HargaBaru.com – Spesifikasi dan Harga Fiat Punto. PT Garansindo Inter Global sebagai distributor Fiat yang juga ikut dalam perhelatan otomotif terbesar tahun ini di tanah air, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 membawa beberapa mobil dari Italia yang akan mengisi booth-nya kali ini. Jika di artikel …

Bagiku; kau tiada memang tapi seolah kubuat ada. Entah dalam imaginasiku, entah hanya di dunia maya.
Tapi aku?
Aku memang nyata ada, tapi seakan tiada.

Lenovo A536 2014 – HP Terbaru Lenovo by ilmhy Diniyah HargaBaru.com – Spesifikasi dan Harga Lenovo A536. Semakin maraknya smartphone yang bersistem operasi Android KitKat, kini produsen asal negara Tionghoa yakni Lenovo tidak mau ketinggalan dalam persaingan dunia elektronik. Terbukti dengan diluncurkannya sebuah produk yang diharapkan mampu bersaing dan meramaikan pasar kelas menengah. Lenovo A536 …

Text
Photo
Quote
Link
Chat
Audio
Video